Penemu Unsur Mangan - Johan Gottlieb Gahn

 adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mn dan nomor atom  Penemu Unsur Mangan - Johan Gottlieb Gahn
Jоhаn Gоttlіеb Gаhn
Mаngаn yakni bab kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Mn dan nomor atom 25.

Mangan ditemukan pada tahun 1774 oleh seorang ahli kimia dan jago metalik Swedia Jоhаn Gоttlіеb Gаhn (19 Agustus 1745 - 8 Desember 1818).

Gahn belajar di Uppsala 1762 - 1770 dan berkenalan dengan luar biasa kimia Torbern Bergman dan Carl Wilhelm Scheele. Pada tahun 1770 dia menetap di Falun, di sana beliau memperkenalkan perbaikan peleburan tembaga, dan ikut serta dalam membangun beberapa pabrik, di antaranya cat vitriol, sulfur dan cat merah .
 adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mn dan nomor atom  Penemu Unsur Mangan - Johan Gottlieb Gahn
Mangan,  25Mn
Dia ialah mahir kimia di The Swedish Board of Mines Bergskollegium dari tahun 1773 - 1817. Namun, Gahn sungguh enggan untuk menerbitkan temuan ilmiahnya sendiri, tetapi ia mengkomunikasikannya terhadap Bergman dan Scheele. Salah satu inovasi Gahn yakni bahwa mangan dioksida dapat dikurangi menjadi logam mangan yang menggunakan karbon, Gahn menjadi ilmuwan pertama yang mengisolasi komponen ini dalam bentuk logamnya.

Pada 1784, Gahn terpilih selaku anggota Royal Swedish Academy of Sciences . Dia juga mempunyai karir manajerial di pertambangan Swedia. (ѕumbеr)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain