Biografi Jane Jacobs - Penulis The Death And Life Of Great American Cities

 Penulis The Death and Life of Great American Cities Biografi Jane Jacobs - Penulis The Death and Life of Great American Cities
Jane Jacobs CC OOnt adalah seorang wartawan Amerika-Kanada, penulis , dan aktivis terkenal karena pengaruhnya pada studi perkotaan. Buku yg ia tulis yang berpengaruh adalh The Death and Life of Great American Cities (1961), yang berpendapat bahwa pembaharuan perkotaan tak menghormati  yg paling dibutuhkan penduduk kota. Buku ini juga memperkenalkan konsep-konsep sosiologi seperti "eyes on the street" and " social capital ".

Jane Jacobs lahir pada 4 Mei 1916 di Scranton, Pennsylvania, Amerika dari pasangan John Decker Butzner dan Bess Robison Butzner. Pendidikan formal Jane Jacobs diraih di Columbia University. Selain jurnalis Ia juga adalah seorang aktivis. Ia berjuang memperbaiki nasib kaum urban yg sering mengalami tekanan dan terpinggirkan akibat kemajuan industri. Rockefeller Foundation menghadiahkan penghargaan khusus kepada siapa saja yg berjasa dalam desain urban dengan memakai namanya yakni Jacobs Medal.


Kisah kepahlawanan

Kisah kepahlawanannya dimulai ketika ia memperjuangkan lingkungan tempat tinggalnya Greenwich Village agar tak diubah oleh pengembang.

Antara tahun 1950 sampai 960-an, di lingkungan tempat ia tinggal mulai diubah oleh Robert Moses bagi pembaruan llingkungan perkotaan, perluasan New York Univercity dan pembangunan jalan bebas hambatan yang disebut dengan Lower Manhattan Expressway (LOMEX). Pembangunan ini mengakibatkan beberapa blok dari Greenwich Village harus dihancurkan, termasuk 132 keluarga harus keluar dari lingkungan tempat tinggal mereka. Selain itu, hal ini juga mengakibatkan 1.000 usaha kecil harus mengungsikan usahanya.

Disinilah peran Jacobs dimulai, dengan memimpin sebuah komite yg diberi nama Joint Committee to Stop the Lower Manhattan Expressway (Komite Bersama untuk Menghentikan Lower Manhattan Expressway) memperjuangkan agar rencana pembangunan jalan tol ini tak dilanjutkan.

Meski berhasil di tahun 1958, namun rencana pembangunan LOMEX berkali-kali selalu berjalan, terutama di tahun 1962, 1965, dan 1968, sampai ia harus berada dibalik jeruji besi pada 10 April 1968 lantaran dituduh menghasut kerusuhan, kejahatan kriminal dan menghalangi administrasi publik. Kisah  heroiknya itu membuatnya menjadi pahlawan lokal di Greenwich Village.

Jane Jacobs kini disebut sebagai salah satu tokoh yg berjasa atas pemikiran khususnya tentang masyarakat urban di New York. Ia juga menghasilkan karya tulis monumental, diantaranya The Nature of Economies, Dark Age Ahead, Cities and the Wealth of Nations dan paling banyak dibaca Systems of Survival, buku yang secara membahas relativitas moral yg terjadi dalam masyarakat urban. Jane Jacobs bahkan menyebutnya sebagai Sindrom Moral, sebuah situasi dimana orang-orang suka menggunakan standar ganda dalam menilai perilaku manusia.

Jane Jacobs dikenal sebagai salah satu perempuan berpengaruh dalam sejarah Amerika dan dunia. Ia meninggal pada 25 April 2006, di Toronto, Kanada. Ulang tahun ke-100 Jane Jacob dirayakan Google Doodle pada Rabu, 4 Mei 2016.


Profil & BIodata Jane Jacobs:
  • Lahir: 4 Mei 1916, Scranton, Pennsylvania, Amerika
  • Meninggal: 25 April 2006, Toronto, Kanada
  • Pendidikan: Universitas Columbia
  • Orang tua: John Decker Butzner, Bess Robison Butzner
  • Nominasi: Penghargaan Buku Nasional untuk Non-Fiksi

Ref:

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain