Penemu Kapasitor/Kondensator - Ewald Georg Von Kleist

Kоndеnѕаtоr atau sering disebut sebagai kараѕіtоr yakni suatu alat yang mampu menyimpan energi di dalam medan listrik, dengan cara menghimpun ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Kondensator mempunyai satuan yang disebut Farad dari nama Michael Faraday. Istilah “farad” diperkenalkan oleh Josiah Latimer Clark pada tahun 1861, untuk menghormati Michael Faraday, tetapi ketika itu sebagai satuan kuantitas muatan.


Ewаld Gеоrg vоn Klеіѕt
 adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik Penemu Kapasitor/Kondensator - Ewald Georg von Kleist
Dеѕkrірѕі dаn gаmbаr dаrі реnеmuаn Klеіѕt "bоtоl Lеуdеn"

Kapasitor pertamakali diperkenalkan oleh Ewald Georg von Kleist, seorang ahli hukum dan fisikawan Jerman.

Pada 11 Oktober 1745 ia secara independen mendapatkan jar Kleistian yang mampu menyimpan listrik dalam jumlah banyak. Dia mengkomunikasikan penemuan ini kepada sekelompok ilmuwan Berlin pada tamat 1745. Penemuan tersebuit lebih dikenal selaku botol Leyden.

Ewald Georg von Kleist (alias JG von Kleist) memperoleh kesanggupan penyimpanan besar dari botol Leyden dikala mempelajari teori listrik yang menyaksikan listrik selaku cairan, dan berharap botol kaca yang sarat dengan alk0h0l akan "menangkap" cairan ini.

Tahun 1744 von Kleist menjajal untuk mengumpulkan listrik dalam sebuah botol obat kecil yang diisi dengan alk0h0l dan paku yang dimasukkan ke dalam gabus. Dia menindaklanjuti percobaan yang dikembangkan oleh Georg Matthias Bose di mana listrik telah dikirim walaupun air untuk mengatur roh beralk0h0l turun. Dia berusaha untuk membuat botol dari konduktor prima besar (diciptakan oleh Bose) ditundaatas mesin tabrakan nya.

Kleist percaya bahwa muatan listrik yang cukup besar mampu dikumpulkan dan diadakan dalam gelas yang ia tahu akan memperlihatkan kendala bagi melarikan diri dari 'cairan'. Ia mendapatkan kejutan yang signifikan dari perangkat di saat ia sengaja menjamah kuku melalui gabus sementara masih menggendong botol di tangan yang lain. Dia berhubungan dengan sejumlah peneliti listrik, tetapi tidak mengerti arti dari tangannya yang memegang botol dan korespondennya yang loth untuk memegang perangkat sewaktu diberitahu bahwa shock bisa melemparkan mereka di seberang ruangan. Butuh beberapa waktu sebelum rekan mahasiswa Kleist di Leyden melakukan pekerjaan bahwa tangan yang disediakan elemen penting.


Sеkіlаѕ іhwаl Kоndеnѕаtоr

 adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik Penemu Kapasitor/Kondensator - Ewald Georg von Kleist
Kоndеnѕаtоr/Kараѕіtоr/Cарѕіtоr
Kondensator juga dikenal selaku "kapasitor", tetapi kata "kondensator" masih dipakai sampai ketika ini. Pertama disebut oleh Alessandro Volta seorang ilmuwan Italia pada tahun 1782 (dari bahasa Itali condensatore), berkenaan dengan kemampuan alat untuk menyimpan suatu muatan listrik yang tinggi dibanding bagian lainnya. Kebanyakan bahasa dan negara yang tidak memakai bahasa Inggris masih mengacu pada perkataan bahasa Italia "condensatore", bahasa Perancis condensateur, Indonesia dan Jerman Kondensator atau Spanyol Condensador.

Kondensator diidentikkan mempunyai dua kaki dan dua kutub yaitu nyata dan negatif serta memiliki cairan elektrolit dan biasanya berupa tabung.

 adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik Penemu Kapasitor/Kondensator - Ewald Georg von Kleist Lаmbаng kоndеnѕаtоr (mеmрunуаі kutub) раdа ѕkеmа еlеktrо.

Sedangkan jenis yang satunya lagi pada biasanya nilai kapasitasnya lebih rendah, tidak mempunyai kutub positif atau negatif pada kakinya, kebanyakan berbentuk bundar pipih berwarna coklat, merah, hijau dan yang lain seperti tablet atau kancing baju.

 adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik Penemu Kapasitor/Kondensator - Ewald Georg von Kleist Lаmbаng kараѕіtоr (tаk рunуа kutub) раdа ѕkеtѕа еlеktrо.

Namun kebiasaan dan kondisi serta artikulasi bahasa setiap negara tergantung pada masyarakat yang lebih sering menyebutkannya. Kini kebiasaan orang tersebut hanya menyebutkan salah satu nama yang paling lebih banyak didominasi digunakan atau lebih sering didengar. Pada masa sekarang, kondensator sering disebut kapasitor (capacitor) ataupun sebaliknya yang pada ilmu elektronik disingkat dengan abjad (C).


Sumbеr:

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain