Ole Kirk Christiansen - Penemu Lego

 Ole Kirk Christiansen adalah pendiri perusahaan mainan Denmark Lego Group Ole Kirk Christiansen - Penemu LEGO
Olе Kіrk Chrіѕtіаnѕеn
Lаhіr: 07 Aрrіl 1891, Fіlѕkоv, Dеnmаrk

Mеnіnggаl: 11 Mаrеt 1958 (umur 66)

Kеwаrgаnеgаrааn: Dеnmаrk

Pеkеrjааn: Tukаng kауu

Dіkеnаl аlаѕаnnуа аdаlаh: Mеndіrіkаn Pеruѕаhааn Lеgо.
Anаk: Gоdtfrеd Kіrk Chrіѕtіаnѕеn
Ole Kirk Christiansen yakni pendiri perusahaan mainan Denmark Lego Group. Berawal dari permainan angsa kayunya, LEGO kini menjadi permainan yang mengasah kreativitas dan khayalan lewat ribuan versi permainan.


Bіоgrаfі

Ole Kirk Christiansen lahir di Filskov, Denmark pada 7 April 1891, ia ialah anak ke-10 dari keluarga miskin di Jutland di Denmark Barat. Ia dilatih selaku tukang kayu dan mulai menciptakan mainan kayu pada tahun 1932 untuk mencari nafkah setelah kehilangan pekerjaannya selama depresi. Segera sesudah istri Christiansen meninggal, meninggalkan dia untuk memaksimalkan empat anak-anaknya.

Christiansen terinspirasi untuk bikin suatu angsa mainan kecil dari kayu untuk anak-anaknya. Ternyata anak-anaknya mengasihi mainan baru itu, selanjutrnya ia menetapkan untuk membuat belibis ke dalam buatan memakai kayu sisa dari bisnis lamanya. Pada tahun 1942 kebakaran terjadi di pabrik dan memaksanya untuk membangun kembali. Awalnya, ia membuat versi miniatur rumah-rumah dan mebel dikala ia melakukan pekerjaan selaku tukang kayu, namun pada tahun 1947 ia beralih memakai plastik, yang mulanya beruang plastik kecil dan bergetar. Pada 1949 ia sudah membuat lebih dari 200 mainan plastik dan kayu.

Ole Kirk Christiansen datang dengan nama Lego dari kata Denmark leg godt yang bermakna "bermain dengan baik" dan perusahaan menjelma Lego Group.

Ole Kirk Christiansen meninggal di Filskov, Denmark pada tanggal 11 Maret 1958, karena serangan jantung, selanjutnya putra ketiganya Godtfred Kirk Christiansen segera menggantikan perusahaan.


 Ole Kirk Christiansen adalah pendiri perusahaan mainan Denmark Lego Group Ole Kirk Christiansen - Penemu LEGO
Lоgо LEGO
Pеnеmuаn Lеgо

Lego ialah sejenis alat permainan bongkah plastik kecil yang populer di dunia utamanya di kelompok belum remaja atau remaja tidak pandang laki-laki ataupun perempuan. Bongkah-bongkah ini serta potongan lain mampu disusun menjadi model apa saja. Mobil, kereta api, bangunan, kota, patung, kapal, kapal melayang, pesawat luar angkasa serta robot, semuanya bisa dibentuk.

Alat permainan ini dikeluarkan oleh Perusahaan LEGO dari Denmark.

 Ole Kirk Christiansen adalah pendiri perusahaan mainan Denmark Lego Group Ole Kirk Christiansen - Penemu LEGO
Bаtа Lеgо klаѕіk
LEGO diciptakan oleh Ole Kirk Christiansen. Awalnya, ia mendirikan The Danish Company yang memproduksi barang keperluan sehari-hari yang terbuat dari kayu. Tangga kayu dan papan setrikaan yakni produk unggulan The Danish Company. Namun, penjualannya kian menurun alasannya terjadi krisis keuangan global. Ini menyebabkan kian menurunnya seruan akan produk-produk kayu tersebut. Namun Ole tidak tinggal membisu, ia berupaya mencari penyelesaian biar usaha yang dimilikinya tidak bangkrut dan bisa diselamatkan. Ole pun terpikir untuk bikin mainan berbahan dasar kayu, sesuai dengan keahliannya.

Ia memberi nama LEGO, yang dalam bahasa Denmark disebut dengan leg godt. Kata ini bermakna bermain dengan baik. Ia mengubah namanya menjadi LEGO yang bermakna menyatukan secara pundak-membahu. Pada tahun 1935, Ole mulai memasarkan mainan LEGO pertamanya dengan versi angsa dan ternyata cukup digemari penduduk . Dari sana perusahannya pun kian meningkat .

 Ole Kirk Christiansen adalah pendiri perusahaan mainan Denmark Lego Group Ole Kirk Christiansen - Penemu LEGO
Lеgо Duрlо
Pada tahun 1946, pabrik yang ia miliki hangus terbakar. Namun ia tidak frustasi, Ia mendirikannya kembali di tahun 1947 dan mulai bikin penemuan permainan dari produk berbahan kayu menjadi produk berbahan plastik. Permainan ini pun meningkat luas.

Pada tahun 1957, permainan LEGO sudah merambah ke tempat Eropa seperti Prancis, Belgium, dan Inggris. Dibantu oleh putranya, Godtfred Kirk Christiansen, LEGO terus membuat penemuan-inovasi keren dan menarik. Mereka juga mempunyai prinsip Der bedste er ikke for godt yang bermakna, yang terbaiklah yang patut. (bеrbаgаі ѕumbеr)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain