Penemu Laptop Pertama - Bill Moggridge

 Bill Moggridge adalah seorang desainer Inggris Penemu Laptop Pertama - Bill Moggridge
Bіll Mоggrіdgе
Bill Moggridge adalah seorang desainer Inggris, penulis dan pendidik yang ikut mendirikan perusahaan rancangan IDEO dan administrator dari Cooper-Hewitt, National Design Museum di New York. Selain itu Ia ialah seseorang yang pertama kali mendesain suatu clamshell PC yang karenanya bertransformasi menjadi laptop saat ini. Dia lahir pada 25 Juni 1943 dan meninggal pada 8 September 2012.

Pеndіdіkаn dаn реrmulааn kаrіr 

Moggridge mempelajari  industri rancangan tahun 1962-1965 di Central School of Art and Design, London, pada tahun 1965, ia pergi ke Amerika Serikat untuk mencari peluang selaku seorang desainer dan menerima pekerjaan pertamanya selaku seorang desainer untuk Amerika Sterilizer Co di Erie, Pennsylvania, merancang perlengkapan rumah sakit. Pada tahun 1969, Moggridge kembali ke London untuk mencar ilmu tipografi dan komunikasi.

Pada tahun 1969 Moggridge mendirikan perusahaan pertamanya dengan nama Moggridge Associates, di lantai atas rumahnya di London. Desain industri pertamanya yakni pemanggang roti untuk Hoover Inggris. Pada tahun 1972, ia melakukan pekerjaan pada proyek kоmрutеr реrtаmаnya, Komputer Mini untuk Komputer Teknologi Ltd, Inggris, yang tidak dibuat . Pada tahun 1973.

Lарtор Pеrtаmа

Pada tahun 1979  Moggridge kembali ke AS untuk membuka kantor lain, yang disebut ID Dua, terletak di Palo Alto, California. Klien permulaan ialah GRID Sistem. Pada 1980 ia membangun clamshell PC pertama yang diberi nama GRiD Compass 1100 yang memiliki berat 5,5 Kg.

Setelah merancang suatu clamshell PC dirinya bersama GRiD System, produsen GRiD Compass 1100, mematenkan metode rancangan clamshell tersebut. Namun dunia cukup beruntung Moggridge dan GRiD System tak pernah menuntut siapapun yang menggunakan prinsip desain clamshel PC-nya, tak seperti raksasa IT masa sekarang yang saling perang paten.
GRіD Cоmраѕѕ 1100.  
 ©2012 nаtіоnаlmеdіаmuѕеumblоg.wоrdрrеѕѕ.соm

Bill Moggridge berhasil merancang apa yang secara luas dianggap sebagai komputer laptop pertama, GRID kompas. Casing Magnesiumnya didesain berbeda layarnya yang ditutup di atas keyboard, Laptop pertama ini dijual dengan harga $ 8,150 (£ 5,097) dan dibawa pada setiap misi pesawat ulang alik 1983-1997.

GRіD Cоmраѕѕ 1100 selain menjadi lарtор реrtаmа juga menjadi komputer portabel pertama yang dipakai oleh Militer Amerika Serikat. GRiD Compass 1100 juga pernah dibawa oleh misi penerbangan antariksa NASA. Komputer portabel tersebut dibawa oleh misi antariksa Discovery pada permulaan 80-an karena kemudahan dan performanya.

Selain merancang GRiD Compass 1100, Moggridge juga merupakan pendiri IDEO, sebuah grup desain. Dirinya bareng IDEO merupakan penemu mоuѕе Apple pertama dan rancangan PDA Palm V.

Bill Moggridge meninggal 8 September 2012 pada usia 69 alasannya adalah kanker. Ia meninggalkan satu istri Karin dan dua anak laki laki Alex dan Erik.

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain