Akhtar Hameed Khan - Mengembangkan Mikrokredit Pedesaan

Akademi Pengembangan Pedesaan Bangladesh Akhtar Hameed Khan - Mengembangkan Mikrokredit Pedesaan
Dr Akhtar Hameed Khan
Lahir: 15 Juli 1914 Agra, India Britania

Meninggal: 9 Oktober 1999 (umur 85) Indianapolis, Indiana, AS

Tempat tinggal: Karachi, Pakistan dan Comilla, Bangladesh

Kebangsaan: Pakistan

Bidang: Pengembangan pedesaan, Mikrokredit

Institusi: Akademi Pengembangan Pedesaan Bangladesh; Pusat Nasional untuk Pengembangan Pedesaan, Pakistan; Universitas Negara Bagian Michigan

Alma mater: Kampus Magdalene, Cambridge

Dikenal karena: Mikrokredit, Mikrokeuangan, Model Comilla, Proyek Pilot Orangi

Penghargaan: Penghargaan Ramon Magsaysay, Nishan-e-Imtiaz, Sitara-e-Pakistan, Penghargaan Jinnah
Akhtar Hameed Khan adalah seorang ilmuwan sosial dan aktivis pengembangan Pakistan. Ia menjadi partisipator pengembangan pedesaan di Pakistan dan negara-negara berkembang lainnya termasuk di Indonesia. Sebagian besar kontribusinya adalah pendirian proyek komprehensif untuk pengembangan pedesaan, Model Comilla (1959). Hal tersebut membuatnya mendapatkan Penghargaan Ramon Magsaysay dari Filipina dan gelar Dektorandes hukum dari Universitas Negara Bagian Michigan. Ralph Smuckler menulis dalam bukunya, "Kolega-kolega Skandinavia saya dan penasihat-penasihat lainnya telah menominasikan saya pada Penghargaan Perdamaian Nobel"


Kehidupan awal

Khan lahir di Agra, India Britania pada 15 July 1914 di Agra. Ia termasuk dalam empat putra dan tiga putri dari pasangan Khansaahib Ameer Ahmed Khan dan Mehmoodah Begum. Ayahnya, seorang inspektur polisi, yang terinspirasi dengan pemikiran reformis Syed Ahmed Khan. Pada usia awalnya, ibu Khan mengenalkannya dengan puisi Maulana Hali dan Muhammad Iqbal, kotbah-kotbah Abul Kalam Azad, dan filsafat Sufi Rumi.


Inisiatif pembangunan pedesaan

Selama masa jabatannya sebagai kepala sekolah di Comilla Victoria College, Khan mengembangkan minat khusus pada tindakan akar rumput. Antara 1954 dan 1955, ia mengambil istirahat untuk bekerja sebagai direktur Program Desa Pertanian dan Pengembangan Industri (V-AID) ass. Namun, ia tidak puas dengan pendekatan pembangunan yang mengadopsi program yang terbatas pada pelatihan penduduk desa. Pada tahun 1958, ia pergi ke Michigan State University untuk mendapatkan pendidikan dan pelatihan dalam pembangunan pedesaan.

Kembali pada tahun 1959, ia mendirikan Akademi Pakistan untuk Pembangunan Pedesaan (pard) di Comilla pada tanggal 27 Mei 1959 dan ditunjuk sebagai direktur pendiriannya. Ia juga meletakkan dasar bagi Comilla Koperasi Pilot Project pada tahun 1959. Pada tahun 1963, ia menerima penghargaan Ramon Magsaysay dari Pemerintah Filipina atas jasanya dalam pembangunan pedesaan.

Khan menjadi Wakil Ketua Dewan Gubernur pard pada tahun 1964, dan pada tahun yang sama, dianugerahi kehormatan Doktor hukum oleh Michigan State University. Pada tahun 1969, ia menyampaikan serangkaian kuliah di Woodrow Wilson Sekolah, Princeton University, berdasarkan pengalamannya dengan koperasi pedesaan. Selama kunjungan, ia menjalin hubungan kolaboratif dengan Arthur Lewis.

Setelah kembali ke Pakistan Timur, Khan tetap melekat pada proyek Comilla sampai tahun 1971 ketika Pakistan Timur menjadi Bangladesh. Akhirnya, Khan pindah ke Pakistan. Pard diubah namanya menjadi Bangladesh Akademi untuk Pembangunan Pedesaan (Bard).


Peran Penasehat

Setelah pindah ke Pakistan, Khan diminta untuk menerapkan Model Comilla di pemukiman pedesaan Provinsi North-West Frontier (sekarang Khyber Pakhtunkhwa), Punjab, dan Sindh. Dia menolak tawaran itu dengan alasan bahwa proposal yang didominasi dimotivasi oleh kepentingan politik daripada kesejahteraan umum. Namun, lanjutnya untuk memberikan saran kepada pemerintah tentang berbagai aspek pembangunan pedesaan, seperti pengelolaan irigasi partisipatif. Dia bekerja sebagai seorang peneliti di University of Agriculture, Faisalabad 1971-1972, dan sebagai Direktur Pedesaan Ekonomi Proyek Penelitian di Karachi Universitas dari 1972 hingga 1973. Khan pergi ke Michigan State University sebagai profesor tamu pada tahun 1973 dan tinggal di sana sampai tahun 1979. Selama waktu ini, ia terus menasihati Akademi Pembangunan Pedesaan di Bogra di Bangladesh utara, dan Akademi Pakistan untuk Pedesaan Pembangunan, Peshawar, pada Program Pembangunan Pedesaan Daudzai Terpadu. Ia juga melakukan perjalanan secara ekstensif selama periode ini dalam kapasitas pembicara, penasihat, atau konsultan program pembangunan pedesaan di seluruh dunia. Pada tahun 1974, ia ditunjuk sebagai konsultan Bank Dunia untuk survei situasi pembangunan pedesaan di Jawa, Indonesia. Ia juga sempat bekerja sebagai profesor tamu di Universitas Lund, Harvard University, dan Oxford University.

Pada tahun 1980, Khan pindah ke Karachi dan mulai bekerja pada perbaikan kondisi sanitasi di pinggiran kota Karachi. Ia meletakkan dasar dari Orangi Pilot Project untuk komunitas Orangi di kota liar terbesar. Dia tetap terkait dengan proyek ini sampai kematiannya pada tahun 1999. Sementara itu, ia mempertahankan dukungannya bagi masyarakat pedesaan di sekitar Karachi, dan juga membantu untuk mengembangkan Program Aga Khan Rural Support .  OPP menjadi model bagi inisiatif-inisiatif pembangunan bottom-up partisipatif


Program pembangunan utama

Comilla Koperasi Pilot Project

The Comilla Model (1959) adalah inisiatif Khan dalam menanggapi kegagalan program Desa Pertanian dan Pengembangan Industri (V-AID) yang diluncurkan pada tahun 1953 di Pakistan Timur dan Barat dengan bantuan teknis dari pemerintah AS. V-AID merupakan upaya-tingkat pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam bidang pembangunan pedesaan. Khan meluncurkan proyek pada tahun 1959 sekembalinya dari Michigan, dan mengembangkan metodologi pelaksanaan di bidang pembangunan pertanian dan pedesaan pada prinsip partisipasi tingkat akar rumput. Awalnya, tujuannya adalah untuk menyediakan model pengembangan program dan lembaga yang dapat direplikasi di seluruh negeri. Dukungan konsultasi dalam hal ini diberikan oleh para ahli dari Harvard dan Universitas Michigan State, Ford Foundation, dan USAID. Petunjuk praktis juga dicari dari Jepang untuk meningkatkan teknik pertanian lokal.

Comilla Model sekaligus membahas masalah yang disebabkan oleh ketidakmampuan baik infrastruktur lokal dan lembaga melalui berbagai program yang terintegrasi. Inisiatif termasuk pembentukan: pusat pelatihan dan pengembangan; program kerja drainase tanggul jalan; sebuah program irigasi skala kecil yang terdesentralisasi; dan, sistem koperasi dua tingkat dengan koperasi primer yang beroperasi di desa-desa, dan federasi beroperasi pada kecamatan tingkat.

Setelah keberangkatan Khan dari Comilla, model koperasi gagal dalam independen Bangladesh karena hanya beberapa kelompok kerja berhasil mencapai keberhasilan yang diinginkan. Pada tahun 1979, hanya 61 dari 400 koperasi yang berfungsi. Model ini benar-benar jatuh mangsa kontrol efektif internal dan eksternal, stagnasi, dan pengalihan dana. Hal ini mendorong para ulama berikutnya dan praktisi keuangan mikro, seperti Muhammad Yunus dari Grameen Bank dan Fazle Hasan Abed dari BRAC, untuk meninggalkan pendekatan kooperatif dalam mendukung kontrol dan layanan struktur pengiriman yang lebih terpusat. Strategi baru yang menargetkan penduduk desa termiskin, sementara tidak termasuk 'kurang miskin. Namun, keterampilan kepemimpinan Khan selama hubungannya dengan proyek tetap menjadi sumber inspirasi bagi para pemimpin ini, serta inisiatif pembangunan partisipatif lainnya di negara.


Orangi Pilot Project

Orangi proyek pengentasan kemiskinan (dikenal sebagai Orangi Pilot Project , atau OPP) yang digagas Khan sebagai LSM pada tahun 1980. Orangi terletak di pinggiran barat laut dari Karachi. Pada saat itu, itu adalah yang terbesar dari sekitar 650 berpenghasilan rendah pemukiman kota liar (dikenal sebagai katchi abadi). Wilayah pertama kali dikembangkan pada tahun 1963 sebagai kota pemerintahan dari 5 kilometer persegi (1.236 hektar). Masuknya migran setelah penciptaan Bangladesh membengkak pemukiman sekitar satu juta orang ramai di area seluas lebih dari 32 kilometer persegi (7.907 hektar). populasi multi-etnis Kelas buruh yang sebagian besar terdiri dari buruh harian, pekerja terampil, pengrajin, pemilik toko kecil, pedagang asongan dan pekerja kerah putih berpenghasilan rendah. Proyek ini terbukti mendorong pengembangan sosial ekonomi penduduk daerah.  Sebagai direktur proyek, Khan terbukti menjadi  pemimpin dinamis dan inovatif.

Proyek ini awalnya difokuskan pada penciptaan sistem saluran pembuangan bawah tanah, menggunakan bahan-bahan dan tenaga kerja lokal, dan berhasil meletakkan ratusan kilometer pipa drainase serta fasilitas tambahan. Dalam satu dekade inisiatif, warga setempat telah mendirikan sekolah-sekolah, klinik kesehatan, pusat-pusat kerja wanita, toko koperasi dan organisasi kredit untuk membiayai proyek-proyek perusahaan. Pada tahun 1993, OPP telah berhasil memberikan selokan murah untuk lebih dari 72.000 rumah. Proyek selanjutnya diversifikasi ke sejumlah program, termasuk dibiayai murah dan sanitasi program yang dikelola rakyat, program perumahan; sebuah kesehatan dasar dan keluarga Program berencana; program kredit yang diawasi untuk unit usaha keluarga kecil; program pendidikan; dan program pembangunan pedesaan di desa-desa di dekatnya.

Keberhasilan Model OPP menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di seluruh negeri. Pada tahun 1999, Khan membantu menciptakan Lodhran Pilot Project (LPP) untuk berkolaborasi dengan komite kota Lodhran. Belajar dari pengalaman masa lalu, proyek ini diperluas cakupannya ke seluruh kota daripada berkonsentrasi pada pemukiman berpenghasilan rendah saja. Kemitraan kota itu sendiri merupakan inisiatif baru yang menjamin lebih luas sipil kerjasama.

Keberhasilan OPP memang datang dengan biaya Dr Khan sebagai pandangan liberal dan swadaya inisiatif ditanyai dan dikritik oleh kelompok-kelompok kepentingan tertentu. Pada dua kesempatan, ia dituduh menghujat. Namun, semua tuduhan terhadap dirinya dibebaskan oleh pengadilan dan dibersihkan oleh ulama yang independen.


Kematian

Pada tahun 1999, Khan mengunjungi keluarganya di Amerika Serikat ketika ia menderita gagal ginjal. Dia meninggal karena infark miokard pada tanggal 9 Oktober di Indianapolis pada usia 85 tahun. Jenazahnya diterbangkan ke Karachi pada tanggal 15 Oktober, dia dimakamkan di sana.


Penghargaan dan kehormatan
Khan menerima penghargaan sipil berikut:
  • Jinnah Award (Anumerta, 2004) untuk layanan kepada orang-orang sebagai pendiri Orangi Pilot Project.
  • Nishan-e-Imtiaz (Anumerta, 2001) untuk pelayanan kepada masyarakat.
  • Penghargaan Ramon Magsaysay (31 Agustus 1963, Manila , Filipina ) untuk layanan pembangunan pedesaan. 
  • Sitara-e-Pakistan (1961) untuk merintis bekerja di pembangunan pedesaan. 

Publikasi
  • Khan fasih berbahasa Arab , Bengali , Inggris, Hindi , Pali , Persia , dan Urdu . [59] [60] Dia menulis beberapa laporan dan monograf, sebagian besar berkaitan dengan pembangunan pedesaan secara umum atau berbagai inisiatif yang sukses dan modelnya pada khususnya. Dia juga menerbitkan koleksi puisi dan catatan perjalanan di Urdu .

Dalam bahasa Inggris 
  • 1965, Pembangunan Desa di Pakistan Timur, Pidato Oleh Akhtar Hameed Khan. Pusat Studi Asia, Michigan State University.
  • 1974, Lembaga untuk pembangunan pedesaan di Indonesia, Pakistan Academy untuk Pembangunan Pedesaan. Karachi.
  • 1985, Pembangunan pedesaan di Pakistan. Vanguard Books. Lahore.
  • 1994, Apa yang saya pelajari di Comilla dan Orangi. Makalah yang disajikan pada Asosiasi Asia Selatan untuk Kerjasama Regional ( SAARC ) seminar. Islamabad .
  • 1996, Orangi Pilot Project: Kenangan dan Reflections. The Oxford University Press: Karachi. (Edisi: 1996, 1999, 2005). ISBN 978-0-19-597986-2
  • 1997 Kesenjangan sanitasi: ancaman mematikan Development . Perkembangan Bangsa . UNICEF .
  • 1998, Masyarakat Berbasis Sekolah dan Proyek Orangi. Di Hoodbhoy, P (ed.), Pendidikan dan Negara: Lima puluh Tahun Pakistan, Bab 7, Karachi:. Oxford University Press ISBN 978-0-19-577825-0
  • 2000, Dua puluh Minggu di Amerika. Sebuah Diary, 3 September 1969 - 21 Januari 1970 Diterjemahkan dari bahasa Urdu oleh Aqila Ismail. Kota Press. ISBN 969-8380-32-9

Dalam Bahasa Urdu

  • 1972, Safar-e-Amrika ki Buku Harian (A Diary of Travels di Amerika). The City Press: Karachi.
  • 1988, Chiragh aur Kanwal (Koleksi puisi dalam bahasa Urdu). Saad Penerbit. Karachi.

Sumber:

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain