Nama-Nama Pahlawan Dari Dki Jakarta

Nama Pahlawan Nasional Dari Jakarta: 
  1. Ismail Marzuki, Pejuang Kemerdekaan, Komposer Indonesia
  2. Jenderal Polisi (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri; dulu bernama Kepala Djawatan Kepolisian Negara) pertama, menjabat dari 29 September 1945 hingga 14 Desember 1959
  3. Muhammad Husni Thamrin, Pejuang Kemerdekaan, Politisi
  4. Noer Alie, Pejuang Kemerdekaan, Ulama
 Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia  Nama-nama Pahlawan dari Jakarta
Ismail marzuki

Kamis 10/11/2011, Gubernur jakarta, Fauzi Bowo menganugerahkan gelar pahlawan Betawi kepada empat tokoh. Mereka adalah, almarhum KH Abdul Madjid (Guru Madjid), almarhum Letkol Syafe`i (Bang Pi`i Senen), almarhum Mahbub Junaedi, dan almarhum Muhammad Mashabi.  Keempat pahlawan betawi tersebut adalah:


1. KH Abdul Madjid (Guru Madjid 1887-1947)

Beliau lahir di Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, pada tahun 1887 ini merupakan salah sesuatu tokoh Betawi yang sudah banyak melahirkan ulama yg awalnya sebagai muridnya, seperti KH Abdul Razaq Ma`mun (Tegalparang), KH Najihun (Kosambi), KH Abdullah Syafe`i (Bali Matraman) dan lain sebagainya. Selain itu, Guru Madjid mengarang kitab Arab Melayu taqwimun nayyirain, yakni di bidang ilmu falaq.


2. Letkol Syafe`i (Bang Pi`i Senen)

Bang Pi`i lahir di Kampung Bangka, Kemang, Jakarta Selatan, pada bulan Agustus tahun 1923. Sosoknya yaitu nasionalis sejati dan pejuang pada zaman sebelum kemerdekaan serta sangat setia kepada Presiden Pertama RI, Soekarno. Dalam Kabinet 100 Menteri, Syafe`i juga pernah menjabat sebagai Menteri Urusan Keamanan. Jabatannya itu disandang sejak 24 Februari-23 Maret 1966.


3. Mahbub Junaedi

Ia lahir pada 27 Juli 1933. Mahbub Junaedi merupakan sosok yang gemar berorganisasi. Selain pernah menjabat sebagai Kepala Biro Peradilan Agama pada Kementrian Agama, Mahbub juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PWI Pusat pada tahun 1963, memimpin IPNU, pengurus HMI mendirikan PMII dan menjadi anggota DPRGR/MPRS pada tahun 1960-1970. Baca selengkapnya...


4. Muhammad Mashabi (1943-1967)

Muhammad Mashabi merupakan seniman sejati. Sosoknya yaitu salah sesuatu pencipta dan penyanyi musik Melayu pada era tahun 1950 hingga 1960-an di Indonesia. (Sumber)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain