Sejarah Inovasi Kapal Ganjal Udara (Hovercraft)

Sebuah hovercraft militer milik Angkatan Laut Amerika Serikat Sejarah Penemuan Kapal bantalan udara (Hovercraft)
Sеbuаh hоvеrсrаft mіlіtеr mіlіk Angkаtаn Lаut Amеrіkа Sеrіkаt
Kараl gаnjаl udаrа (bаhаѕа Inggrіѕ: hоvеrсrаft) аtаu kараl tеrbаng уаknі ѕuаtu kеndаrааn уаng bеrjаlаn dі аtаѕ bаntаlаn udаrа (аіr сuѕhіоn). Bаntаlаn udаrа tеrѕеbut dіtіmbulkаn dеngаn саrа mеnіuрkаn udаrа kе ruаng bаwаh kараl іnі (рlеnum сhаmbеr) mеlаluі ѕkіrt (ѕеkаt уаng еlаѕtіѕ) ѕеhіnggа tеkаnаn udаrа dі dаlаm рlеnum сhаmbеr lеbіh tіnggі dаrіраdа tеkаnаn udаrа luаr ѕеhіnggа munсul gауа аngkаt. 

Untuk mеnggеrаkkаn kараl аlаѕ udаrа, dіраkаі gауа dоrоng уаng dіреrоlеh dаrі bаlіng-bаlіng ѕереrtі раdа реѕаwаt udаrа. Gауа аngkаt kараl іnі bеkеrjа раdа реnаmраng уаng luаѕ, ѕеhіnggа tеkаnаn kераdа tаnаh аtаu аіr (grоund рrеѕѕurе) уаng dіtіmbulkаn tіdаk bеѕаr. Dеngаn dеmіkіаn, kеndаrааn іnі dараt bеrlаngѕung dі аtаѕ lumрur, аіr mаuрun dаrаtаn dеngаn mеnjіnjіng bеbаn уаng сukuр bеrаt. Kаrеnа tіdаk аdаnуа kоntаk lаngѕung аntаrа hоvеrсrаft dаn реrmukааn dаrаtаn аtаu аіr, mаkа hаmbаtаn уаng tеrjаdі kесіl ѕеhіnggа hоvеrсrаft mаmрu mеlаju dеngаn kесераtаn tіnggі.Rаnсаngаn kеndаrааn mіrір hоvеrсrаft уаng реrtаmа dісаtаt уаknі раdа tаhun 1716 оlеh Emаnuеl Swеdеnbоrg, ѕеоrаng реrаnсаng, fіlѕuf dаn tеоlоg Swеdіа. Rаnсаngаnnуа bеruра ѕеbuаh kеndаrааn bеrbаntаlаn udаrа bеrtеnаgа іnѕаn dеngаn ѕuаtu kоkріt dі tеngаh. 


Sеjаrаh

Rancangan kendaraan menyerupai hovercraft yang pertama dicatat yakni pada tahun 1716 oleh Emаnuеl Swеdеnbоrg, seorang perancang, filsuf dan teolog Swedia. Rancangannya berupa suatu kendaraan berbantalan udara bertenaga insan dengan suatu kokpit di tengah.

Menurut planning kendaraan ini berjalan dengan santunan tenaga manusia. Tapi berhubung tenaga manusia tidak cukup kokoh untuk menjalankan mekanisasi yang digunakannya, kendaraan itu tidak diwujudkan pembuatannya.

Pada pertengahan 1980-an, seorang insinyur Britania Raya bernama Sіr Jоhn Iѕаас Thоrnусrоft membuat sejumlah model kendaraan yang memakai udara di antara badan kendaraan dan air untuk meminimalkan hambatan (drag).

Sir John Isaac Thornycroft membuat model kendaraan yang dilengkapi dengan ganjal udara pada bagian bawahnya yang bertujuan untuk meminimalkan gaya tabrakan antara tubuh kendaraan dengan permukaan lintasan.

Walaupun ia mematenkan sejumlah paten yang bekerjasama dengan lambung kapal yang memakai udara untuk menghemat kendala pada 1877, tidak ada satupun dari patennya yang diaplikasikan.

Pada tahun 1877 perancang dari Inggris ini sudah mendapatkan paten untuk prinsip-prinsip kerja ganjal udara ini atas namanya. Tapi sampai sejauh itu, kendaraan mirip yang diinginkannya itu belum juga bisa diwujudkan pembuataanya.

Semenjak itu perjuangan-usaha untuk berbagi kendaraan yang memakai ganjal udara ini masih terus berlanjut. Pada tahun 1931 di Finlandia, Tоіvо J. Kааrіо mulai melakukan perancangan kapal yang memakai kantong udara. Dia telah membuat konstruksi serta melaksanakan uji coba sendiri pada rancangannya tersebut dan menerima hak paten dari pemerintah Finlandia. Tapi sayang sekali bisnisnya ini terpaksa terhenti karena kurangnya dana.

Chrіѕtорhеr Cосkеrеll yakni orang yang pertama kali memakai nama Hovercraft untuk menyebut kendaraan yang memakai prinsip ganjal udara ini. Pada tahun 1952 penemu dari Inggris ini berhasil merancang suatu kendaraan menurut prinsip-prinsip kerja Hovercraft. Penemuannya ini dinilai sebagai temuan yang paling sukses dibanding usaha-usaha serupa yang sudah dilaksanakan oleh beberapa pendahulunya di bidang ini. Selanjutnya pada tahun 1959 Christopher berhasil mewujudkan rancangannya ini dan semenjak itulah nama Hovercraft digunakan untuk menyebut kendaraan berbantalan udara ini. Dan pada tahun-tahun berikutnya dasar-dasar prinsip kerja kendaraan ini digunakan oleh perusahaan Saunders Roe untuk pengerjaan banyak Hovercraft.

Akan tetapi pada masa itu Hovercraft masih belum mengenakan rok atau skirt mirip yang banyak dipakai oleh Hovercraft dewasa ini. Bagian ini ( rok / skirt ) pertama kali diperkenalkan oleh seorang anggota Angkatan Laut Kerajaan Inggris, Latimer-Needham. Bagian ini digunakan untuk menunjang system baru pada Hovercraft yang disebut Flexible Skirt System. Skirt yang dibuat dari bahan karet yang berpengaruh dan dipasang pada potongan samping seluruh hull (tubuh) Hovercraft sehingga selintas ibarat seperti rok.


Prоdukѕі реrtаmа

Setelah mengalami berbagai penyempurnaan teknis, hovercraft mulai diproduksi secara pabrikan. Pabrik yang pertama kali memproduksi yakni Saunders-Roe, yang didanai oleh Britain's National Research Development Corporation yakni tipe SR. N1, hingga lalu dibuat jenis SR. N4 berkapasitas 254 penumpang dan 30 kendaraan.

Namun sangat disayangkan, kemajuan hovercraft yang ditanggapi banyak sekali kalangan bidang kemaritiman, terkesan kurang populer, bukan alasannya yaitu kemampuannya yang disangsikan, namun strategi pemasaran dari pihak produsennya yang kurang begitu meraih dunia luas. Berbagai negara dianggap lamban dalam penggunaan dan pengembangan hovercraft. Padahal bila ditinjau dari sisi biaya, pengolahan hovercraft dewasa ini lebih hemat biaya dibandingkan dengan pengerjaan kapal perang konvensional. Menurut konsultan Amerika Serikat, Lavis Associates, banyak negara-negara yang mempunyai potensi materi baku karet alam yang nantinya dipergunakan khususnya jenis SIR-5L ataupun SIR-10, kemudian studi dengan memperhitungkan pembiayaan pengerjaan, penggunaan propulsi diesel sebagai pengganti propeler udara dan dari segi hemat juga timbul dalam perancangannya. (ѕumbеr)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain