Biografi Greta Zimmer Friedman - Wanita Yang Fotonya Menjadi Ikon Berakhirnya Perang Dunia Ii (Pdii)

 Wanita yang Fotonya Menjadi Ikon Berakhirnya Perang Dunia II  Biografi Greta Zimmer Friedman - Wanita yang Fotonya Menjadi Ikon Berakhirnya Perang Dunia II (PDII)
Foto ikonik seorang suster dan seorang anggota tentara Angkatan Bahari AS berciuman pada masa Perang Global II, di Manhattan's Times Square, New York City, 14 Agustus 1945.
Greta Zimmer Friedman adalah seorang wanita yg bekerja sebagai asisten dokter gigi ia terkenal karena fotonya menjadi ikon berakhirnya Perang Global II (PDII). Dalam foto tersebut kelihatan Greta dicium oleh seorang pelaut yg tak dikenalnya yang belakangan diketahui bernama George Mendonsa dari Rhode Island.

Foto Friedman, yang saat itu mengenakan pakaian suster, menjadi ikon saat ia berciuman dengan seorang pelaut di halaman Times Square pada 14 Agustus 1945. Seorang fotografer mengabadikan foto yg menjadi simbol kemenangan Amerika Perkumpulan dan sekutu melawan pasukan Jepang. Perang berakhir setelah Jepang menyerah.

Menurut Joshua Friedman, ibunya tak pernah merasa apa yg dilakukannya pantas buat masuk sejarah Amerika. "Foto itu begitu bermakna buat banyak orang. Ibu saya terus merasa dia tak melakukan sesuatu, sesuatu yang terjadi pada dia," kata Joshua Friedman.

Foto Friedman pertama kali terbit di majalah Life. Saat itu, Friedman bekerja sebagai asisten dokter gigi. Selama bertahun-tahun orang mengira ia seorang suster disebabkan pakaian yg dikenakannya. Saat itu dia melakukan bekerja saat mendengarkan perang telah berakhir.

Kepada Veterans History Project of the Library of Congress di tahun 2005, Friedman menjelaskan setelah mendengarkan rumor perang berakhir, ia menuju lapangan Times Square yg letaknya tidak jauh dari kantornya.

"Seketika, aku dipeluk oleh seorang pelaut. Itu bukan seperti ciuman. Itu lebih pada wujud kegembiraan karena dia tidak harus kembali lagi," ujar Friedman. "Saya kemudian mengetahui bahwa dia gembira sebab tak harus kembali lagi ke Pasifik, tempat mereka baru saja melewati perang itu," jelasnya.

Setelah mencium Friedman, pelaut itu tidak memberikan namanya. Friedman kemudian kembali ke kantornya. Ternyata bosnya membatalkan seluruh janji sepanjang hari itu buat merayakan berakhirnya perang.

Belakangan identitas pelaut itu terungkap. Nama pria itu George Mendonsa dari Rhode Island.


Meninggal dunia

Greta Zimmer Friedman, wanita yang fotonya menjadi ikon berakhirnya Perang Global II (PDII), meninggal dalam usia 92 tahun. Joshua Friedman memberi kabar duka atas kematian ibunya ke NBC. Friedman, ujarnya, meninggal pada Kamis, 8 September 2016, di Virginia, Amerika Perkumpulan, setelah menderita komplikasi penyakit osteoporosis, pinggul patah, dan pneumonia.

Friedman akan dikuburkan di sebelah makam suaminya, Misha Friedman, seorang mantan jenderal infanteri Amerika yang meninggal pada 1998. Kuburan kedua pasangan ini berada di Pemakaman Nasional Arlington. (Sumber)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain