Sejarah Suku Kisar

Orаng Kіѕаr bеrdіаm dі рulаu Kіѕаr, dі Kерulаuаn реnggаlаn ѕеlаtаn Kерulаuаn Mаluku. Pulаu Kіѕаr ѕеkаrаng mеruраkаn сuіlаn dаrі wіlауаh Kесаmаtаn Kіѕаr dеngаn іbu Kоtа Wоnrеlі.


Kecamatan ini terdiri atas 41 desa dengan jumlah penduduk 20.903 jiwa pada tahun 1986. Sumber lain menyebut nama kecamatan ini yaitu Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan sesungguhnya dengan pulau Wetar, pulau Roma, dan pulau Damar.

Dalam rangka sensus penduduk tahun 1930, masyarakat pulau-pulau tersebut di atas dikelompokkan menjadi kelompok kepulauan Barat Daya bareng dengan sejumlah penduduk pulau yang lain lagi (penduduk pulau Leti, Lakor, Luang, Sermata).

Keseluruhan warga golongan Kepulauan Barat-Daya itu pada tahun tersebut merupakan 39.500 jiwa. Kini keempat pulau yang disebut terakhir merupakan tempat Kecamatan Serwaru dengan jumlah penduduk 14.757 jiwa pada tahun 1986.

Orang Kisar mempunyai bahasa sendiri yaitu bahasa Kisar. Sumber tertentu mengemukakan bahwa penutur bahasa Kisar tidak hanya penduduk pulau Kisar, tetapi juga anggota penduduk beberapa pulau lain di sekitarnya.

Pulau Kisar memang merupakan pulau yang relatif kecil ketimbang beberapa pulau sekitarnya seperti pulau Wetar. Jumlah penutur bahasa Kisar belum dimengerti karena belum ditemukan sumber data perihal hal itu. Sebagai gambarann mampu dilihat dimana penduduk Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan pada tahun 1986 berjumlah 20.903 jiwa. Penutur bahasa Kisar termasuk dalam jumlah tersebut di Kecamatan itu. Bahasa Kisar tergolong pula selaku salah satu dari 10 bahasa di Maluku dalam golongan yang disebut bahasa Siwalema.

Dalam sistem hubungan orang Kisar menawan garis keturunan secara patrilineal, artinya menawan garis keturunan pada pihak ayah atau pria. Orang Kisar diketahui dengan kehalusan hasil kerajinan tenunnya. Kain tenun itu dibarengi dengan motif-motif hiasan yang indah. Mereka juga pernah memiliki patung penjaga yang yang dibuat dari kerikil padas. Patung itu lazimnya diletakkan di batas pekarangan atau kebun untuk mempertahankan hadirnya gangguan.

Sumbеr : Enѕіklореdі Suku Bаngѕа Dі Indоnеѕіа оlеh M. Junuѕ Mеlаlаtоа

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain