Biografi Rosario Castellanos - Penyair & Penulis Meksiko

 adalah seorang penyair dan penulis Meksiko Biografi Rosario Castellanos - Penyair & Penulis Meksiko
Rosario Castellanos dalam peringatan hari ulang tahun ke-91, oleh Google Doodle
Rosario Castellanos Figueroa (pengucapan Spanyol: [rosaɾjo kasteʝanos]) adalah seorang penyair dan penulis Meksiko. Dia adalah salah satu sastrawati paling penting di Meksiko pada abad terakhir. Sepanjang hidupnya, ia banyak menulis mengenai isu-isu penindasan budaya dan macam kelam!n, dan karyanya sudah mempengaruhi teori feminis dan studi budaya. Meskipun dia mati muda, ia membuka pintu literatur Meksiko bagi perempuan, dan meninggalkan warisan yg masih bergema hingga saat ini.

Rosario Castellanos lahir pada 25 Mei 1925 di Mexico City, Meksiko. Rosario Castellanos mulai menulis puisi pada tahun 1940. Awalnya, ia berusaha menyenangkan orangtuanya dengan belajar hukum, tapi malah meninggalkan ilmu tersebut.

Pada tahun 1950, Rosario Castellanos mendapat gelar Master di bidang filosofi dari Universidad Nacional de Mexico. Tesisnya yg berjudul Sobre Cultura Femenina menjadi salah satu pemacu gerakan wanita di Meksiko kala itu.

Sepanjang karirnya, Rosario Castellanos menulis beberapa seri puisi, novel, cerita pendek, dan juga essay. Kebanyakan karyanya mengeksplorasi kehidupan sebagai wanita dan menjadi seorang Meksiko.

Salah sesuatu karyanya yang paling terkenal adalah Ciudad Real, yg berisikan potret kehidupan warga Chamula, Meksiko. Untuk menulis karyanya yg satu ini, Rosario Castellanos mewawancarai doktor dan antropolog yg berjuang menyelesaikan masalah di tempat itu.

Beberapa karya Rosario Castellanos yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris adalah Trayectoria del polvo, Looking at the Mona Lisa, Ciudad Real, dan Balun Canan.

Pada bulan Agustus 1974 7, Castellanos meninggal di Tel Aviv karena kecelakaan yg terkait dengan listrik. Beberapa orang berspekulasi bahwa kecelakaan itu sebenarnya akibat bunuh diri. Penulis Meksiko Martha Cerda, misalnya, menulis kepada wartawan Lucina kathmann, "Saya yakin dia sedang bunuh diri, meskipun dia telah merasa dia telah mati bagi dua waktu.". Namun tak ada bukti bagi mendukung klaim seperti itu.

Pada 25 Mei 2016, Google menampilkan gambar  Rosario Castellanos di halaman depannya sebagai peringatan hari lahir  Rosario Castellanos ke-91.


Biodata Rosario Castellanos:
  • lahir: 25 Mei 1925 Mexico City, Meksiko
  • Meninggal : 7 Agustus 1974 Tel Aviv, Israel
  • Pekerjaan: Penyair dan penulis
  • Bahasa: Spanyol
  • Kebangsaan: Meksiko
  • pendidikan: Universitas Otonomi Nasional Meksiko
  • gerakan sastra: Generasi 1950

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain