Asal Permintaan Sejarah Helm

Asal Usul SEjarah helm/  kehadiran helm telah lahir semenjak zaman Yunani antik. Pada zaman ini helm ialah potongan dari teknologi perang yakni selaku embel-embel dari baju zirah/baju besi. Melihat peranannya yang cukup penting untuk melindungi kepala penggunanya dari bahaya senjata-senjata musuh maka helm terus berkembang luas. Helm dianggap selaku pelindung paling efektif bagi kepala dari tebasan senjata lawan, lesatan anak panah, atau bahkan bidikan peluru berkecepatan rendah (dari senapan awal seperti arquebus). Alhasil hingga zaman romawi klasik, kala pertengahan hingga simpulan kurun 17, keberadaan helm selaku peralatan busana perang ini terus bertambah secara luas, baik di Eropa bahkan sampai ke Jepang.Sayangnya perkembangan senjata api sangatlah cepat. Dengan kemampuan ilmu wawasan manusia yang mengagumkan, maka kecepatan peluru pun makin tinggi. Akibatnya sejak tahun 1670 penggunaan helm mulai menurun alasannya dianggap tidak efektif lagi untuk melindungi penggunanya. Sampai kesannya pada masa 18, para infantri tidak ada lagi yang mengenakan helm sama sekali.

Namun ternyata riwayat helm tidak berakhir sampai di situ saja. Meski kecepatan peluru sudah tak terukur lagi, ternyata balasannya banyak golongan yang tetap memandang eksistensi helm selaku pelindung yang efektif. Hal itu berdasarkan anutan bahwa semua tergantung dari teknologinya dan mutu materi yang digunakan. Akhirnya pada masa Napoleon, penggunaan helm kembali dikukuhkan bagi tentara kavaleri. Nah, pada maraknya penggunaan artileri berat pada perang dunia I, helm sudah bisa memberikan fungsinya dalam meminimalisir korban tanggapan serpihan bom atau schrapnel. Pembuktian ini menimbulkan helm kembali marak digunakan oleh militer sepanjang waktu kemudian. Sejak pecahnya perang dunia kedua hingga kini ini pun helm masih diwajibkan selaku perlengkapan persyaratan bagi prajurit.

Sejalan dengan berkembangnya waktu dan teknologi insan, helm terus berevolusi. Dari segi aktivitas helm tak lagi cuma diperlukan untuk perang, tetapi juga dikenakan untuk acara-acara sipil menyerupai olahraga, pertambangan, berkendara atau kesibukan rawan lainnya. Dari segi materi, bentuk, teknologi dan modelnya, helm juga terus berganti.
Sekarang ini helm banyak dibentuk dari materi yang lebih beragam selain besi yakni metal atau materi keras yang lain seperti kevlar, serat resin, atau bahkan plastik yang kuat.

Tapi kini hampir 70% orang pake helm bukan argumentasi akan keselamatan.....namun banyak yang bilang alasannya takut polisi,takut di tilang bro.......jadi fungsi helm jadi berubahkan.....dari yang mengfungsikan keamanan jadi fungsi supaya ga ke tilang tok......

Diambil dari http://www.my-helm.com/index.php?option=com_content&view=article&id=3:sejarah-helm&catid=2:artikel&Itemid=4

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain