Penemu Dan Pendiri Yahoo: Jerry Yang Chih-Yuan Dan David Filo

 didirikan oleh dua orang alumni Universitas Stanford yakni Jerry Yang Chih Penemu dan Pendiri Yahoo: Jerry Yang Chih-Yuan dan David Filo
Yаhоо! Inс diresmikan oleh dua orang alumni Universitas Stanford yakni Jerry Yang Chih-Yuan (lahir 6 November 1968, ialah pengusaha berdarah Amerika-Taiwan) dan David Filo (lahir di Wisconsin, Amerika Serikat, 20 April 1966).

Awal tahun 2012, Jerry Yang kesannya meninggalkan Yahoo, perusahaan yang didirikannya sejak 1995. Ia meninggalkan Yahoo sepenuhnya, tidak ada lagi posisi yang dipegangnya di sana, termasuk kursinya di dewan direksi. Hal ini dilaksanakan cuma dua minggu setelah Yahoo memastikan CEO baru, Scott Thompson. Ia memiliki 3,69 persen saham Yahoo, sedangkan David Filo yang juga pendiri Yahoo mempunyai 6 persen. Jumlah itu menurut data April-Mei 2011.

Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (kode halaman buku), pandangan baru itu berawal pada bulan April 1994, dikala itu dua orang alumni Universitas Stanford (Jerry Yang Chih-Yuan dan David Filo) mendapat liburan di saat profesor mereka pergi ke luar kota sebab cuti besar.

Dua mahasiswa teknik tersebut cuma mempunyai sedikit pekerjaan yang mesti dikerjakan selain menjelajah іntеrnеt. Mereka tidak memerlukan waktu lama untuk mengkompilasi suatu daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan menurut subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai melakukan pekerjaan menciptakan suatu acara database untuk menanganinya sehingga bisa menawarkan hasil secara online.

Awalnya bookmark yang dibentuk tahun 1994 tersebut bernama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web”, akhirnyaberganti menjadi yahoo! yang merupakan abreviasi dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersebut alasannya adalah mereka menggemari definisi lazim dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –berpengaruh-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –bergairah-)

Pada tanggal 18 Januari 1995 dibuatlah domain yahoo.com. Karena Yang dan Filo menyadari peluangbesar yang dimiliki oleh website mereka ini, risikonya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.

"Yаhоо bаntu-mеmbаntu аbrеvіаѕі dаrі Yеt Anоthеr Hіеrаrсhісаl Offісіоuѕ Orасlе."

Seperti pada umumnya mesin penelusuran pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada tamat 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web yang lain mengalami pertumbuhan yang sungguh pesat yang menjadikan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka semoga para pengguna іntеrnеt lebih usang singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan merupakan dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang dapat menyediakan servis yang mereka harapkan.

 didirikan oleh dua orang alumni Universitas Stanford yakni Jerry Yang Chih Penemu dan Pendiri Yahoo: Jerry Yang Chih-Yuan dan David Filo Yahoo! Inc. (NASDAQ: YHOO ) adalah suatu perusahaan Intеrnеt multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini populer alasannya adalah portal webnya, serta mesin penelusuran (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! ialah salah satu website terbesar di Amerika Serikat. Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang mendatangi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menawan "lebih dari setengah miliar hadirin setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa."

Yahoo! Inc. diresmikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibuat pada 1 Maret 1995. Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan administrator Google, Marissa Mayer, ditunjuk selaku CEO dan Presiden Yahoo!, efektif 17 Juli. Yahoo sudah mengangkat satu CEO setiap tahun selama lima tahun terakhir.

Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO gres yang merupakan bekas salah satu petinggi saingan mereka, Google, Marissa Mayer. (Wikipedia)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain