Biografi Frankie Manning Pendiri Lindy Hop

Biografi Frankie Manning Pendiri Lindy Hop Biografi Frankie Manning Pendiri Lindy Hop
Frankie Manning adalah seorang  penari, koreografer dan pelatih tari beken Amerika yang dianggap sebagai salah satu pelopor Lindy Hop. Lindy Hop merupakan salah satu komunitas tari Amerika Perkumpulan yg pertama kali diperkenalkan di Harlem, New York bersamaan dengan menjamurnya musik Jazz. Lindy Hop menjadi begitu populer pada era musik Swing tahun 1930-1940.

Frankie Manning mewariskan Landy Hop dan tahun 2009, dia masuk dalam daftar National Museum of Dance's Mr. & Mrs. Cornelius Vanderbilt Whitney Hall of Fame. Nama Frankie Manning juga diabadikan pada sebuah jalan dan Sanggar Tari Frankie Manning.

Frankie Manning lahir di Jacksonville, Florida pada 26 Mei 1914. Bersama ibunya (yang seorang penari) dia pindah ke Harlem pada usia tiga tahun, setelah dia dan ayahnya berpisah. Sejak kecil Frankie Manning telah gemar menari. Terlebih lagi setelah ayahnya berpisah dengan sang ibu, kegemaran Frankie Manning menari semakin menjadi-jadi. Hal itu kemudian diakuinya sebagai salah satu cara Frankie Manning buat menghibur dirinya dan sang ibu.

Sekitar tahun 1935, Frankie Manning memulai karirnya sebagai penari. Ballroom Hotel Savoy yg terletak di kota Harlem menjadi saksi awal terjunnya Frankie Manning dalam dunia tari. Apalagi saat itu, di kota Harlem melakukan demam Lindy Hop. Frankie Manning membentuk sebuah ensembel Landy Hop dimana dirinya bertindak sebagai pelatih dan koreografer. Pada kesempatan itu, Frankie Manning berdansa bersama salah seorang penari top Amerika, kebiasaan Miller.

Meski Frankie menjadi seorang penari profesional, namun ia mengaku bahwa sebetulnya dia tak pernah bercita-cita bagi jadi seorang penari, pelatih tari atau koreografer. Ia menyatakan ia menari hanya karena dirinya suka menari.Pada tahun 1994, saat merayakan ulang tahunnya yg ke-80, Frankie Manning menggelar sebuah pertunjukan tari bersama para penari serta koreografer dari seluruh dunia dan seluruh tiketnya laris terjual. Bahkan sepatu yg dikenakanya saat menari jadi buruan banyak orang.

Setelah tarian ayunan dan kebangkitan Lindy Hop memegang selama akhir 1980-an, Manning mengajarkan Lindy Hop untuk ke semua dunia, kadang-kadang muncul dengan kebiasaan Miller. Kadang-sering kembali ke lokakarya tari ke dua  tempat. Misalnya, Frankie pertama kali mengunjungi Melbourne, Australia pada tahun 1939 bagi tampil di Princess Theatre. Swing revival (ayunan kebangkitan) dan Patroli swing Melbourne, membawanya kembali lagi pada tahun 2002; itu adalah kunjungan pertamanya ke Melbourne di usia 63 tahun.

Pada usia 75 tahun, Manning co-koreografer  Broadway musical Black and Blue, menerima Tony Award 1989. Pada tahun 2000, ia dianugerahi National Endowment for the Arts National Heritage Fellowship.

Frankie Manning meninggal dalam usia 94 tahun tanggal 27 April 2009 di Manhattan, Amerika Perkumpulan. Ia dikebumikan di Plot Hillcrest di Woodlawn Cemetery di Bronx, NY.

Biografi Frankie Manning Pendiri Lindy Hop Biografi Frankie Manning Pendiri Lindy Hop
Google memperingati ulang tahun Frankie Manning yang ke-102
Pada hari hari ini Kamis, 26/5/2016 google memasang doodle Frankie Manning di halaman pertamanya. Hal itu dikerjakan Google bagi memperingati ulang tahun Frankie Manning yg ke-102 sebagai penghormatan atas jasa dan prestasinya di dunia tari.


Biodata Frankie Manning:
  • Lahir: 26 Mei 1914 Jacksonville, Florida, USA
  • Meninggal: April 27, 2009 (umur 94) Manhattan, New York City, Amerika Perkumpulan
  • Nama lain: Frank Manning, "Muscle head" Manning ("Kepala Muscle" Manning)
  • Pekerjaan: Koreografer, penari
  • Anak-anak: Chazz Muda Marion Manning Frankie Manning Jr.
  • Situs web: http://www.frankiemanning.com

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Frankie_Manning

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain