Olive Hart & Bengt Holmstrom Peraih Penghargaan Nobel Ekonomi 2016

 Bengt Holmstrom Peraih Penghargaan Nobel Ekonomi  Olive Hart & Bengt Holmstrom Peraih Penghargaan Nobel Ekonomi 2016Olive Hart adalah seorang Ekonom, Profesor dari Universitas Harvard dan Bengt Holmstrom (Ekonom) adalah profesor dari Massachusetts Institute of Technology (MIT). Mereka merupakan penerima anugerah Nobel 2016 dalam bidang ekonomi. Keduanya menang berkat mengembangkan teori kontrak.

Dilansir dari CNN, Royal Academy of Science memaparkan, teori kontrak yang dijabarkan oleh Olive dan Holmstrom berperan penting dalam kehidupan masyarakat modern saat ini. Teori kontrak merupakan persetujuan yang membentuk sebuah bisnis, keuangan, dan kebijakan publik.

Penghargaan Nobel diberikan kepada yang berkontribusi di bidang Fisika, Kimia, Sastra, Perdamaian, dan Fisiologi atau Kedokteran. Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel, diidentikan sebagai hadiah nobel, adalah penghargaan yang diberikan kepada orang yang memiliki kontribusi luar biasa di bidang Ekonomi.

Dalam penelitiannya, Holmstrom memfokuskan soal kontrak pegawai, termasuk antara CEO dan para pemegang saham.

Sementara, penelitian dari Hart menitikberatkan pada apakah penyedia layanan publik, seperti sekolah, rumah sakit, penjara, harus dimiliki secara umum atau diprivatisasi.


Profil Oliver Hart
  • Lahir: 9 Oktober 1948, London, Britania Raya
  • Buku: Firms, Contracts, and Financial Structure
  • Pendidikan: Universitas Princeton (1974), University of Warwick (1972)
  • Penghargaan: Penghargaan Nobel untuk Ilmu Ekonomi, Beasiswa Guggenheim untuk Ilmu Sosial, AS & Kanada

Profil Bengt R. Holmström
  • Lahir: 18 April 1949, Helsinki, Finlandia
  • Buku: Inside and Outside Liquidity, Design of Incentive Schemes and The New Soviet Incentive Model, A Note on Pollution Control
  • Pendidikan: Universitas Stanford, Stanford Graduate School of Business, Universitas Helsinki
  • Penasihat Akademik: Robert B. Wilson

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain