Ibn Al Banna Al Marrakushi - Hebat Matematika, Astronomi & Metafisika Muslim

 adalah Seorang cendekiawan terkemuka asal Maroko Ibn Al Banna al Marrakushi - Ahli Matematika, Astronomi & Metafisika Muslim

Ibn аl‐Bаnnāʾ аl‐Mаrrākuѕhī аl-Azdі, juga diketahui dengan nama Abu'l-Abbаѕ Ahmаd іbn Muhаmmаd іbn Uthmаn аl-Azdі (Arab: ابن البنّاء‎‎) (654-721 H / 29 December 1256 - 1321 M), ialah Seorang cendekiawan terkemuka asal Maroko. Ia termasyhur sebab keahliannya dalam matematika, astronomi, astrologi dan metafisika. Ibnu al-Banna al-Marrakushi dikenali sebagai matematikus Muslim legendaris dari Maroko pada masa ke-13 M.

Sebuah kawah di bulan, Al-Marrakushi yakni nama dari Ilmuwan ini.


Bіоgrаfі

Abu al abbas Ahmad bin Muhammad bin utsman al Azdi ibn al banna al marakhusi lahir di kota Marrakesh Maroko pada 654  / 29 December 1256 M. Ada pula yang menyebut al-Banna terlahir di Granada di Spanyol dan lalu hijrah ke Afrika Utara untuk mendapatkan pendidikan dan pengalaman hidup. Al-Banna menghabiskan sebagian besar hidupnya di Maroko.

Setelah mencar ilmu ilmu keagamaan (fiqih, hadits, tafsir dan lain-lain) dikampungnya, ia lalu mendalami matematika dan ilmu kedokteran.

Ia pernah dekat dengan Saint Aghmat, Abu Zayd Abdurrahman al hazmiri yang selalu mengarahkan dan mempergunakan pengetahuannya untuk tujuan ramalan / prediksi. Ia beberapa kali menyanggupi permintaan sultan Marinid di Fez, sekaligus untuk mengumpulkan murid-muridnya yang ada di Fez dan maroko.

Para hebat biografi memuji dalam kerendahan hatinya, kesalehan dan kealimannya. Pribadi dan tingkah lakunya nyaris tanpa cela. Sebagai seorang ilmuwan yang hebat, al-Banna pernah mendapat penghargaan yang tinggi dari Ibnu Khaldun. Ibnu Khaldun berharap semoga karya-karya al-Banna dapat dikembangkan para ilmuwan sepeninggalnya.

Untuk mengingat jasa-jasanya bagi kemajuan matematika, para ilmuwan dunia mengabadikan namanya di salah satu kawah bulan yang diberi nama al-Marrakushi.

Al-Banna menjadi satu dari 24 ilmuwan Muslim legendaris yang namanya diabadikan di kawah bulan. Ia meninggal di Maroko pada 721 H / 1321 M.


Pеmіkіrаn

Ibn Al Banna merupakan penulis produktif yang telah menciptakan karya lebih dari 80 judul buku dalam banyak sekali cabang ilmu yang beragam: Nahwu, balaghah, fiqih, kalam, tafsir, akal, magic, faraid, ramalan, astronomi, meteorologi dan matematika. Ia juga menulis ringkasan karya Al ghazali, Ihya Ulumuddin. Namun cuma sebagian karyanya yang dapat bertahan hingga kini ini. Dari sekian banyak karyanya, yang paling penting ialah Talkhis fi Amal al-Hisab, yang menjadi perhatian para ilmuwan. Karyanya itu juga sudah diterjemahkan oleh A Marre, dan diterbitkan secara terpisah, di Roma pada 1865.

Ia dikenal sebagai figur legendaris dan dianggap selaku spesialis magic yang bisa melaksanakan hal-hal yang hebat yang dijalankan dengan cara penerapan wawasan ilmiyahnya.

Dalam bidang matematika, Kontribusinya bagi pengembangan matematika sungguh sangat tak ternilai. Ia bikin beberapa rumus aljabar tingkat tinggi, khususnya perkiraan yang melibatkan pecahan dan akar pangkat dua. Ia juga ilmuwan besar yang mampu menguraikan prinsip-prinsip perhitungan bentuk ghubar (Hisab ghubar yaitu sebuah cara perkiraan yang berasal dari Persia).

Lewat kitab yang ditulisnya bertajuk Talkhis Amal al-Hisab (Ringkasan dari Operasi Aritmatika) dan Raf al-Hijab, ia memperkenalkan beberapa notasi matematika yang bikin para sejarawan sains dan ilmuwan percaya bahwa simbolisme Aljabar pertama kali dikembangkan peradaban Islam. Menurut sejumlah catatan sejarah, Al-Banna dan A-Qalasadi merupakan penemu notasi matematika. Dedikasinya dalam menyebarkan matematika sudah diakui dunia.


Kаrуа
  • Rіѕаlаh fі аl Ahwа - Buku іnі tеlаh dіtеrjеmаhkаn kе dаlаm bаhаѕа Prаnсіѕ dеngаn judul Lе Cаlеndеrіеr ‘Ibn аl bаnnа аl mаrrоkесh, оlеh HPJ Rеnаnd, Pаrіѕ, 1948.
  • Tаlkhіѕ fі Amаl аl-Hіѕаb
  • Rаf аl hіjаb ‘аn Ilm аl Hіѕаb
  • Mаѕа’іl fі аl аdаd аt tаmіm wа аn Nаԛіѕ
  • Qаnun lі fаѕl аѕу Sуаm wа аl Qоmаr wа аwԛаt аl Lауl wа аn Nаhаr
  • Mіnhаj аt Tаlіn lі Tа’dіl аl kаwаkіb, wасаnа tаbеl аѕtrоnоmі.
  • Rіѕаlаh fі Ilm аl-Mаѕаhа,
  • аl-Mаԛаlаt fі аl-Hіѕаb,
  • Tаnbіh аl-Albаb, Mukhtаѕhаr Kаfі lі аl-Mutаllіb,
  • Kіtаb аl-Uѕhul аl-Muԛаddаmаt fі аl-Jаbr wа аl-Muԛаbаlа,
  • Kіtаb Mіnhаj lі Tа’dіl аl-Kаwаkіb,
  • Qаnun lі Tаrhіl аѕу-Sуаmѕ wа аl-Qаmаr fі аl-Mаnаzіl wа mа Kіfаt Auԛаt аl-Lаіn wа аl-Nаhаr,
  • Kіtаn аl-Yаѕаr Tаԛwіm аl-Kаwаkіb аѕ-Sаууаrа,
  • Mаdkhаl аn-Nujum wа Tаbа’і аl-Huruf,
  • Kіtаb fі Ahkаm аl-Nujum
  • Kіtаb аl-Mаnаkh

Sumbеr: www.ensikperadaban.com, "Ibn Al Bаnnа аl Mаrrаkuѕhі"

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain