Hedy Lamarr - Penemu Teknologi Wifi

 Hedy Lamarr adalah seorang aktris dan matematikawan Austria Hedy Lamarr - Penemu teknologi WiFi
Hedy Lamarr yaitu seorang aktris dan matematikawan Austria-Amerika yang terkenal alasannya adalah kecantikannya dan menjadi bintang persetujuan besar pada "Zaman Keemasan" MGM.

Ia ialah aktris Hollywood yang pernah dijuluki selaku 'wanita paling bagus di dunia'. Lahir di Wina Austria, 9 November 1914, wanita yang mempunyai nama orisinil Hedwig Maria Keisler ini mulanya yaitu seorang pemain film Extase, yang menyedot perhatian produser Hollywood.

Dia risikonya menjadi aktris Hollywood terkenal dan mengganti namanya dengan Hedy Lamarr. Dia sukses membintangi banyak film terkenal yang membuat nama Hedy Lamarr semakin melonjak, menyerupai film White Cargo (1942) dan The Female Animal (1957).

Selain berbakat memerankan karakter di film, Dia juga terpelajar dalam hal teknologi. Hedy Lamarr mematenkan ide yang disebut dengan sistem komunikasi membisu-diam pada tahun 1942, yang merupakan pondasi penting teknologi ponsel dan komunikasi.

Teknologi pengendali jarak jauh Ciptannya digunakan untuk Perang Dunia II ketika itu. Penemuannya tersebut ialah permulaan dari penemuan ponsel, WiFi, Bluetooth, GPS, yang kini sangat populer.

Berbakat di bidang matematika, Lamarr bareng komponis George Antheil menemukan suatu teknik komunikasi spektrum sebar dan perpindahan frekuensi pertama yang diperlukan untuk melakukan komunikasi nirkabel semenjak zaman pra-komputer hingga kini.


Pеnеmuаn ѕреktrum ѕеbаr ріndаh frеkuеnѕі

Komponis avant garde George Antheil, putra imigran Jerman sekaligus tetangga Lamarr, sudah bereksperimen dengan pengendalian instumen musik secara otomatis, termasuk musiknya untuk Ballet Mécanique, yang mulanya ditulis untuk film absurd karya Fernand Léger tahun 1924. Musik otomatis karyanya berbentukbeberapa pianola yang dimainkan secara bersamaan.

Lamarr memperkenalkan idenya ke Antheil dan bantu-membantu mengantarkan wangsit tata cara komunikasi diam-membisu tersebut pada bulan Juni 1941. Tanggal 11 Agustus 1942, US Patent 2,292,387 diberikan terhadap Antheil dan "Hedy Kiesler Markey," nama nikah Lamarr pada waktu itu. Versi awal pindah frekuensi ini yakni pemanfaatan rol piano untuk berpindah-pindah di 88 frekuensi dan bermaksud biar torpedo yang dipandu radio sukar terdeteksi musuh. Meski mereka mempresentasikan teknik ini di hadapan Angkatan Laut A.S., inspirasi ini ditolak dan tidak diadopsi.

Ide ini baru diterapkan di Amerika Serikat pada tahun 1962 oleh kapal-kapal militer A.S. dikala memblokir Kuba sehabis patennya kedaluwarsa. Karena mungkin pengembangannya terhambat, paten ini gres diketahui publik pada tahun 1997 di ketika Electronic Frontier Foundation memberi penghargaan kepada Lamarr atas kontribusinya. Dilaporkan bahwa pada tahun 1998, pengembang teknologi nirkabel asal Ottawa, Wi-LAN, Inc. "membeli 49 persen klaim paten ini dari Lamarr dengan nilai saham yang tidak disebutkan" (Eliza Schmidkunz, Inside GNSS), padahal paten yang busuk sebaiknya dianggap tidak bernilai. Antheil meninggal dunia tahun 1959.

Ide pindah frekuensi Lamarr dan Antheil menjadi dasar teknologi komunikasi spektrum sebar masa kini, mirip Bluetooth, COFDM yang digunakan oleh koneksi jaringan Wi-Fi, dan CDMA pada telepon nirkabel. Paten Secrecy Communication System oleh Blackwell, Martin, dan Vernam tahun 1920 (1598673) tampaknya menjadi dasar komunikasi untuk paten Kiesler dan Antheil, yang mempergunakan teknik ini untuk mengendalikan torpedo.

Lamarr ingin bergabung dengan National Inventors Council, namun anggota NIC Charles F. Kettering dan rekan-rekannya meminta supaya ia menolong upaya perang saja dengan mempergunakan status selebritinya untuk memasarkan Obligasi Perang.


Kеmаtіаn

Hеdу Lаmаrr  mеnіnggаl раdа 19 Jаnuаrі 2000 dіkаlа bеruѕіа 85 tаhun. Sеrtіfіkаt Kеmаtіаnnуа dіkutір tіgа реnуеbаb: gаgаl jаntung, реnуаkіt kаtuр jаntung krоnіѕ, dаn реnуаkіt jаntung аrtеrіоѕсlеrоtіс. Hаrі kеmаtіаnnуа bеrtераtаn dеngаn ulаng tаhun kе-55 рutrіnуа Dеnіѕе. Anаknуа Anthоnу Lоdеr mеngаmbіl аbunуа kе Auѕtrіа dаn mеnуеbаrkаnnуа dі Vіеnnа Wооdѕ, ѕеѕuаі dеngаn сіtа-сіtа tеrаkhіr Hеdу Lаmаrr.

Sumbеr: httрѕ://іd.wіkіреdіа.оrg/wіkі/Hеdу_Lаmаrr

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain