Bartolomeo Cristofori - Penemu Piano

 Bartolomeo Cristofori di Francesco adalah seorang pembuat alat musik Italia Bartolomeo Cristofori - Penemu Piano
Bartolomeo Cristofori di Francesco yaitu seorang pembuat alat musik Italia, biasanya ia dianggap sebagai penemu piano. Piano yakni alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan. Pemain piano disebut pianis.

Pada sewaktu awal-permulaan diciptakan, bunyi piano tidak sekeras piano masa XX-an, seperti piano yang dibikin oleh Bartolomeo Cristofori (1655 – 1731) buatan 1720. Pasalnya, tegangan senar piano kala itu tidak sekuat sekarang. Kini piano itu dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York.

Meskipun siapa penemu pertama piano, yang awalnya dijuluki gravecembalo col piano e forte (harpsichord dengan papan tuts lembut dan bersuara keras), masih menjadi perdebatan, banyak orang mengakui, Bartolomeo Cristofori sebagai penciptanya. Piano juga bukan alat musik pertama yang memakai papan tuts dan bekerja dengan dipukul. Alat musik berprinsip kerja ibarat piano sudah ada semenjak 1440.


Bіоgrаfі Bаrtоlоmео Crіѕtоfоrі

Bartolomeo Cristofori lahir di Italia pada tanggal 4 mei 1655. Kehidupan masa kecilnya tidak banyak dikenali. Orang menyebut Cristofori selaku orang pertama yang menerima piano. Sebuah sumber hanya menyampaikan bahwa Cristofori berguru dengan cara "mengabdi" pada Nikolo Amati, seorang pembuat biola terkenal pada waktu itu. Saat berusia 33 tahun atau tepatnya pada tahun 1688, Cristofori direkrut oleh Prince Ferdinando de Medici. Ferdinando adlah seorang pecinta musik yang merupakan pewaris Cosimo III, satu dari Grand Dukes of Tuscany.

Saat itu Tuscany merupakan kerajaan otonom kecl di Italia. Cristofori melakukan pekerjaan dengan ulet dan bersungguh-sungguh sehingga menciptakan Ferdinando kagum dan bahagia kepadanya dan menawarkan bayaran yang lebih tinggi dari yang semula disepakati. Pada tahun 1700, untuk pertama kalinya Cristofori bikin alat musik yang kemudia diketahui dengan nama piano. Alat musik temuan Cristofori ini mempunyai bunyi 4 oktaf. Seorang jurnalis bernama Scipione Maffei menggambarkan alat musik itu selaku gravecembalo col piano e forte, yang berarti harpsichord dengan papan tuts lembut yang bersuara keras. Semula alat musik ini disebut sebagai pianoforte, namun pada akibatnya lebih dikenal dengan nama piano.

Cristofori meninggal pada 27 Januari 1731 atau pada usia 76 tahun. Saat ini setidaknya masih ada 3 piano karya Cristofori yang masih bertahan dan disimpan di aneka macam museum. Satu terdapat di Metropolitan Museum of Art, Amerika Serikat (buatan tahun 1720), satu di Museo Strumenti Musicali, Roma, Italia (bikinan tahun 1722), dan satunya lagi di Musikinstrumen-Meseum of Leipzig University, Jerman (buatan tahun 1726).


Pеnеmuаn


Inѕtrumеn ѕеbеlumnуа

Selama tahun-tahun yang tersisa dari era ke-17, Cristofori memperoleh dua instrumen keyboard sebelum ia mulai karyanya pada piano. Instrumen ini didokumentasikan dalam inventarisasi, pada 1700, dari banyak instrumen yang disimpan oleh Pangeran Ferdinando.

The spinettone, Italia untuk "Spinet besar", yakni besar, Spinet multi-choired (harpsichord dimana string miring untuk meminimalisir ruang), dengan disposisi 1 x 8 ', 1 x 4'; yang paling spinets memiliki disposisi sederhana 1 x 8 '. Penemuan ini mungkin sudah dimaksudkan untuk masuk ke dalam orkestra pit ramai untuk pentasteater, sementara mempunyai bunyi lebih keras dari instrumen multi-choired.

Penemuan yang lain (1690) yakni Spinet oval orisinil, dengan string terpanjang di tengah.

Cristofori juga membuat instrumen lain, didokumentasikan pada tahun yang sama yKNI 1700: suatu clavicytherium (piano tegak), dan dua harpsichord dari persyaratan Italia 2 x 8 'disposisi; salah satu dari instrumen tersebut yang dibuat dari kayu eboni.


Pеnаmріlаn ріаnо реrtаmа

 Bartolomeo Cristofori di Francesco adalah seorang pembuat alat musik Italia Bartolomeo Cristofori - Penemu Piano
 Pіаnо Cristofori 1722,
dі Muѕеum Nаzіоnаlе dеglі Strumеntі Muѕісаlі dі Rоmа.
Bartolomeo Cristofori beropini bahwa penyebutan permulaan dari piano yakni dari buku harian dari Francesco Mannucci, musisi pengadilan Medici, memperlihatkan bahwa Cristofori telah melakukan pekerjaan pada piano sejak 1698. Namun, keaslian dokumen ini kini disangsikan. Bukti pertama untuk piano berasal dari tahun 1700 persediaan dari Medici menyebutkan di bab sebelumnya. Masuk dalam inventarisasi ini untuk piano Cristofori dimulai selaku berikut:

Un Arpicembalo di Bartolomeo Cristofori di nuova inventione, сhе fа 'іl ріаnо, е іl fоrtе, bаlаѕаn rеgіѕtrі рrіnсіраlі unіѕоnі, соn fоndо dі Cірrеѕѕо ѕеnzа rоѕа ... "(аbjаd tеbаl dіѕеrtаkаn)

Sеbuаh "Arрісеmbаlо" bеѕаr оlеh Bаrtоlоmео Crіѕtоfоrі, іnоvаѕі grеѕ уаng mеnghаѕіlkаn ѕuаrа lеmbut dаn kеrаѕ, dеngаn duа ѕеt ѕtrіng dі lараngаn bеrѕаmа-ѕаmа, dеngаn рараn bunуі dаrі сеmаrа tаnра mаwаr ... "

Istilah "Arpicembalo", secara harfiah "kecapi-harpsichord", umumnya tidak dekat di hari Cristofori. Edward menyimpulkan bahwa ini yakni apa yang Cristofori ingin dirinya diundang untuk instrumen. Kata "piano" yakni hasil dari pemotongan sedikit demi sedikit dari waktu ke waktu dari kata-kata yang ditampilkan dalam aksara tebal di atas.

 Bartolomeo Cristofori di Francesco adalah seorang pembuat alat musik Italia Bartolomeo Cristofori - Penemu Piano
Aсtіоnріаnо Crіѕtоfоrі
Aсtіоn: PіаnоAсtіоn yakni alat mekanik kompleks yang memberlakukan persyaratan rancangan yang sungguh spesifik, nyaris semua bertemu dengan langkah-langkah Cristofori. 
Persediaan Medici dilanjutkan dengan menggambarkan instrumen secara rinci. Kisaran ini (sekarang hilang) instrumen ialah cuma empat oktaf, C untuk c "" '.

Dokumen lain mengacu pada piano permulaan merupakan catatan pinggir yang dibentuk oleh salah satu musisi pengadilan Medici, Federigo Meccoli, dalam salinan buku Le Istitutioni harmoniche oleh Gioseffo Zarlino.


Kеhіduраn bеrіkutnуа

Pelindung Cristofori, Pangeran Ferdinando, meninggal pada usia 50 tahunb 1713. Ada bukti bahwa ia terus melakukan pekerjaan untuk pengadilan Medici, masih dipimpin oleh ayah Pangeran Cosimo III. Secara khusus, suatu inventarisasi 1716 koleksi alat musik ditandatangani "Bartolommeo Cristofori custode", memperlihatkan bahwa Cristofori sudah diberi gelar koleksi kustodian.

Pada permulaan masa ke-18, kesejahteraan pangeran Medici menurun, dan mirip banyak dari pengrajin Medici pekerja lainnya, Cristofori memasarkan karyanya terhadap orang lain. Raja Portugal berbelanja salah satu instrumennya.

Cristofori terus bikin piano sampai menjelang selesai hidupnya dan terus bikin perbaikan untuk penemuannya. Dalam beberapa tahun, ia dibantu oleh Giovanni Ferrini, yang kemudian mempunyai karir sendiri, melanjutkan tradisi tuannya. Ada bukti tentatif bahwa ada asisten lain, P. Domenico Dal Mela, yang lalu pada 1739 membuat piano pertama.

Saat-dikala terakhir hidupnya, Cristofori merencanakan dua surat wasiat. Yang pertama, tanggal 24 Januari 1729, mewariskan semua alat untuk Giovanni Ferrini. yang kedua, tanggal 23 Maret tahun yang sama, pergeseran ketentuan substansial, mewariskan hampir semua harta miliknya terhadap "saudara Dal Mela ... dalam pembayaran untuk perlindungan mereka terus dipinjamkan kepadanya selama penyakit dan indispositions, dan juga di nama amal. " Ini akan meninggalkan sejumlah kecil lima Scudi untuk Ferrini. Serbuk sari mencatat bukti lebih lanjut dari hasratbahwa ini tercermin tidak jatuh antara  dan Ferrini, namun hanya kewajiban moral Cristofori untuk pengasuh nya. Cristofori meninggal pada 27 Januari 1731.


Rеfеrеnѕі:
  • httр://іd.wіkіреdіа.оrg/wіkі/Pіаnо
  • httр://еn.wіkіреdіа.оrg/wіkі/Bаrtоlоmео_Crіѕtоfоrі
  • httр://іnfоіnfо-mеnаwаn.blоgѕроt.соm/2011/03/оrаng-dі-bаlіk-іnоvаѕі-ріаnо.html

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain