Theodor Schwann - Penemu Pepsin

 Theodor Schwann adalah seorang ahli fisiologi asal Jerman Theodor Schwann - Penemu pepsin
Theodor Schwann yakni spesialis fisiologi asal Jerman. Kontribusi utama dalam bidang Biologi diantaranya merupakan ihwal teori sel, penemuan sel Schwann, penemuan pepsin, inovasi sifat organik dari ragi, dan pengenalan ungkapan metabolisme.

Schwann lahir di Neuss, Kerajaan Perancis Pertama (kini Jerman) pada 7 Desember 1810. Ayahnya yakni seorang tukang emas, kemudian tukang cetak. Schwann berguru di Jesuit College Cologne, kemudian di Bonn, di sana ia berjumpa jago fisiologi Johannes Peter Müller.


Tеоrі ѕеl

Banyak sekali ilmuwan-ilmuan yang berspekulasi atau memperhatikan bahwa tanaman dan hewan tersusun atas sel pada kala ke-18 dan permulaan masa ke-19 telah, tetapi hal tersebut masih diperdebatkan pada saat itu. Pada tahun 1838, andal botani Jerman Mаtthіаѕ Jаkоb Sсhlеіdеn menyatakan bahwa semua tanaman terdiri atas sel dan bahwa semua faktor fungsi badan tumbuhan pada dasarnya merupakan manifestasi kegiatan sel. Ia juga menyatakan pentingnya nukleus (yang ditemukan Rоbеrt Brоwn pada tahun 1831) dalam fungsi dan pembentukan sel, tetapi ia salah menerka bahwa sel terbentuk dari nukleus.

Pada tahun 1839, Theodor Schwann, yang sesudah berdiskusi dengan Sсhlеіdеn menyadari bahwa ia pernah mengamati nukleus sel binatang sebagaimana Sсhlеіdеn mengamatinya pada tumbuhan, menyatakan bahwa semua kepingan tubuh binatang juga tersusun atas sel. Menurutnya, prinsip universal pembentukan aneka macam bagian tubuh semua organisme ialah pembentukan sel yang kemudian memerinci teori sel sebagaimana yang diketahui dalam bentuk terbaru ialah Rudоlf Vіrсhоw, seorang ilmuwan Jerman yang lain. Pada awalnya ia sependapat dengan Sсhlеіdеn tentang pembentukan sel. Namun, pengamatan mikroskopis atas aneka macam proses patologis membuatnya menyimpulkan hal yang serupa dengan yang sudah disimpulkan oleh Robert Remak dari pengamatannya terhadap sel darah merah dan embrio, yaitu bahwa sel berasal dari sel lain lewat pembelahan sel. Pada tahun 1855, Vіrсhоw menerbitkan makalahnya yang menampung motonya yang populer, оmnіѕ сеllulа е сеllulа (semua sel berasal dari sel).

Theodor Schwann meninggal pada 11 Januari 1882 (umur 71) di Cologne, Jerman.

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain