Penemu Niobium - Charles Hatchett

adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Nb dan nomor atom  Penemu Niobium - Charles Hatchett
Nіоbіum yaitu suatu komponen kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Nb dan nomor atom 41. Unsur Niobium didapatkan pertakali oleh spesialis kimia Inggris bernama Charles Hatchett FRS FRSE (2 Januari 1765 - 10 Maret 1847) pada tahun 1801.

Hatchett lahir di Long Acre , London, Inggris. Ia putra John Hatchett, seorang pembangun instruktur. Pada tahun 1800 ia mendirikan sebuah karya kimia di Chiswick di London.

Pada tahun 1801, saat melaksanakan pekerjaan di British Museum di London, Hatchett menganalisis sepotong columbite dalam koleksi museum. Columbite ternyata merupakan mineral yang sungguh kompleks, dan Hachett memperoleh bahwa itu berisi "bumi gres" yang menyiratkan adanya elemen gres. Hatchett menyebut bab baru ini соlumbіum (Cb) untuk menghormati Chrіѕtорhеr Cоlumbuѕ, penemu Amerika. Pada tanggal 26 November tahun 1801 dia mengumumkan penemuannya di hadapan Royal Society. Unsur itu lalu ditemukan kembali dan diganti namanya nіоbіum (namanya kini).

adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Nb dan nomor atom  Penemu Niobium - Charles Hatchett
Niobium, 41 Nb
Di simpulan hidupnya, Hatchett berhenti dari pekerjaannya sebagai spesialis kimia untuk melaksanakan pekerjaan penuh waktu dalam bisnis pengerjaan instruktur keluarganya. Dia tinggal di Mount Clare, Roehampton dari tahun 1807-19.

Sejak tahun 1979, Institut Bahan, Mineral dan Pertambangan ("IOM3") (London) menunjukkan Penghargaan Charles Hatchett setiap tahun kepada seorang ahli metalurgi ternama. Penghargaan diberikan terhadap "penulis makalah terbaik ihwal sains dan teknologi niobium dan paduannya."


Sumbеr: httрѕ://еn.wіkіреdіа.оrg/wіkі/Chаrlеѕ_Hаtсhеtt

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain