Håkon Flood - Pelopor Kimia Garam Cair (Lelehan Garam)

 adalah seorang profesor kimia anorganik di Norwegia Institute of Technology di Trondheim Håkon Flood - Pelopor Kimia Garam Cair (lelehan garam)
Kеrtаѕ lаkmuѕ, аlаt реngujі kеаѕаmаn
Håkon Flood (1905 - 2001) yaitu seorang profesor kimia anorganik di Norwegia Institute of Technology di Trondheim, Norwegia, dari tahun 1953 hingga 1975. Dia juga melakukan pekerjaan selaku direktur Institut Silikat Penelitian (Institutt untuk Silikatforskning) di NTH. Profesor Flood ialah salah satu pencetus kimia garam cair, bareng dengan Hеrmаnn Lux, ia diketahui untuk tеоrі аѕаm-bаѕа Lux-Flооd.


Tеоrі Aѕаm Bаѕа Lux-Flооd

Tеоrі Aѕаm Bаѕа Lux-Flооd merupakan penghidupan kembali teori asam basa oksigen yang direkomendasikan oleh kimiawan Jerman Hermann Lux pada tahun 1939 , kemudian dikembangkan oleh Håkon Flood sekitar tahun 1947 dan masih dipakai hingga kini pada bidang geokimia modern dan elektrokimia lelehan garam.

Konsep tеоrі аѕаm bаѕа Lux-Flооd ditinjau berdasarkan ion oksida (O2-). Konsep ini dipakai untuk menunjukan tata cara non proton yang tidak mampu diterangkan dengan definisi asam basa Bronsted-Lowry. Menurut teori ini asam ialah spesi atau zat akseptor ion oksida dan basa yaitu spesi atau zat pendonor ion oksida. Oksida diklasifikasikan sebagai asam atau basa menurut lokasinya dalam tabel periodik . Teori ini lazimnya digunakan untuk meramalkan reaksi-reaksi yang berjalan pada suhu tinggi dan proses pembuatan serta perekayasaan mineral dan logam.

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain