Daftar Nama-Nama Pahlawan Dari Kalimantan Barat

Pintu masuk makam Raden Temenggung Setia Pahlawan Daftar Nama-nama Pahlawan Dari Kalimantan Barat
Pintu masuk makam Raden Temenggung Setia Pahlawan
Setiap tanggal 10 November Indonesia merayakan hari pahlawan, ketika itu pula biasanya presiden Indonesia mengumumkan nama pahlawan baru yang sebelumnya sudah diusulkan dari masing-masing daerah.

Namun hingga tulisan ini dibuat hanya sesuatu nama saja yg memperoleh gelar "Pahlawan nasional" yakni Abdul Kadir Gelar Raden Temenggung Setia Pahlawan, padahal kami yakin kalo di Kalbar ini masih banyak nama-nama pahlawan yang ikut berperan dan tak tertulis.

Berikut ini kita sajikan daftar nama-nama pahlawan asal dari Provinsi Kalimantan Barat:

Keterangan: Klik nama Pahlawan bagi mengetahui Profil, Biodata, serta Biografi lengkapnya.

Abdul Kadir Gelar Raden Temenggung Setia Pahlawan, (lahir di Sintang pada tahun 1771 dan meninggal dunia di Tanjung Suka Dua, Melawi pada tahun 1875). Beliau adalah seorang pahlawan nasional Indonesia dari Melawi. Beliau diangkat sebagai pahlawan pada Tahun 1999 melalui Surat Keputusan Presiden nomor 114/TK/1999 tanggal 13-10-1999.

Ir. H. Pangeran Muhammad Noor (lahir di Martapura, Hindia Belanda, 24 Juni 1901 – meninggal di Jakarta, 15 Januari 1979 pada umur 77 tahun) adalah mantan Menteri Pekerjaan Umum dan gubernur Kalimantan pada 1901. Keputusan Presiden Nomor 123/TK/2018.

Aliayang - Beliau yaitu pahlawan asal Sintang. Lahir pada 20 Oktober 1920 di desa Nanga Menantak, Ambalau Sintang dan meninggal pada 7 April 1970. Beliau dimakamkan  di Makam Pahlawan Bambu Runcing, Kota Singkawang. Nama beliau diabadikan pada nama Jalan Alianyang, Pontianak.

Bardan Nadi - Beliau salah seorang pahlawan asal Ngabang. Memiliki nama asli Sutrisno Sastrokusumo lahir di Magelang Jawa Tengah pada tahun 1912 dan meninggal dunia pada 17 April 1947. Nama beliau juga diabadikan pada nama jalan di Kota Pontianak.

J.C. Oevaang Oeray - Beliau salah seorang tokoh pejuang dari Kapuas Hulu. Beliau lahir pada 18 Agustus tahun 1922 di Tanjung Kuda, desa Melapi I, Kabupaten Kapuas Hulu dan meninggal dunia pada 17 Juli 1986 di Sungai Jawi Pontianak.  Nama beliau diabadikan pada salah satu tempat olah raga di Pontianak.

Mr. Hamid Al-Qadri atau nama lengkapnya Syarif Abdul Hamid Al-Qadri - dikenal sebagai Sultan Hamid II. Beliau yaitu sesuatu diantara sultan di kesultanan Pontianak. Beliau lahir di Pontianak pada 12 Juli tahun 1913 dan meninggal dunia pada 30 Maret tahun 1978 di Jakarta. Beliau juga pencetus lambang negara Indonesia yg saat ini digunakan yaitu Burung Garuda. Nama beliau diabadikan pada nama Jalan di Kota Pontianak yaitu Jalan Sultan Hamid II.

Pangsuma - Pang Suma salah seorang pejuang dari suku Dayak yang tinggal di Dusun Nek Bindang di tepian Sungai Kapuas Desa Baru Lombak Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau. Nama beliau diabadikan pada Gedung Olah Raga Pontianak, GOR Pangsuma.

Rahadi Oesman (lahir, 1 Agustus tahun 1925 di Pontianak dan meninggal dunia pada 7 Desember tahun 1945 di daerah Sungai Besar, Kabupaten Ketapang). Beliau meninggal akibat tertembak oleh pasukan Belanda dalam pertempuran di Sungai Besar Ketapang. Kini nama beliau juga diabdikan pada nama jalan yaitu Jalan Rahadi Oesman.

Siradj Sood - merupakan tokoh pejuang dari Kabupaten Sambas. Beliau lahir pada 27 Muharram 1320 Hijriyah di kampung Tumuk, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat dan meninggal dunia pada 23 Maret tahun 1972. Beliau dimakamkan di kampung Tumuk Kabupaten Sambas.

Selain dari 8 nama pahlawan diatas, ada 11 pahlawan yg memperoleh gelar PERINTIS PERGERAKAN KEBANGSAAN/ KEMERDEKAAN dari Menteri Sosial pada tahun 1990. Nama 11 pahlawan itu juga diabadikan pada sebuah monumen Perintis Kemerdekaan yang terletak di Jalan Ahmad Yani, di bundaran Universitas Tanjungpura Pontianak Kalimantan barat yang dikenal Tugu Digulis. Disamping itu, nama mereka juga diabadikan namanya pada salah satu jalan di Kota Pontianak.

Berikut 11 nama pahlawan tersebut:
  1. Ahmad Marzuki berasal dari Landak
  2. Ahmad Sood berasal dari Landak
  3. Djaranding Abdurahman berasal dari Kapuas Hulu
  4. Gusti Djohan Idrus berasal dari Landak
  5. Gusti Hambal berasal dari Landak
  6. Gusti Hamzah berasal dari Kerajaan Simpang
  7. Gusti Situt Mahmud berasal dari Landak
  8. Gusti Sulung Lelanang berasal dari Landak
  9. H. Rais Abdurrahman berasal dari Kota Pontianak
  10. Mohammad Sohor berasal dari Landak
  11. Sabran berasal dari Landak

Surat keterangan:
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_tokoh_Kalimantan_Barat
  • http://equatoronline.blogspot.com
  • http://kerajaansimpang.blogspot.com

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain