Profil, Biodata, Biografi Cahyono - Pelawak Indonesia

 adalah seorang aktor dan pelawak Indonesia Profil, Biodata, Biografi Cahyono - Pelawak IndonesiaCahyono adalah seorang aktor dan pelawak Indonesia. Ia pernah bergabung dengan Jayakarta Grup bersama Jojon, Esther, dan Uuk. Cahyono adalah personel Jayakarta Grup terakhir yg meninggal dunia. Sebelumnya, Uuk dan Ester sudah menghembuskan napas terakhir mereka lebih dahulu. Dan Jojon, sahabat sejati Cahyono, meninggal dunia pada 6 Maret 2014 dahulu.

(Baca juga: "Biografi Jojon (Djuhri Masdjan Pelawak Indonesia")

Pendidikan dan Karir

Cahyono lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, 26 Desember 1951. Talenta melawaknya sudah tumbuh ketika duduk di bangku SMP. Saat itu ia mulai banyak disukai teman-temannya. Semua betah mendengarkan Cahyono ketika ia melawak. Cahyono pun mulai bergabung dengan grup lawak amatir dan mulai rutin manggung dari kampung ke kampung dan dari sekolah ke sekolah.

Menyadari bakat lawak dalam dirinya selalu berkembang, akhirnya Cahyono yg ketika itu berusia 21 tahun memutuskan hijrah ke Jakarta. Tepatnya tahun 1972. Pertama kali menjejakkan kaki di Jakarta, ia bergabung dengan sebuah grup komedi Jawa Timur. Dua tahun setelahnya, ia bertemu dengan pelawak Jojon, yg saat itu aktif di grup lawak Jawa Barat. Setelah berdiskusi dan menemukan kecocokan, mereka sepakat membentuk grup lawak baru bernama Jayakarta Grup.

Cahyono meraup popularitas dan puncak karier di era 70-an bersama Jayakarta Grup. Cahyono, Jojon, Ester dan Uuk, empat personel Jayakarta Grup terus tampil dengan ciri khas masing-masing. Bersama Jayakarta, ia mendapatkan puncak kariernya bersama tahun 1978 ketika mereka sukses menembus dunia televisi dan rutin tampil di TVRI.

Selain di dunia lawak, Cahyono pun sempat membintangi banyak judul film layar lebar. Di antaranya Lantai Berdarah (1971), Remaja Pulang Pagi (1978), Apa Ini Apa Itu (1981) hingga Barang Antik (1983).


Menjadi Mualaf

Katolik adalah agama Cahyono Sebelum pindah ke Jakarta. Setelah pindah ke Jakarta dan berkenalan dengan Jojon dan teman-temannya di Jayakarta Grup, perlahan Cahyono akan belajar agama Islam. Awal dirinya tertarik dengan Islam, adalah saat dirinya penasaran setiap kali tiga rekannya menunaikan ibadah shalat ketika mereka sedang manggung di luar kota. Ia pun memberanikan diri berdiskusi dan bertanya soal Islam pada Jojon.

Sampai akhirnya di tahun 1992, Cahyono menetapkan buat pindah memeluk agama Islam. Di masa tuanya, saat tidak lagi aktif di dunia lawak, Cahyono pun berubah profesi jadi pendakwah. Ia tidak jarang mengisi ceramah agama di banyak daerah di Indonesia.



Meninggal dunia

Pelawak senior Cahyono meninggal dunia  jam 12.10 WIB, hari ini, Kamis 25 Mei 2017 dalam usia 65 tahun. Komedian yg tenar bersama Jayakarta Grup ini sebelumnya menderita penyakit stroke pada 2013, dan dirawat di Rumah Sakit Islam Pondok Kopi.


Filmografi
  • Lantai Berdarah (1971)
  • Reo Manusia Srigala (1977)
  • Pulau Cinta (1977)
  • Raja Copet (1977)
  • Gara-Gara Janda Kaya (1977)
  • Gudang Uang (1978)
  • Remaja Pulang Pagi (1978)
  • Saritem Penjual Jamu (1978)
  • Dukun Kota (1978)
  • Apa Ini Apa Itu (1981)
  • Okey Boss (1981)
  • Barang Kuno (1983)

Sumber:

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain