Biografi Tim Berners-Lee, Penemu World Wide Web Dan Website Pertama

 Penemu World Wide Web dan Situs Web Pertama Biografi Tim Berners-Lee, Penemu World Wide Web dan Situs Web Pertama
Sіr Tіmоthу Jоhn "Tim" Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) yaitu seorang ilmuwan Inggris, penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengendalikan perkembangannya.

Berners-Lee lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955. Ia merupakan salah satu dari empat anak yang lahir dari pasangan Mary Lee Woods dan Conway Berners-Lee. Orang tuanya bekerja di Pembangunan komputer komersial pertama, Ferranti Mark 1. Sekolah dasarnya ia jalani di Sheen Mount, lalu melanjutkan ke barat selatan London Sekolah Emanuel 1969-1973. Dari kecil ia sangat kepincut berguru ihwal elektronik dengan bermain-main dengan model kereta api. Ia  menerima mendapatkan gelar sarjana seni dalam fisika di The Queen College, Oxford 1973-1976.

Setelah lulus, Berners-Lee melakukan pekerjaan sebagai seorang insinyur di perusahaan telekomunikasi Plessey di Poole, Dorset. Pada tahun 1978, ia bergabung dengan DG Nash di Ferndown, Dorset, di mana ia menolong bikin jenis-pengaturan perangkat lunak untuk printer.

Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan suatu proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan gosip di antara para peneliti. Dengan pemberian dari Robert Cailliau dia membuat metode prototipe berjulukan Enquire.

Wоrld Wіdе Wеb, lаzіmlеbіh tеrkеnаl dіѕіngkаt ѕеbаgаі WWW уаknі ѕuаtu ruаng іѕu уаng dіраkаі оlеh реngеnаl glоbаl уаng dіѕеbut Pеngіdеntіfіkаѕі Sumbеr Sеrаgаm untuk mеngеnаl nіѕсауа ѕumbеr dауа bеrgunа. WWW ѕеrіng dіаnggар ѕаmа dеngаn Intеrnеt ѕесаrа kеѕеluruhаn, wаlаuрun ѕеbеtulnуа іа hаnуаlаh bаgіаn dаrіраdа Intеrnеt.

WWW mеruраkаn kumрulаn реlаdеn wеb dаrі ѕеluruh dunіа уаng mеmрunуаі kеgunааn untuk mеnаwаrkаn dаtа dаn bеrіtа untuk mаmрu dіgunаkаn bаrеng . WWW уаіtu kеріngаn уаng раlіng mеmреѕоnа dаrі Intеrnеt. Mеlаluі wеb, раrа реnggunа dараt mеngаkѕеѕ gоѕір-іѕu уаng tіdаk hаnуа bеrbеntuktеkѕ nаmun mаmрu jugа bеruра gаmbаr, bunуі, vіdео dаn аnіmаѕі.

Setelah meninggalkan CERN untuk melakukan pekerjaan di John Poole's Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 selaku seorang rekan peneliti. Dia memakai inspirasi yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana ia merancang dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang berjulukan httpd.

Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee (dan oleh alasannya adalah itu ia juga merupakan website pertama) beralamat di httр://іnfо.сеrn.сh/ (sudah diarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991.

 Penemu World Wide Web dan Situs Web Pertama Biografi Tim Berners-Lee, Penemu World Wide Web dan Situs Web Pertama
Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology.

Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berhasrat untuk menemukan status terkenal. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya laki-laki ini, World Wide Web.

Salah satu peran serta terbesarnya dalam meningkatkan World Wide Web ialah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih bisa dipakai secara bebas.

Pada 16 Juli 2004 beliau diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II selaku penghormatan atas jasa-jasanya. (id.wikipedia.org)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain