Biografi Ravi Shankar - Musisi Dan Komposer India, Pemain Sitar

 seorang musisi dan komposer India yang terkenal karena kepiawaiannya memainkan sitar pada Biografi Ravi Shankar - Musisi dan Komposer India, Pemain Sitar
Ravi Shankar namanya sering didahului dengan Pandit, seorang musisi dan komposer India yg terkenal karena kepiawaiannya memainkan sitar pada paruh kedua abad ke-20. Pandit Ravi Shankar dikenal sebagai salah satu komposer terbaik musik klasik Hindustani

Shankar lahir dengan nama Robindro Shaunkor Chowdhury pada 7 April 1920 di Varanasi, British India, dari keluarga Bengali, sebagai anak bungsu dari tujuh bersaudara. Ayahnya, Shyam Shankar, adalah Temple Tengah pengacara dan sarjana dari East Bengal (sekarang Bangladesh ). Shyam menikah dengan Shankar ibu Hemangini Devi yang berasal dari sebuah desa kecil bernama Nasrathpur di Mardah blok kabupaten Ghazipur, dekat Benares, dan ayahnya adalah seorang tuan tanah yg makmur. Shyam kemudian bekerja sebagai pengacara di London, Inggris, dan di sana ia menikah untuk kedua kalinya sementara Devi mengangkat Shankar di Varanasi, dan tidak memenuhi anaknya sampai ia berusia delapan tahun. Shankar memiliki enam saudara kandung, cuma empat di antaranya hidup masa dulu: Uday, Rajendra, Debendra dan Bhupendra. Shankar menghadiri Sekolah Tinggi Bengalitola di Benares antara tahun 1927 dan 1928.

Pada usia sepuluh, setelah menghabiskan satu dekade pertama di Varanasi, Shankar pergi ke Paris dengan kelompok tari dari saudaranya, koreografer Uday Shankar. Pada usia 13 ia telah menjadi anggota kelompok, didampingi anggotanya tur dan belajar menari dan memainkan berbagai instrumen India. kelompok tari Uday ini sedang tur Eropa dan Amerika Perkumpulan pada awal hingga pertengahan 1930-an dan Shankar belajar bahasa Prancis, menemukan Western musik klasik, jazz, bioskop dan berkenalan dengan adat Barat. Shankar mendengar musisi memimpin buat Maihar pengadilan, Allauddin Khan, pada bulan Desember 1934 di sebuah konferensi musik di Kolkata dan Uday yakin Maharaja Maihar pada tahun 1935 bagi memungkinkan Khan menjadi penyanyi solo kelompoknya untuk tur Eropa. Shankar dilatih oleh Khan tur, dan Khan menawarkan pelatihan Shankar bagi menjadi seorang musisi yg serius di bawah kondisi bahwa ia meninggalkan tur dan datang ke Maihar.

Ravi Shankar dikenal dan dikenang sebagai seorang seniman musik yg karya rintisannya membawa kekuatan dan pesona musik klasik tradisi India ke dunia Barat. Ravi pernah bekerjasama dengan grup band The Beatles terutama George Harisson. Ketika masih taraf belajar, Ravi Shankar pernah menjadi murid dari Allauddin Khan (pelopor sekolah musik klasik India, Maihar gharana), yang ternama di India.

Karir Ravi Shankar secara internasional sebelumnya diakui sebagai yg terlama (enam dekade). Hal ini membuat Pandit Ravi Shankar mendapat pengakuan dari Rekor Guinness sebagai pemegang karier internasional terlama.

Beberapa Film dan lagu yang pernah menghiasi karyanya seperti Monterey Pop, Double Trouble, The Song of The Little Road, Vandanaa Trayee, Concerto for Sitar & Orchestra, dan masih banyak lagi.

Shankar adalah seorang Hindu dan selama hidupnya menjadi seorang vegetarian. Dia mengenakan cincin berlian besar yg katanya "diwujudkan" oleh Sathya Sai Baba. Ia tinggal dengan Sukanya di Encinitas, California.

Shankar melakukan konser terakhirnya, dengan putri Anoushka, pada tanggal 4 November 2012 di Teater Terrace di Long Beach, California. Shankar / Robindro Shaunkor Chowdhury meninggal pada 7 April 1920 - 11 Desember 2012.

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Ravi_Shankar

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain