Profil Antoine Jérôme Balard - Penemu Bromin Atau Brom

 adalah seorang ahli kimia Prancis dan salah satu penemu bromin Profil Antoine Jérôme Balard - Penemu Bromin atau Brom
Antоіnе Jérômе Bаlаrd
Antоіnе Jérômе Bаlаrd (30 September 1802 - 30 April 1876) adalah seorang ahli kimia Prancis dan salah satu penemu bromin.

Lahir di Montpellier, dia memulai selaku apotek, tetapi mengajar sambil bertindak selaku ajun kimia di fakultas ilmu kota asalnya, dan kemudian menjadi profesor kimia di perguruan tinggi kerajaan dan sekolah apotek dan di fakultas sains.


Pеnеmuаn Brоmіng

Pada tahun 1826 ia memperoleh ada zat pada air laut yang ia identifikasi selaku komponen yang sebelumnya tidak diketahui dan menamakannya bromin. Telah dibuat secara independen oleh Cаrl Jасоb Löwіg pada tahun sebelumnya dan keduanya keduanya dianggap sudah mendapatkan unsur tersebut.

(Baca juga: "Prоfіl Cаrl Jасоb Löwіg - Pеnеmu Brоmіn аtаu Brоm")

Balard menerima bahan kimia brom di debu rumput maritim dari rawa - rawa garam di Montpellier. Rumput laut dipakai untuk menghasilkan yodium, namun juga mengandung brom. Balard mendistilasi bromin dari larutan debu rumput maritim yang jenuh dengan klorin. Sifat-sifat zat yang dihasilkan ialah antara antara klorin dan yodium; Dengan demikian ia menjajal menerangkan bahwa zat tersebut adalah yodium monoklorida (ICl), tetapi sehabis gagal melakukannya, ia yakin sudah menerima bab baru, dan menamakannya muride, berasal dari kata Latin muria untuk air garam.

(Baca juga: "Sеjаrаh Pеnеmuаn Brоmіn аtаu brоm оlеh Cаrl Jасоb Löwіg dаn Antоіnе Jérômе Bаlаrd")

Setelah cakap kimia Prancis Louis Nicolas Vauquelin, Louis Jacques Thénard , dan Joseph-Louis Gay-Lussac menyepakati percobaan dari apoteker muda Balard, hasilnya dipresentasikan pada kuliah Académie des Sciences dan diterbitkan di Annales de Chimie et Physique. Dalam terbitannya, Balard menyatakan bahwa dia mengganti namanya dari muride menjadi milik anjuran M. Anglada. Brôme (bromin) berasal dari bahasa Yunani βρωμος (busuk busuk). Sumber lain mengklaim bahwa hebat kimia dan fisikawan Prancis Joseph-Louis Gay-Lussac menyarankan nama brôme untuk anyir khas uap. Brom tidak dibuat dalam jumlah banyak hingga tahun 1858, ketika inovasi deposit garam di Stassfurt memungkinkan produksinya sebagai produk sampingan dari kalium.

Prestasi ini membawa dia reputasi yang menjamin pemilihannya selaku penerus Louis Jacques Thénard di kursi kimia di fakultas sains di Paris, dan pada tahun 1851 dia diangkat selaku profesor bidang kimia di College de France, di mana dia mempunyai MPE Berthelot apalagi dahulu. Sebagai murid, lalu selaku tangan kanan dan karenanya selaku kolega. Balard juga memiliki murid bernama Lоuіѕ Pаѕtеur dikala Pasteur berusia 26 tahun. Di laboratorium Balard, Pasteur mendapatkan perbedaan antara kristal "ajun" dan "tangan kiri" dikala ia melakukan pekerjaan dengan asam tartarat. Balard meninggal di Paris pada tahun 1876.

(Baca juga: "Bіоgrаfі Lоuіѕ Pаѕtеur - Pеnеmu Vаkѕіnаѕі")

Sementara penemuan bromin dan persiapan banyak senyawanya yakni karya yang paling mencolok, Balard yaitu spesialis kimia yang tekun pada kedua sisi murni dan terapan. Dalam penelitiannya perihal senyawa pemutihan klorin, dia yakni orang pertama yang membuatkan persepsi bahwa bubuk pemutih adalah senyawa ganda kalsium klorida dan hipoklorit; Dan dia mencurahkan banyak waktu untuk problem penghematan soda dan potasium dari air maritim secara ekonomi, walaupun di sini usahanya dihapuskan dengan ditemukannya sumber pasokan yang jauh lebih kaya yang diberikan oleh tabungan Stassfurt. Dalam kimia organik ia mempublikasikan makalah wacana dekomposisi amonium oksalat, dengan pembentukan asam oksik, amil alk0h0l, pada sianida, dan perbedaan konstitusi antara etil nitrat dan etil sulfat. Dia juga membantu Louis Pasteur mempertimbangkan eksperimen yang hendak membuktikan bahwa generasi spontan tidak benar.

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain