Penemu Sirkuit Terpadu (Integrated Circuit Atau Ic) - Jack Kilby

Sіrkuіt tеrраdu (bаhаѕа Inggrіѕ: іntеgrаtеd сіrсuіt аtаu IC) аdаlаh unѕur dаѕаr уаng bеrіѕіkаn rеѕіѕtоr, trаnѕіѕtоr dаn lаіn-lаіn. IC аdаlаh unѕur уаng dіраkаі ѕеbаgаі оtаk реrlеngkараn еlеktrоnіk. Pаdа 10 Dеѕеmbеr 2000 Jасk Kіlbу dіаnugеrаhkаn Hаdіаh Nоbеl Fіѕіkа dі Stосkhоlm, Swеdіа ѕеbаgаі tоkоh реrtаmа уаng mеnеmukаn ѕіrkuіt саmрurаn. Sераruh lаіn kаdо іtu dіtеrіmа оlеh Zhоrеѕ Alfеrоv dаn Hеrbеrt Krömеr.

(Bаса jugа: "Sеjаrаh Pеnеmuаn IC (іntеgrаtеd сіrсuіt) / Sіrkuіt Tеrраdu")

Penemuan permulaan sirkuit terpadu dimulai semenjak tahun 1949, di dikala engineer Jerman Werner Jacobi (Siemens AG) mengajukan hak paten untuk amplifying device semikonduktor dengan struktur ibarat dengan struktur sirkuit terpadu  yang memakai lima transistor yang diangkut pada sebuah substrat dalam susunan amplifier 2-tahap. Jacobi mengemukakan alat bantu indera pendengaran sebagai acuan tipikal aplikasi industri dari hak paten tersebut. Tetapi, tidak ada kabar mengenai pemakaian hak paten ini secara komersial.

Ide sirkuit terpadu dipikirkan oleh seorang ilmuwan radar yang bekerja untuk Royal Radar Establishment di Ministry of Defence, Geoffrey W.A. Dummer (1909–2002). Dummer mencetuskan idenya di depan publik pada the Symposium on Progress in Quality Electronic Components di Washington, D.C. pada 7 May 1952. Ia mencetuskan idenya di beberapa simposium yang lain, dan berupaya untuk bikin sirkuit seperti itu pada 1956, tetapi tanpa kesuksesan.

Robert Noyce mengakui peranan Kurt Lehovec yang melakukan pekerjaan di Sprague Electric, dalam postingan "Microelectronics" yang ditulisnya pada Scientific American, September 1977, Volume 23, Number 3, pp. 63–9, untuk prinsip isolasi sambungan p-n, yang disebabkan oleh sambungan p-n yang di-bias (dioda), selaku kepingan dasar sirkuit terpadu.

Noyce juga menimbang-nimbang ide mengenai sirkuit terpadu setengah tahun lambat sehabis Kilby. Chip yang dibuatnya mampu menanggulangi beberapa dilema praktikal yang tidak bisa dilakukan oleh chip oleh Kilby. Chip oleh Noyce dibentuk di Fairchild Semiconductor, memakai material silikon, sedangkan chip oleh Kilby memakai material germanium.


Bіоgrаfі Jасk Kіlbу

Jасk St. Clаіr Kіlbу (8 November 1923 - 20 Juni 2005) adalah seorang insinyur listrik Amerika yang berpartisipasi (bareng dengan Robert Noyce ) dalam realisasi sirkuit terpadu pertama dikala melakukan pekerjaan di Texas Instruments (TI) pada tahun 1958. Dia Dianugerahi Hadiah Nobel dalam fisika pada tanggal 10 Desember 2000. Untuk mengucapkan selamat kepadanya, Presiden AS Bill Clinton menulis, "Anda bisa dengan besar hati mengenali bahwa pekerjaan Anda akan membantu memperbaiki kehidupan bagi generasi yang hendak tiba."

Dia juga penemu kalkulator genggam dan printer thermal, bareng hak patennya. Dia juga mempunyai hak paten untuk tujuh penemuan yang lain.


Kеhіduраn аwаl 

Jack Kilby lahir di Jefferson City, Missouri, Jack Kilby meningkat dan bersekolah di Great Bend, Kansas, lulus dari Great Bend High School.

Kilby mendapatkan gelar sarjana sains dari University of Illinois di Urbana-Champaign, di mana dia menjadi anggota kehormatan Acacia Fraternity. Pada tahun 1947, ia menerima gelar sarjana teknik elektronik. Ia memperoleh gelar master sainsnya di bidang teknik elektronik dari University of Wisconsin-Madison pada tahun 1950, dikala bekerja di Centralab, sebuah divisi dari perusahaan Globe-Union di Milwaukee.


Kаrіr 

Pada pertengahan 1958, Kilby, selaku insinyur yang gres dipekerjakan di Texas Instruments (TI), belum mempunyai hak untuk piknik demam isu panas. Dia menghabiskan verbal secara umum dikuasai panas untuk melaksanakan persoalan dalam rancangan sirkuit yang umum disebut " tirani angka " dan kesudahannya hingga pada kesimpulan bahwa bikin penggalan rangkaian secara massal dalam satu bidang bahan semikonduktor dapat menunjukkan solusi.

Pada tanggal 12 September dia mempresentasikan temuannya terhadap administrasi, tergolong Mark Shepherd. Dia menampilkan sepotong germanium dengan suatu osiloskop yang terpasang, menekan tombol, dan osiloskop menampilkan gelombang sinus terus- menerus, menunjukan bahwa sirkuit terpadunya melakukan pekerjaan dan dengan demikian ia sudah memecahkan dilema ini. Paten AS 3.138.743 untuk " Miniatur Sirkuit Elektronik", rangkaian terpadu pertama, diajukan pada tanggal 6 Februari 1959. Bersama Robert Noyce (yang secara independen bikin sirkuit serupa beberapa bulan lalu), Kilby lazimnya dikreditkan selaku co- Penemu sirkuit terpadu.

Jack Kilby melanjutkan mempelopori aplikasi teknologi microchip militer, industri, dan komersial. Dia memimpin tim yang membangun tata cara militer pertama dan komputer pertama yang memadukan sirkuit terpadu. Dia kemudian membuat kalkulator genggam dan printer termal yang digunakan di terminal data portabel.

Pada tahun 1970, ia mengambil cuti dari TI untuk melakukan pekerjaan selaku penemu independen. Ia menjajaki, antara lain, penggunaan teknologi silikon untuk menciptakan tenaga listrik dari sinar matahari. Dari tahun 1978 hingga 1984 ia memegang posisi Distinguished Professor Teknik Elektro di Universitas Texas A & M.

Pada tahun 1983, Kilby pensiun dari Texas Instruments. Dia meninggal lantaran kanker 20 Juni 2005 pada usia 81, di Dallas, Texas.


Pеnеmuаn Sіrkuіt tеrраdu 

 adalah komponen dasar yang terdiri dari resistor Penemu Sirkuit Terpadu (integrated circuit atau IC) - Jack Kilby
Rерlіkа Sіrkuіt tеrраdu kаrуа Jасk Kіlbу
Ide pendahulu dari sirkuit terpadu yaitu bikin kotak persegi kecil dari keramik (wafers), dan setiap persegi menampung satu miniatur unsur. Komponen tersebut lalu disatukan dan dihubungkan dengan kabel untuk membentuk kisi 2 atau 3 dimensi. Ide ini tampakmeyakinkan, dan pada tahun 1957 diajukan terhadap US Army oleh Jack Kilby, yang menciptakan proyek Micromodule Program (sama dengan 1951's Project Tinkertoy) yang berumur pendek. Tetapi, seiring berjalannya proyek ini, Kilby menimbang-nimbang sebuah wangsit lain yang sekarang diketahui selaku sirkut terpadu.

Kilby yang gres dipekerjakan oleh Texas Instruments menuliskan idenya ihwal sirkuit terpadu pada Juli 1958, dan kemudian berhasil bikin sebuah sirkuit terpadu yang mampu melakukan pekerjaan pada 12 September 1958.  In his patent application of 6 February 1959, Kilby described his new device as “a body of semiconductor material ... where in all the components of the electronic circuit are completely integrated.” Penemuan gres ini pertama kali digunakan oleh US Air Force.

Kilby dihargai Nobel Prize pada tahun 2000 di bidang Fisika untuk peranannya dalam penemuan sirkuit terpadu. Kilby's work was named an IEEE Milestone in 2009.


Sumbеr: 

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain