Marie François Xavier Bichat - Bapak histologi modern dan anatomi

ois Xavier Bichat adalah seorang ahli anatomi dan fisiologi Perancis yang dikenal sebagai  Marie François Xavier Bichat - Bapak histologi modern dan anatomi
Marie François Xavier Bichat
Lahir: 14 November 1771 Thoirette

Meninggal: 22 Juli 1802 (umur 30) Paris

Kebangsaan: Prancis

Bidang: anatomi, fisiologi

Dikenal untuk: histologi, jaringan
Marie François Xavier Bichat adalah seorang ahli anatomi dan fisiologi Perancis yang dikenal sebagai bapak histologi modern dan deskriptif anatomi. Meskipun bekerja tanpa mikroskop, dia adalah orang pertama yang memperkenalkan gagasan bahwa jaringan sebagai entitas yang berbeda, dan menyatakan bahwa penyakit menyerang jaringan daripada seluruh organ atau seluruh tubuh, menyebabkan sebuah revolusi dalam patologi anatomi.


Biografi

Bichat lahir di Thoirette di Jura, Prancis 14 November 1771. Ayahnya adalah Jean Bichat, seorang dokter yang telah dilatih di Montpellier dan instruktur pertama Bichat. Ibunya adalah Jeanne-Rose Bichat. Ia masuk perguruan tinggi Nantua, dan kemudian belajar di Lyon. Dia membuat kemajuan pesat dalam matematika dan ilmu fisik, tapi akhirnya mengabdikan dirinya untuk mempelajari anatomi dan pembedahan di bawah bimbingan Marc-Antoine Petit (1766-1811), kepala ahli bedah ke Hotel-Dieu di Lyon.

Revolusi memaksa dia untuk melarikan diri dari Lyon dan berlindung di Paris pada tahun 1793. Di sana ia menjadi murid dari PJ Desault, yang sangat terkesan dengan kejeniusannya sehingga ia membawanya ke rumahnya dan memperlakukannya sebagai anak angkatnya. Selama dua tahun ia mengambil bagian aktif dalam pekerjaan Desault itu, pada saat yang sama mengejar penelitian sendiri dalam anatomi dan fisiologi. Desault disahkan pada 1795.

Pada usia 29 ia diangkat sebagai dokter kepala ke Hotel-Dieu. Pada tahun 1796, ia dan beberapa rekan lainnya secara resmi mendirikan Société d'Emulation de Paris, yang memberikan sebuah platform intelektual untuk memperdebatkan masalah dalam kedokteran. Ia meninggal pada 22 Juli 1802 (umur 30) di, empat belas hari setelah jatuh tangga di Hotel-Dieu dan menderita demam. Ia dimakamkan di Père Lachaise.


Kontribusi dan teori

Kontribusi utama Bichat untuk obat-obatan dan fisiologi adalah persepsi bahwa berbagai macam organ tubuh mengandung jaringan tertentu atau membran, dan ia menggambarkan 21 membran tersebut, termasuk ikat, otot, dan jaringan saraf.

Bichat tidak menggunakan mikroskop dalam penelitiannya, karena dia tidak mempercayai itu, oleh karena itu analisisnya tidak mencakup pengakuan struktur selular. Meskipun demikian, ia membentuk sebuah jembatan penting antara patologi organ Giovanni Battista Morgagni dan patologi sel Rudolf Ludwig Carl Virchow. (Sumber: Wikipedia )

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain