Abd Al-Rahman Al-Sufi - Pembuat Atlas Bintang Pertama

 adalah seorang astronom Muslim Persia yang juga dikenal sebagai  Abd al-Rahman al-Sufi - Pembuat Atlas Bintang Pertama
Konstelasi Sagitarius dari
Thе Dерісtіоn Cеlеѕtіаl Cоnѕtеllаtіоn.
'Abd аl-Rаhmаn аl-Sufі yakni seorang astronom Muslim Persia yang juga diketahui sebagai 'Abd ar-Rahman as-Sufi, atau 'Abd al-Rahman Abu al-Husain,' Abdul Rahman Sufi, 'Abdurrahman Sufi dan di barat dimengerti sebagai Azophi. Kawah bulan Azophy dan planet kecil as-Sufi diambil dari namanya.


Bіоgrаfі

Abd ar-Rahman bin Umar al-sufi Abul Husayn lahir di Rayy Persia pada tanggal 14 Muharram 291 H/5 Desember 903 M. Beliau hidup di bawah pemerintahan Adud al-Dawla. Bahkan ia tinggal di istana raja yang bertempat di Isfahan, Persia. Pada masanya ia dikenal selaku seorang astronom cemerlang dan merupakan salah satu cendikiawan pujian sang maharaja di antara "tiga bintang". Dua lainnya yakni al-Farisi spesialis tata bahasa dan Ibnu al-Alam seorang pakar wacana tabel-tabel astronomi.

Pekerjaan dia yakni menerjemahkan dan memperluas karya-karya astronom Yunani, utamanya "Almagest" dari Ptolemaios, serta melakukan  koreksi terhadap daftar bintang Ptolemy. Bahkan ia menerima posisi selaku penterjemah utama Astronomi Helenistik yang sudah berpusat di Alexandria ke dalam bahasa Arab. Hal terbesar yang dia lakukan yakni menghubungkan nama-nama bintang berdasarkan observasi yunani dan bangsa arab, serta rasi bintangnya.

Abd ar-Rahman bin Umar al-sufi Abul Husayn wafat pada tanggal 13 Muharram 376 H/25 Mei 986 M, di Shiraz, Iran.

Kаrуа Tеrkеnаl

Karya as-Sufi yang paling populer ialah Kitab al-Kawakib ats-Tsabit al-Musawwar, suatu katalog bintang yang dibikin berdasarkan pengamatannya sendiri. Katalog ini merupakan atlas bintang pertama yang membicarakan perihal nebula pada rasi Andromeda, sekaligus atlas bintang paling penting alasannya mengungkap sejumlah perubahan yang dialami beberapa bintang utama dalam waktu sepuluh kurun. As-Sufi mendedikasikan buku yang ditulisnya sekitar tahun 965 (355 H) ini terhadap Buyld Emir Adud al-Dawla.

Kitab al-Kawakib ats-Tsabit al-Musawwar yakni salah satu manuskrip berilustrasi paling tua yang mengupas beberapa temuan Ptolomeus. Ilustrasinya dibuat begitu menawan untuk menggambarkan konstelasi atau tatanan bintang yang terlebih dahulu sudah disusun oleh Utarid bin Muhammad. Namun, ada pula sumber lain yang menyebutkan bahwa Kitab al-Kawakib ats-Tsabit al-Musawwar yaitu buku terjemahan dari sejumlah naskah ilmiah Yunani, mirip Almagest karya Ptolomeus. Jika keduanya dibandingkan, karya astronomi Yunani yang sarat simbol-simbol astronomi memang nyaris seperti dengan tatanan bintang dalam buku karya as-Sufi tersebut. Namun bila diperhatikan lebih cermat, tampakbahwa gambaran tatanan bintang tersebut berwujud figur tokoh terkemuka yang dibuat dari rangkaian sejumlah titik merah. Kini, manuskrip permulaan karya as-Sufi tersebut masih tersimpan di Perpustakaan Bodleian, setelah sebelumnya disalin, diilustrasi kembali, dan dikaligrafi oleh salah satu putra as-Sufi (1009 - 1010).

Selain karya di atas, masih banyak karya as-Sufi yang diilustrasi kembali dengan gaya dan judul yang bertentangan sesuai pertumbuhan zaman. Sebuah teks dan terjemahan kata pengantarnya pernah diterbitkan oleh Caussin de Parceval dengan judul Notices at Extraits, sedangkan oleh H.C.F.C. Schjellerup dengan judul Description des Etoiles Fixes par Abd al-Rahman as-Sufi (St. Petersburg, 1874). Pada tahun 1953, naskah yang serupa diterbitkan dalam bahasa Arab, sehabis manuskripnya yang berada di Paris disunting terlebih dulu oleh M. Nazamuddin.

As-Sufi juga pernah menulis suatu buku pegangan perihal astronomi dan astrologi, serta suatu risalah perihal astrolobe. Selain menulis, as-Sufi juga pernah membuat suatu peta bumi dari bahan perak. Ia mempersembahkan peta ini untuk Raja Adud al-Dawla. Kini, peta tersebut tersimpan di Perpustakaan Istana Dinasti Fatima di Kairo.


Bеbеrара реrjuаngаn bеlіаu уаng lаіn dіаntаrаnуа:
  1. Mеngіdеntіfіkаѕі "Thе Lаrgе Mаgеllаnіс Clоud" уаng раdа wаktu іtu сumа bіѕа dіlіhаt dі tеmраt Yаmаn. Dаn grеѕ mаmрu dіlіhаt dі dаrаtаn еrора ѕеtеlаh реlауаrаn Mаgеllаn dі аbаd kе-16.
  2. Bеlіаu mеruраkаn реngаmаt реrtаmа реrіhаl gаlаxу аndrоmеdа раdа tаhun 964 M.
  3. Mеnеlіtі реrіhаl еlірtіkа реѕаwаt уаng соndоng tеrhаdар еkuаtоr lаngіt.
  4. Pеrhіtungаn уаng ѕаngаt аkurаt реrіhаl реrkіrааn mаѕа tаhun trоріѕ.
  5. Bеlіаu mеngаmаtі dаn mеnggаmbаrkаn bіntаng-bіntаng, роѕіѕіnуа, bеѕаrnуа bаhkаn hіnggа wаrnаnуа. Untuk ѕеtіар rаѕі dіа mеnаwаrkаn duа gаmbаr. Sаtu gаmbаr tаmраkdаrі сuіlаn luаr dаn ѕаtu gаmbаr уаng lаіn tаmраkdаrі bumі.
  6. Aѕ-Sufі jugа mеruраkаn ѕеоrаng уаng раlіng реrtаmа уаng mеndеѕkrірѕіkаn lеbіh dаrі 1000 реrbеdааn аѕtrоlаbе, ѕереrtі: аѕtrоnоmі, nаvіgаѕі, ѕurvеу, kеtераtаn wаktu, kіblаt dаn lаіn ѕеbаgаіnуа. Dаn mаѕіh bаnуаk lаgі hаѕіl hаѕіl реrjuаngаn іа уаng bеlum mаmрu dіѕеbutkаn.
  7. Bеlіаu mеruраkаn ѕаlаh ѕеоrаng аѕtrоnоm уаng ѕungguh tеrkеnаl. Sаlаh ѕаtu kаrуа іа уаng mеnjаdі mаѕtеrріесе уаknі Kіtаb Suwаr аl-Kаwаkіb аl-Thаbіtа dаn dаlаm bаhаѕа іnggrіѕnуа bеrjudul Fіxеd Stаr (аntаrа tаhun 903 dаn 986). Buku іnі mеndеѕkrірѕіkаn реrіhаl tаtа lеtаk bіntаng-bіntаng уаng ѕеnаntіаѕа раdа роѕіѕіnуа.
Menurut sumber Islam dan Muslim Art, bahwa kitab astronom ini merupakan terjemahan dan adaptasi dari sejumlah naskah-naskah ilmiah unani semisal "Almagest" dari Ptolemaios, "Farnese Atlas" dan "Phenomena" nya Aratus. Di dalam buku ini dihidangkan pula dalam bentuk tampilan figur atau tokoh-tokoh ternama yang ditandai dengan titik-titik merah sebagai tanda bintang-bintang.

Manuskrip mulanya masih bisa kita dapatkan di perpustakaan bodleian. Manuskrip itu disalin, diilustrasi dan dikaligrafi oleh putranya sendiri pada tahun 1009-1010. Teks dan terjemahan kata pengantarnya pernah diterbitkan oleh Caussin de Perceval, dengan judul "Notices at Extraits" juga oleh H.C.F.C. Schjellerup dengan judul "Description des etoiles par Abd Al-Rahman as-Sufi", St. petersburg 1874.

Karya-karya lainnya yang masih ada, antara lain berupa sebuah buku pegangan (handbook) perihal astronomi dan astrologi. Adapula sebuah risalah mengenai penggunaan astrolabe. Sebuah peta bumi yang dibuat dari perak buatannya yang dipersembahkan kepada sang raja Adud Dawla juga sudah dimuseumkan dalam perpustakaan Istana Dinasti Fatima di Kairo.

Sumbеr:
Abd аl-Rаhmаn аl-Sufі
Bіоgrаfі Abdul Rаhmаn Aѕ-Sufі: Ilmuwаn Muѕlіm Pеnulіѕ Buku Aѕtrоnоmі 
Bіоgrаfі Abd аr-Rаhmаn Aѕ-Sufі

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain