Henry Maudslay - Penemu Mesin Bubut

 adalah seorang inovator alat mesin dan penemu dari Inggris Henry Maudslay - Penemu Mesin Bubut
Hеnrу Mаudѕlау merupakan seorang inovator alat mesin dan penemu dari Inggris. Dia dianggap sebagai bapak pendiri teknologi perlengkapan mesin.

Henry Maudslay lahir 22 Agustus 1771. Ia merupakan anak kelima dari tujuh bersaudara. ayahnya, Henry Maudslay, seeorang tukang roda di Royal Engineers, dan ibunya, Margaret (nee Laundy) seorang janda muda.

Maudslay mulai bekerja pada usia 12 sebagai "bubuk simpanse", salah satu anak laki-laki yang bekerja dalam mengisi cartridge di Arsenal. Setelah dua tahun, ia dipindahkan ke sebuah toko tukang kayu diikuti oleh bengkel cendekia besi, di mana pada usia lima belas ia mulai berlatih sebagai pintar besi. Dia tampaknya memiliki keutamaan dalam pekerjaan menempa. Selama waktunya di Arsenal, Maudslay juga bekerja di Royal Foundry, di mana Jan Verbruggen sudah memasang mesin bor horisontal kreatif pada tahun 1772.


Mеѕіn bubut реmbuаt ѕеkruр 

Maudslay menyebarkan industri mesin bubut pembuat sekrup pertamakali pada tahun 1800, yang memungkinkan standarisasi ukuran ulir sekrup untuk pertama kalinya.

Pada tahun 1797, Henry Mauldslay mendesain dan membuat mesin bubut yang disebut selaku screw cutting lathe, salah satu karyanya yang meningkat di Negara kepingan New England. Waktu itu, Amerika Serikat masih mengalami kendala yang sungguh ketat dengan undang-undang negeri Inggris yang melarang ekspor mesin-mesin ke luar negeri. Sementara undang-undang ini merupakan penghambat untuk beberapa waktu tapi tidak mengkonsumsi waktu terlalu lama bagi bangsa Amerika yang bersifat revolusioner untuk memperlihatkan modal pada kemajuan mesin bubut Maudslay. Dan dibuatlah mesin-mesin bubut yang sama dengan bed-bed mesin dari kayu dan alurnya yang dibuat dari besi.

 adalah seorang inovator alat mesin dan penemu dari Inggris Henry Maudslay - Penemu Mesin Bubut
Mеѕіn реmоtоng ѕеkruр реrtаmа Mаudѕlау.  Mеѕіn dаrі ѕеkіtаr tаhun 1797 ѕааt bеkеrjа untuk Jоѕерh Brаmаh, dаn 1800 dі bіѕnіѕ ѕеndіrі.
Mеѕіn Bubut уаknі suatu Mesin perkakas yang dipakai untuk memangkas benda yang diputar. Bubut sendiri merupakan sebuah proses pemakanan benda kerja yang sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda kerja. Gerakan putar dari benda kerja disebut gerak potong relatif dan gerakkan translasi dari pahat disebut gerak umpan.

Dengan menertibkan perbandingan kecepatan rotasi benda kerja dan kecepatan translasi pahat maka akan diperoleh berbagai macam ulir dengan ukuran kisar yang berbeda. Hal ini mampu dilakukan dengan jalan menukar roda gigi translasi yang menghubungkan poros spindel dengan poros ulir.

Roda gigi penukar disediakan secara khusus untuk menyanggupi kebutuhan pengerjaan ulir. Jumlah gigi pada masing-masing roda gigi penukar bermacam-macam besarnya mulai dari jumlah 15 sampai dengan jumlah gigi maksimum 127. Roda gigi penukar dengan jumlah 127 memiliki kekhususan karena digunakan untuk konversi dari ulir metrik ke ulir inci.


Prіnѕір kеrjа Mеѕіn bubut

Poros spindel akan memutar benda kerja lewat piringan pembawa sehingga memutar roda gigi pada poros spindel. Melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang menenteng pahat. Akibatnya pada benda kerja akan terjadi sayatan yang berbentuk ulir.


Bаgіаn-роtоngаn mеѕіn bubut

Mesin bubut berisikan meja dan kepala tetap. Di dalam kepala tetap terdapat roda-roda gigi transmisi penukar putaran yang hendak memutar poros spindel. Poros spindel akan memutar benda kerja melalui cekal. Eretan utama akan bergerak sepanjang meja sambil membawa eretan lintang dan eretan atas dan dudukan pahat. Sumber utama dari semua gerakkan tersebut berasal dari motor listrik untuk memutar pulley lewat sabuk.


Jеnіѕ-jеnіѕ Mеѕіn Bubut
  • Mеѕіn Bubut Unіvеrѕаl
  • Mеѕіn Bubut Khuѕuѕ
  • Mеѕіn Bubut Kоnvеnѕіоnаl
  • Mеѕіn Bubut dеngаn Kоmрutеr (CNC)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain