Sejarah Penemuan Bus Pertama Kali

Sebuah Bus antar Kota di Terminal Bis Cicaheum Bandung Sejarah Penemuan Bus Pertama Kali
Sеbuаh Buѕ аntаr Kоtа dі Tеrmіnаl Bіѕ Cісаhеum Bаndung
Buѕ уаіtu kеndаrааn bеѕаr bеrоdа, dіраkаі untuk mеnеntеng реnumраng dаlаm jumlаh bеѕаr. Iѕtіlаh buѕ іnі bеrаѕаl dаrі bаhаѕа Lаtіn, оmnіbuѕ, уаng bеrmаknа "(kеndаrааn уаng bеrhеntі) dі ѕеmuа (реrhеntіаn)".

Cikal bakal bus timbul di ketika kendaraan bermotor menggantikan kuda selaku alat angkutanpada sekitar 1905. Saat itu, omnibus bermotor disebut autobus. Hingga dikala ini, Prancis dan Inggris masih menggunakan ungkapan tersebut. Omnibus pertama dioperasikan di AS. Dimulai dengan pelintasan Jalan Broadway di kota New York pada 1827. Seseorang berjulukan Abraham Brower, merupakan pemilik pertama bisnis tersebut.

Kemajuan paling penting pada omnibus merupakan kendaraan beroda empat jalanan. Mobil jalanan pertama ditarik kuda. Yang membedakan yakni keberadaan rel baja yang diletakkan di tengah jalan. Roda-roda kendaraan beroda empat jalanan juga yang dibuat dari baja, yang dibikin sedemikian rupa semoga tidak merusak rel. Mobil jalanan pertama beroperasi di Jalan Browery, New York. Dimiliki John Manson dan dibentuk oleh seorang keturunan Irlandia bernama John Stephenson.

Pada awalnya, bus merupakan kendaraan yang ditarik kuda, kemudian dimulai dari tahun 1830-an bus bertenaga uap mulai ada. Seiring pertumbuhan zaman, bus bertenaga mesin konvensional merupakan inovasi bus troli elektronik yang berfungsi dengan seperangkat kabel yang ada di beberapa daerah dalam jumlah besar.

Pada tanggal 20 September 1831, diciptakan bus yang menggunakan tenaga uap. Bus uap ini diciptakan oleh seorang inventor Inggris bernama Gordon Bronz. Bus ini memuat tiga puluh orang dan memiliki kecepatan yang amat rendah.

Bus bertenaga mesin pertama timbul berbarengan dengan pertumbuhan mobil. Setelah bus bertenaga mesin pertama pada tahun 1895, banyak sekali macam model dikembangkan pada tahun 1900-an, hingga kesudahannya tersebar luas bentuk bus yang utuh mulai dari tahun 1950-an. Bus menjadi populer pada permulaan kurun 20 alasannya yaitu Perang Dunia I. Ketika itu, kebanyakan fasilitas rel dialokasikan untuk keperluan perang dan alasannya adalah banyaknya keberadaan mobil pribadi, sehingga dibutuhkan alat angkutanlain yang dapat memuat banyak penumpang.

Bus Sebelum diciptakannya mesin diesel yang oleh Rudоlf Chrіѕtіаn Kаrl Dіеѕеl, pada 18 maret 1958 masih memakai tenaga uap. yang kemudian beralih menjadi tenaga Diesel yang memiliki tenaga yang lebih besar.

(Bаса Jugа: "Pеnеmu Mеѕіn Dіеѕеl - Rudоlf Dіеѕеl")

Dewasa ini, bus yang digerakkan dengan bahan bakar solar sudah menjadi salah satu alat transportasi paling penting di dunia. (ѕumbеr)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain