Asal Ajakan Sepeda Motor
















Sepeda motor pertama di buat oleh jago mesin Jerman Gottlieb Daimler tahun 1885 dikala ia memasang suatu mesin dengan pembakaran sempurna pada suatu sepeda kayu yang dia desain sendiri.
Sepeda tersebut mempunyai empat roda, termasuk dua roda suplemen (mirip roda pada sepeda belum dewasa).

Putra Daimler menjadi orang pertama yang mengendarai sepeda motor saat ia menjajal kreasi ayahnya tersebut pada tanggal 10 November 1885 dengan kecepatan mendekati 10Kpj.

Beberapa model sepeda motor lalu di perkenalkan di Jerman, Perancis dan Inggris dengan fokus pengembangan pada kepraktisannya selaku alat transportasi.

Tahun 1903, Arthur Davidson dan saudaranya Walter bersama tetangganya William Harley menciptakan motor Harley-Davidson yang pertama.
Setahun lalu mereka mulai memproduksi sepeda motor untuk di jual. Tahun 1909 Harley-Davidson mengenalkan mesin V-Twin yang pertama, yang mempunyai dua silinder dengan konfigurasi menyerupai karakter “V”.
Mesin tersebut mempunyai suara yang besar, bergemuruh dan terkesan jantan, tak usang mesin tersebut menjadi mesin Amerika klasik.

Selama tahun 1914, bentuk dasar dari sepeda motor terbaru mulai terbentuk.
Bentuk tersebut mencakup peletakan mesin di antara roda depan dan belakang dan sebuah rantai untuk mentransger tenaga dari mesin ke roda belakang.

Selama PD I (1914-1918), sepeda motor terbukti selaku akomodasi angkutanyang handal bagi militer Amerika dan Eropa, bisa meminimalkan beban jalan raya dan bisa menjinjing alat komunikasi jauh lebih ke depan garis pertempuran.
Sesudah perang, penggunaan sepeda motor menyebar luas ke Eropa dan Amerika.

Sampai tahun 1950-an, kebanyakan sepeda motor di Amerika utara di bikinan oleh Harley-Davidson atau oleh perusahaan Inggris menyerupai Birmingham Small Arms Company (BSA), Norton, dan Triumph.

Periode 1960 dan 1970, perusahaan Jepang menyerupai Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, mulai memperkenalkan sepeda motor dengan pengembangan pada mesin dan suspensi dan mereka bisa berkompetisi dengan produsen motor yang sudak lebih dulu ada. Kelak, sepeda motor dengan mesin 4 langkah 750 hingga 1200 cc yang bertenaga besar bikinan mereka akan mendominasi pasar sepeda motor jalan raya, sementara mesin 2 langkah yang ber-cc 250 hingga 500 akan menguasai pasar sepeda motor off-road.


Diambil dari clubbing Kapanlagi.com

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain