Ernő Rubik - Penemu Kubus Rubik

 pematung dan profesor arsitektur dari dari Hongaria Ernő Rubik - Penemu Kubus RubikErnő Rubik ialah seorang penemu, pematung dan profesor arsitektur dari dari Hongaria. Ia dikenali luas selaku penemu mainan teka-teki mekanis mirip kubus Rubik, Rubik's Magic, Rubik's Snake dan Rubik's 360.

Ernő Rubik lahir di Budapest, Hongaria, pada 13 Juli 1944. Ayahnya, Ernő Rubik Sr. yaitu seorang insinyur penerbangan di pabrik pesawat Esztergom. Ibunya, Magdolna Szántó, yakni seorang penyair.


Pеndіdіkаn

Dari tahun 1958 - 1962, Rubik mengenyam pendidikan mematung di Sekolah Menengah Seni dan Seni Terapan. Dari tahun 1962 hingga 1967, Rubik ia melanjutkan ke Budapest University of Technology, di sana ia menjadi anggota dari Arsitektur Fakultas. Dari tahun 1967 hingga 1971, Rubik menghadiri Hungaria Academy of Applied Arts dan berada di Fakultas Arsitektur Interior dan Desain.

Rubik menganggap universitas dan pendidikan itu diberikan kepadanya selaku event yang memilih yang membentuk hidupnya. Rubik sudah menyatakan bahwa, "Sekolah memberikan potensi untuk memperoleh wawasan mata pelajaran atau lebih tepatnya kerajinan yang membutuhkan banyak latihan, ketabahan dan keteguhan dengan arah mentor."


Kаrіr

Dari tahun 1971 hingga 1979, Rubik yakni seorang profesor arsitektur di Budapest College of Applied Arts (Iparművészeti Főiskola). Selama di sana ia membangun desain untuk teka-teki tiga-dimensi dan menuntaskan prototipe pertama dari Kubus Rubik pada tahun 1974, mengajukan undangan paten pada teka-teki pada tahun 1975.


Kubuѕ Rubіk

Berawal dengan balok kayu dan karet band, Rubik membuat struktur yang akan memungkinkan potongan individu untuk bergerak tanpa merubah struktur menjadi acak-acakan. Awalnya rubik memakai kayu untuk blok alasannya adalah ketentraman, selain itu ia juga menyaksikan kayu selaku materi sederhana yang mampu dibuat tanpa memerlukan mesin canggih. Rubik membuat prototipe asli dari kubusnya dengan tangan, memotong kayu, bikin lubang dan menggunakan karet gelang untuk mengikat peralatannya.

Rubik menunjukkan prototipe di kelas dan murid-muridnya sungguh menyukainya.  Rubik kemudian mencari produsen di Hungaria, namun memiliki kesulitan besar karena kondisi ekonomi yang tidak menentu pada ketika itu. Akhirnya, Rubik bisa memperoleh suatu perusahaan kecil yang bekerja dengan plastik dan bikin buah catur. Kubus ini awalnya dikenali di Hungaria sebagai 'Magic Cube'.

Rubik berlisensi Magic Cube untuk Ideal Toys , suatu perusahaan yang berbasis di New York, yang pada tahun 1979 mengganti namanya menjadi The Magic Cube dengan Rubik Cube sebelum diperkenalkan terhadap audiens internasional pada tahun 1980.
Kubuѕ Rubіk іаlаh ѕеbuаh реrmаіnаn tеkа-tеkі mеkаnіk уаng dіtеmukаn раdа tаhun 1974 оlеh реmаhаt dаn рrоfеѕоr аrѕіtеktur Hungаrіа, Ernő Rubіk. Kubuѕ іnі tеrbuаt dаrі рlаѕtіk dаn tеrdіrі аtаѕ 27 ѕеrріhаn kесіl уаng bеrрutаr раdа роrоѕ уаng tеrlіhаt. Sеtіар ѕеgі dаrі kubuѕ іnі mеmрunуаі ѕеmbіlаn реrmukааn уаng tеrdіrі dаrі еnаm wаrnа уаng bеrbеdа. Kеtіkа dіtuntаѕkаn/tеrресаhkаn, ѕеtіар ѕіѕі dаrі kubuѕ іnі mеmрunуаі ѕаtu wаrnа dаn wаrnа уаng bеrlаіnаn dеngаn ѕеgі уаng lаіn.
Kubuѕ іnі dіbuаt kеmbаlі dаn dіраѕаrkаn dі tеmраt еrора раdа Mеі 1980. Rubіk tеrсаtаt ѕеlаku mаіnаn уаng раlіng bаnуаk tеrjuаl dі dunіа, dеngаn ѕеkіtаr 300 jutа kubuѕ Rubіk, tеrgоlоng іmіtаѕіnуа.

Pеnеmuаn уаng lаіn

Selain Cube Rubik, Rubik juga sukses memperoleh Rubik Magic, Rubik Magic (edisi Guru), Rubik Snake, Rubik Tangle dan Rubik 360


Pеnеmuаn dаn реngеmbаngаn

 pematung dan profesor arsitektur dari dari Hongaria Ernő Rubik - Penemu Kubus RubikSеbеlum dіtеmukаn, 

Pada bulan Maret 1970, Larry Nichols membuat 2 × 2 × 2 Puzzle dengan Bagian yang mampu diputar dan mengajukan seruan paten di Kanada untuk penemuan itu. Kubus itu disatukan dengan magnet. Nichols diberikan mendapatkan hak patennya pada tanggal 11 April 1972, dua tahun sebelum Rubik mendapatkan kubusnya.

Pada tanggal 9 April 1970, Frank Fox menerapkan patennya "Spherical 3 × 3 × 3". Dia mendapatkan patennya di Inggris pada tanggal 16 Januari 1974.

Pеnеmuаn, 

Pada pertengahan 1970-an, Ernő Rubik bekerja di Departemen Desain Interior di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest. Kubus digunakannya selaku alat pengajaran untuk menolong murid-muridnya mengetahui objek 3D, tujuan yang sebetulnya yaitu memecahkan duduk perkara struktural pada cuilan-penggalan yang bisa berdiri diatas kaki sendiri tanpa prosedur yang mengakibatkan seluruh bagiannya awut-awutan. Dia tidak mengira bahwa ia sudah menciptakan teka-teki hingga ia mengacak Kubusnya untuk pertama kali dan kemudian menjajal untuk mengembalikannya ke posisi semula. Rubik memperoleh patennya di Hungaria atas penemuan "Kubus Ajaibnya" pada tahun 1975.

Percobaan bikinan pertama dihasilkan pada tahun 1977-an dan dirilis ke toko mainan Budapest. Kubus Ajaib disatukan dengan potongan-potongan plastik yang mencegahnya gampang terpisah, tidak mirip magnet dalam rancangan Nichols. Pada bulan September 1979, komitmen ditandatangani dengan "Ideal Toys" untuk menjinjing Kubus Ajaib ke luar negeri yang sempat di pamerkan pada festival mainan di London, Paris, Nuremberg, dan New York.

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain