Dmitri Mendeleev - Penemu Tabel Periodik

Dmіtrі Ivаnоvісh Mеndеlееv

Lаhіr: 8 Fеbruаrі 1834 Vеrkhnіе Arеmzуаnі, Kеkаіѕаrаn Ruѕіа Mеnіnggаl: 2 Fеbruаrі 1907 (umur 72) St. Pеtеrѕburg, Kеkаіѕаrаn Ruѕіа 

Kеbаngѕааn: Ruѕіа 
Bіdаng: Kіmіа, fіѕіkа dаn bіdаng уаng bеrdеkаtаn 
Almа mаtеr: Unіvеrѕіtаѕ Sаіnt Pеtеrѕburg 

Mаhаѕіѕwа: 
dоktоrаlDmіtrі Pеtrоvісh Kоnоvаlоv, Vаlеrу Gеmіlіаn, Alеxаndеr Bауkоv 

Dіkеnаl аtаѕ: Mеrumuѕkаn tаbеl реrіоdіk kіmіа unѕur 

Aуаh: Ivаn Pаvlоvісh Mеndеlееv Ibu: Mаrіа Dmіtrіеvnа Mеndеlееvа 

Iѕtrі: 
Fеоzvа Nіkіtісhnа Lеѕhсhеvа (1862 - 1871)
Annа Ivаnоvа Pороvа (1882)
Dmitri Mendeleev (lahir di Verkhnie Aremzyani, Kekaisaran Rusia, 8 Februari 1834 – meninggal di St. Petersburg, Kekaisaran Rusia, 2 Februari 1907 pada umur 72 tahun) ialah spesialis kimia dari Kekaisaran Rusia yang bikin tabel periodik berdasarkan peningkatan bilangan atom. Bilangan ini memperlihatkan jumlah proton yang terdapat dalam inti atom. Jumlah proton sama dengan jumlah elektron yang mengelilingi atom bebas.

Dia merumuskan hukum periodik, membuat versi sendiri dari tabel periodik dari kepingan-cuilan , dan menggunakannya untuk memperbaiki sifat-sifat beberapa komponen yang sudah didapatkan dan juga untuk memprediksi sifat-sifat unsur yang belum didapatkan.

Kеhіduраn аwаl

Mendeleev lahir di desa Verkhnie Aremzyani, dekat Tobolsk di Siberia dari pasangan Ivan Pavlovich Mendeleev dan Maria Dmitrievna Mendeleeva (née Kornilieva). Kakeknya yakni Pavel Maximovich Sokolov. Mendeleev dianggap bungsu dari baik 11, 13, 14 atau 17 saudara kandung; terdapat jumlah yang berlainan dari aneka macam sumber. Ayahnya yakni seorang guru seni rupa, politik dan filsafat. Ayahnya menjadi buta dan kehilangan posisi mengajar. Ibunya yakni seorang pekerja.

Pеnеmuаn Tаbеl реrіоdіk

Dmitri Mendeleev memperoleh Tabel periodik sewaktu menyiapkan suatu buku pelajaran untuk mahasiswanya. Ia memperoleh bahwa jika ia menata unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atom, unsur dengan sifat yang menyerupai akan timbul dengan selang yang berskala. Ia sukses menyuguhkan hasil kerjanya pada Himpunan Kimia Rusia di awal 1869.

Penemuan tersebut memberi laba baginya alasannya di final tahun yang serupa, seorang kimiawan lain dari Jerman, Julіuѕ Lоthаr Mеуеr, juga berhasil menyusun tabel yang sama, tetapi alasannya berhasil lebih dahulu, Mendeleevlah yang dianggap selaku penemu daftar bersiklus.

Dalam penelitiannya, ia membuat beberapa urutan perihal kepingan-penggalan zat kimia yang sudah dimengerti dengan menyusun seperangkat kartu, di mana setiap kartu berisi tiap-tiap unsur dan sifat-sifat kimianya. Ia memperoleh aturan periodik ketika menyusun kartu-kartu itu, yang disusun secara berurutan berdasarkan peningkatan massa atomnya, dan sifat-sifatnya diulangi secara periodik. Bahkan ada sedikit kelebihan pada tabel periodik yang disusun, yakni adanya adanya pengesahan ihwal unsur-komponen baru yang belum diketahui pada massa ia memperoleh tabel periodik tersebut mirip galium, germanium, dan skandium. Ia menyediakan ruang untuk komponen-serpihan itu dan bahkan sudah memperkirakan berapa massa atom dan bagaimana sifat-sifat kimianya nanti.

Tаbеl реrіоdіk

Tаbеl реrіоdіk Mеndеlееv, 1871
(klіk gаmbаr untuk mеmреrbеѕаr)
Pada tahun 1863 ada 56 potongan yang diketahui dengan elemen gres yang didapatkan dengan kenaikan satu unsur per tahun.
Sebelumnya para ilmuwan lain sudah mengidentifikasi periodisitas elemen. John Newlands menggambarkan Hukum Oktaf, mencatat periodisitas mereka sesuai dengan berat atom relatif pada tahun 1864 yang dipublikasikan pada tahun 1865. Usulannya mengidentifikasi peluangunsur-kepingan gres mirip germanium. Konsep ini dikritik dan inovasinya tidak diakui oleh Society of Kimiawan sampai 1887.

Lothar Meyer merupakan orang lain yang menganjurkan tabel periodik, ia mempublikasikan sebuah makalah tahun 1864 yang menggambarkan 28 elemen berdasarkan valensi, tetapi dengan tidak ada prediksi komponen-unsur gres. Meyer, yang sering dikreditkan dengan penemuan metode periodik, menentang dan mengkritik UU periodik.

Setelah menjadi guru, Mendeleev menulis buku definitif waktunya: Prinsip Kimia (dua jilid, 1868-1870). Saat ia berupaya untuk mengklasifikasikan unsur-potongan menurut kimia, ia juga melihat pola yang mendalilkan tabel periodik . Mendeleev tidak menyadari bahwa ilmuwan lain sudah meneliti tabel periodik pada 1860-an. Dia bikin tabel dengan menambahkan elemen komplemen berikut polanya, berbagi model besarnya dari tabel periodik.

Pada tanggal 6 Maret 1869, Mendeleev membuat penghidangan resmi terhadap Rusia Chemical Society berjudul "Ketergantungan antara Sifat Bobot Atom dari Elemen", yang menggambarkan unsur-komponen, baik menurut berat atom dan valensi.

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain