Johannes Robert Rydberg - Penemu Rumus Rydberg


 Robert Rydberg adalah seorang fisikawan asal Swedia Johannes Robert Rydberg - Penemu Rumus Rydberg Johannes Robert Rydberg
Lahir: 8 November, 1854 Halmstad
Meninggal: 28 Desember 1919 (umur 65) Lund
Kebangsaan: Swedia
Bidang: Fisika
Lembaga: Lund University
Dikenal selaku : Rumus Rydberg
Penghargaan: Fellow dari Royal Society (1919)

Johannes (Janne) Robert Rydberg yaitu seorang fisikawan asal Swedia, dan diketahui karena berhasil mendesain dengan rumus Rydberg.

Rumus Rydberg merupakan suatu rumus yang Ia dapatkan pada tahun 1888, yang dipakai untuk memprediksi panjang gelombang dari foton (cahaya radiasi elektromagnetik) yang dipancarkan oleh pergantian energi dari elektron dalam suatu atom hidrogen.

Johannes Robert Rydberg lahir pada 8 November, 1854 di HalmstadIa, Swedia. Ia aktif sebagai akademisi di Universitas Lund, Swedia, dan seluruh hidupnya Ia abdikan di sana. Sebuah atom dengan nilai yang tinggi dari prinsip nomor quantum, diwakili dengan lambang "n" dalam rumus Rydberg dinamakan atom Rydberg. Teori terbukti bisa selaku kunci untuk mengetahui potongan kimia dari atom yang dijelaskan dalam karya Niels Bohr.
Karena perjuangan dan dedikasinya, kawah Rydberg di Bulan dan asteroid 10506 Rydberg dinamakan sesuai namanya untuk menghormatinya. Ada sebuah pub malam yang diselenggarakan untuk menghormati Rydberg setiap hari Rabu di Departemen Fisika di Universitas Lund. (Wіkіреdіа)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain