Samuel Goudsmit - Aktivis Rancangan Elektron Berputar

 Samuel Goudsmit adalah fisikawan terkenal berkebangsaan Belanda Samuel Goudsmit - Penggagas Konsep Elektron Berputar
Sаmuеl Gоudѕmіt
Lаhіr: 11 Julі 1902 Thе Hаguе, Bеlаndа

Mеnіnggаl: 4 Dеѕеmbеr 1978 (umur 76) Rеnо, Nеvаdа

Kеbаngѕааn: Bеlаndа-Amеrіkа

Bіdаng: Fіѕіkа

Lеmbаgа: Unіvеrѕіtу оf Mісhіgаn

Almа mаtеr: Unіvеrѕіtаѕ Lеіdеn (Ph.D) (1927)

Mаhаѕіѕwа dоktоrаl: Rоbеrt Bасhеr

Dіkеnаl dаlаm: Elеktrоn bеrрutаr & Oреrаѕі Alѕоѕ

Pеnghаrgааn: Nаtіоnаl Mеdаl оf Sсіеnсе (1976)
Samuel Goudsmit yaitu fisikawan terkenal berkebangsaan Belanda-Amerika, ia bahu-membahu merekomendasikan rancangan elektron berputar dengan George Eugene Uhlenbeck pada tahun 1925.


Bіоgrаfі

Samuel Abraham Goudsmit lahir pada 11 Juli 1902 The Hague, Belanda. Ia ialah keturunan Belanda-Yahudi, anak dari pasangan Ishak Goudsmit, produsen lemari air dan Marianne Goudsmit-Gompers yang mengelola sebuah toko topi perempuan. Pada tahun 1943 orang tuanya dideportasi ke kamp konsentrasi oleh penjajah Jerman dari Belanda dan dibunuh di sana.

Goudsmit belajar fisika di Universitas Leiden panduan Paul Ehrenfest hingga memperoleh gelar PhD pada tahun 1927. Setelah menerima gelar PhD. Antara tahun 1927 dan 1946 Goudsmit menjabat selaku Profesor di University of Michigan. Pada tahun 1930 ia ikut menulis suatu teks dengan Linus Pauling berjudul The Structure of Line Spectra. Selama Perang Dunia II dia bekerja di Massachusetts Institute of Technology.

Dia juga kepala ilmiah dari Alsos Mission dan berhasil meraih kalangan fisikawan nuklir Jerman sekitar Wеrnеr Hеіѕеnbеrg dan Ottо Hаhn di Hechingen (kemudian zona Perancis) sebelum fisikawan Perancis Yves Rocard. Meteora yaitu bab dari Proyek Manhattan  yang dirancang untuk menilai perkembangan proyek bom atom Nazi .

Dalam buku Alsos diterbitkan pada tahun 1947, Goudsmit menyimpulkan bahwa Jerman tidak membuat senjata. Dia menghubungkan ini dalam ketidakmampuan ilmu wawasan berlangsung di bawah tekanan totaliter negara dan ilmuwan Jerman tidak mengetahui bagaimana bikin bom atom. Namun  lalu kedua kesimpulan ini sudah disanggah oleh sejarawan (lihat Heisenberg ), dan fakta bahwa negara Soviet totaliter memproduksi bom tak usang sehabis buku ini dirilis.

Setelah perang ia sempat menjadi seorang profesor di Northwestern University. Sekitar tahun 1948-1970 ia merupakan seorang ilmuwan senior di Brookhaven National Laboratory, memimpin Departemen Fisika 1952-1960. Dia sementara menjadi terkenal sebagai Editor-in-chief dari jurnal fisika terkemuka Physical Review, diterbitkan oleh American Physical Society. Pada bulan Juli 1958 ia mulai jurnal Physical Review Letters. Saat pensiun selaku editor pada tahun 1974, Goudsmit pindah ke fakultas University of Nevada di Reno, di sana ia tetap sampai kematiannya empat tahun lalu.

Dia juga bikin beberapa bantuan ilmiah untuk Egyptology diterbitkan dalam Ekspedisi Summer 1972 hlm 13-16.; American Journal of Archaeology 78, 1974 p. 78; dan Jurnal Studi Timur Dekat 40, 1981 hlm. 43-46. Samuel A. Goudsmit Collection of Antiquities Mesir berada di Muѕеum Arkеоlоgі Kеlѕеу dі Unіvеrѕіtаѕ Mісhіgаn dі Ann Arbоr, Mісhіgаn. (sumber: Wіkіреdіа)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain