Profil Bengt R. Holmström - Ekonom Penerima Nobel Ekonomi 2016

 Design of Incentive Schemes and The New Soviet Incentive Model Profil Bengt R. Holmström - Ekonom Penerima Nobel Ekonomi 2016
Biodata Bengt Holmström
  • Lahir: 18 April 1949, Helsinki, Finlandia
  • Kebangsaan: Finnish / Finlandia
  • Buku: Inside and Outside Liquidity, Design of Incentive Schemes and The New Soviet Incentive Model, A Note on Pollution Control
  • Pendidikan: Universitas Stanford, Stanford Graduate School of Business, Universitas Helsinki
  • Penasihat Akademik: Robert B. Wilson
  • Penghargaan: Nobel Memorial Prize in Economic Sciences (2016)

Bengt R. Holmström adalah seorang pakar ekonomi (Ekonom) dan profesor di Massachusetts Institute of Technology warga negara Finlandia yang terpilih sebagai penerima Penghargaan Nobel dalam bidang Ekonomi tahun 2016 bersama Oliver Simon Hart untuk hasil kontribusi mereka tentang teori kontrak yg banyak dipakai dalam kebijaksanaan dan kontrak publik.

Teori kontrak yg dijabarkan oleh Olive dan Holmstrom berperan utama dalam kehidupan masyarakat modern saat ini. Teori kontrak yaitu persetujuan yg membentuk sebuah bisnis, keuangan, dan kebijakan publik.


Kehidupan dan karier

Holmstrom lahir di Helsinki, Finlandia, minoritas berbahasa Swedia dari Finlandia. Ia menerima gelar BS dalam matematika dan sains dari University of Helsinki, seorang Master of Science gelar dalam Riset Operasi dari Stanford University pada tahun 1975, gelar Ph.D. didapat dari Graduate School of Business di Stanford. Dia sekolah di fakultas MIT sejak tahun 1994. Sebelum itu dia menjabat sebagai profesor di Kellogg Graduate School of Management di Northwestern University (1979-1982) dan sebagai Edwin J. Beinecke Profesor Manajemen di Universitas Yale 's School of Management (1983-1994). Holmstrom terpilih sebagai Alumnus of The Year oleh University of Helsinki Ikatan Alumni tahun 2010.

Holmstrom sangat terkenal karena karyanya mengenai teori principal-agent. Lebih umum, ia sudah bekerja pada teori kontrak dan insentif terutama yg diterapkan pada teori perusahaan, tata kelola perusahaan dan bagi masalah likuiditas dalam krisis keuangan.

Holmstrom merupakan merupakan American Academy of Arts dan Ilmu, Econometric Society dan Asosiasi Keuangan Amerika, dan anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences dan Finlandia Akademi Sains dan Surat. Pada tahun 2011, ia menjabat sebagai Kepala Negara Econometric Society. Dia memegang gelar doktor kehormatan dari Stockholm School of Economics, Swedia, University of Vaasa dan Hanken School of Economics di Finlandia. Baru-baru ini ia dianugerahi Banque de France-TSE Prize 2012 Senior di bidang Ekonomi dan Keuangan Moneter, 2013 Stephen A. Ross Prize di bidang Ekonomi Keuangan dan 2013 Chicago Mercantile Exchange - MSRI Prize buat Pelaksanaan Kuantitatif Inovatif.

Holmstrom adalah anggota dari dewan direksi Nokia dari tahun 1999 sampai tahun 2012. Ia adalah anggota Dewan dari Universitas Aalto.

Pada tahun 2016, Holmstrom memenangkan Hadiah Nobel di bidang Ekonomi bersama-sama dengan Oliver Hart "atas kontribusi mereka buat kontrak teori".

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Bengt_R._Holmström

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain