William Ramsay - Penemu Gas Mulia

 Medali Barnard untuk Meritorious Service Science  William Ramsay - Penemu Gas Mulia
Sіr Wіllіаm Rаmѕау
Lаhіr: 2 Oktоbеr 1852 Glаѕgоw, Skоtlаndіа
Mеnіnggаl: 23 Julі 1916 (umur 63) Hіgh Wусоmb, Buсkѕ, Inggrіѕ
Kеbаngѕааn: Skоtlаndіа
Bіdаng: Kіmіа
Lеmbаgа: Unіvеrѕіtу оf Glаѕgоw (1874-1880) ; Unіvеrѕіtу Cоllеgе, Brіѕtоl (1880-1887) ; Unіvеrѕіtу Cоllеgе Lоndоn (1887-1913)
Almа mаtеr: Unіvеrѕіtу оf Glаѕgоw (1866-9) ; Lеmbаgа Andеrѕоn, Glаѕgоw (1869) ;
Unіvеrѕіtаѕ Tübіngеn (PhD 1873)
Pеmbіmbіng dоktоrаl: Wіlhеlm Rudоlрh Fіttіg
Mаhаѕіѕwа dоktоrаl: Edward Charles Cyril Baly, James Johnston Dobbie, Jaroslav Heyrovský, Ottо Hаhn
Dіkеnаl dаlаm: Gаѕ mulіа
Pеnghаrgааn: Lесоntе Prіzе (1895), Mеdаlі Bаrnаrd untuk Mеrіtоrіоuѕ Sеrvісе Sсіеnсе (1895), Dаvу Mеdаl (1895), Nоbеl Kіmіа (1904), Mаttеuссі Mеdаl (1907), 
Ellіоtt Crеѕѕоn Mеdаl (1913)
Sіr Wіllіаm Rаmѕау ialah seorang kimiawan Inggris yang memperoleh gas mulia dan menerima Hadiah Nobel Kimia tahun 1904 "sebagai akreditasi atas jasa-jasanya dalam inovasi bagian-bagian gas lembam di udara" (bareng dengan nya kolaborator, Lоrd Rауlеіgh`, yang menerima Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun yang serupa untuk inovasi mereka yakni argon). Setelah keduanya mengidentifikasi argon, Ramsay memeriksa gas atmosfer lainnya. Karyanya dalam mengisolasi argon, helium, neon, kripton dan xenon mengakibatkan perkembangan serpihan baru dari tabel periodik.


Bіоgrаfі

Ramsay lahir di Glasgow pada 2 Oktober 1852. ia merupakan putra dari insinyur sipil William Ramsay dan Catherine, née Robertson. Dia merupakan keponakan dari mahir geologi Sir Andrew Ramsay.

Dia hadir di Glasgow Academy kemudian melanjutkan pendidikannya di University of Glasgow dengan Thomas Anderson. Kemudian ia pergi ke di Jerman untuk mencar ilmu di Universitas Tübingen dengan Wilhelm Rudolph Fittig, tesis doktornya berjudul Investigasi di toluic dan Asam Nitrotoluic.

Ramsay kembali ke Glasgow selaku asisten Anderson di Anderson Tinggi. Dia diangkat selaku Profesor Kimia di University College of Bristol pada tahun 1879 dan menikahi Margaret Buchanan pada 1881. Pada tahun yang serupa ia menjadi Kepala University College, Bristol. ia berhasil memadukan dengan observasi aktif baik dalam kimia organik dan pada gas.

Ramsay menikah dengan Margaret Johnstone Marshall (née Buchanan, putri George Stevenson Buchanan) dan memiliki seorang putri, Catherine Elizabeth (Elska) dan seorang putra, William George, yang meninggal pada usia 40.

Ramsay tinggal di Hazlemere, Buckinghamshire hingga kematiannya. Dia meninggal di High Wycombe, Buckinghamshire, pada 23 Juli 1916 pada usia 63 karena kanker hidung. Ia dimakamkan di Hazlemere gereja Paroki.


Pеnеmuаn Gоlоngаn Gаѕ Mulіа

Pada 1892 keingintahuan Ramsey dibentuk kesal oleh observasi Jоhn Wіllіаm Strutt bahwa kepadatan nitrogen yang diekstrakkan dari udara selalu lebih besar daripada nitrogen yang dibebaskan dari aneka macam macam senyawa kimia. Kemudian Ramsay mulai mencari gas tak diketahui yang lebih padat di udara, yang saat didapatkan dinamainya argon. Saat meneliti adanya argon di mineral beruranium, ia malah memperoleh helium, yang semenjak 1868 sudah diketahui ada, namun hanya pada matahari. Penemuan ke-2 ini menjadikannya menganjurkan eksistensi golongan gres dari komponen di tabel periodik. Dengan cepat ia dan pembantunya mengisolasi neon, kripton, dan xenon dari atmosfer bumi.

Gas mulia ialah unsur-komponen kelompok VIIIA (18) dalam tabel periodik. Disebut mulia karena komponen-bagian ini sangat stabil (sungguh sukar bereaksi). Unsur pertama gas mulia yang didapatkan ialah argon, yang ditemukan oleh Sir William Ramsay. Tidak didapatkan satupun senyawa alami dari gas mulia. Menurut Lewis, kestabilan gas mulia tersebut disebabkan konfigurasi elektronnya yang terisi sarat , yakni konfigurasi oktet (duplet untuk Helium). Kestabilan gas mulia dicerminkan oleh energi ionisasinya yang sangat besar, dan afinitas elektronnya yang sangat rendah (bertanda faktual). Para andal zaman dahulu yakin bahwa bagian-unsur gas mulia betul-betul inert. Pendapat ini dipatahkan, sehabis pada tahun 1962, Nеіl Bаrtlеtt, spesialis kimia dari Kanada sukses membuat senyawa xenon, yakni XePtF6. Sejak itu, berbagai senyawa gas mulia berhasil dibuat.

Gas mulia yaitu gas yang mempunyai sifat lengai, tidak reaktif, dan susah bereaksi dengan bahan kimia lain. Gas mulia banyak digunakan dalam sektor perindustrian. Berikut yakni gas-gas mulia: Helium, Neon, Argon, Kripton, Xenon, Radon.


Sumbеr:

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain