Penemu Unsur Mangan - Johan Gottlieb Gahn

 adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mn dan nomor atom  Penemu Unsur Mangan - Johan Gottlieb Gahn
Johan Gottlieb Gahn
Mangan adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mn dan nomor atom 25.

Mangan ditemukan pada tahun 1774 oleh seorang ahli kimia dan ahli metalik Swedia Johan Gottlieb Gahn (19 Agustus 1745 - 8 Desember 1818).

Gahn belajar di Uppsala 1762 - 1770 dan berkenalan dengan ahli kimia Torbern Bergman dan Carl Wilhelm Scheele. Pada tahun 1770 dia menetap di Falun, di sana dia memperkenalkan perbaikan peleburan tembaga, dan berpartisipasi dalam membangun beberapa pabrik, di antaranya cat vitriol, belerang dan cat merah .
 adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mn dan nomor atom  Penemu Unsur Mangan - Johan Gottlieb Gahn
Mangan,  25Mn
Dia adalah ahli kimia di The Swedish Board of Mines Bergskollegium dari tahun 1773 - 1817. Namun, Gahn sangat enggan untuk mempublikasikan temuan ilmiahnya sendiri, tapi ia mengkomunikasikannya kepada Bergman dan Scheele. Salah satu penemuan Gahn adalah bahwa mangan dioksida dapat dikurangi menjadi logam mangan yang menggunakan karbon, Gahn menjadi ilmuwan pertama yang mengisolasi unsur ini dalam bentuk logamnya.

Pada 1784, Gahn terpilih sebagai anggota Royal Swedish Academy of Sciences . Dia juga memiliki karir manajerial di pertambangan Swedia. (sumber)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain