Profl Dan Biodata Ustadz Dr. Khalid Basalamah Ma

 Sebagai Ketua Umum atas Yayasan Ats Tsabat Jakarta Timur Profl dan Biodata Ustadz DR. Khalid Basalamah MA
Biodata Ustadz Khalid Basalamah
  • Nama lengkap: Khalid Zeed Abdullah Basalamah
  • Lahir: 01-Mei-1975, Makassar, Indonesia
  • Pendidikan: S1 Universitas Islam Madinah (Arab Saudi), S2 Universitas Muslim Indonesia (Indonesia), S3 Universitas Tun Abdul Razzak (Malaysia)
  • Situs web: https://www.khalidbasalamah.com/
  • Saluran YouTube: https://www.youtube.com/user/khalidbasalamah/
  • Akun media sosial: 
  • Instagram: @ustadzkhalid
  • Facebook: @ustadzkhalid
  • Twitter: @ustadzkhalid
  • Googole Plus: https://plus.google.com/u/0/104658883085042651659
  • Kegiatan Lembaga: Sebagai Ketua Umum atas Yayasan Ats Tsabat Jakarta Timur, Sebagai Ketua di Forum Pengiriman Dai Irian dan Penasehat di Wesaltv Jakarta
  • Kegiatan Bisnis: Direktur di PT. AJWAD Jakarta Barat  (Bergerak di bidang bisnis KAYU GAHARU, AJWAD GOLD, AJWAD Souvenir Timur Tengah (Oleh-oleh haji) di (Kalibata City Square), AJWAD RESTORAN Timur Tengah (Kalibata City Square) dan penerbitan buku-buku Islam.

Khalid Basalamah adalah seorang ustadz dari Indonesia, yang terus menebarkan kajian sunnah dibeberapa tempat. Beliau juga salah sesuatu Ustadz yg rajin menggunggah dua video dakwahnya di media sosial You tube. Beliau mengerti benar bahwa di era internet, kekuatan media sosial merupakan media dakwah yang efektif buat menyebarluaskan syiar Islam ke semua dunia.

Hingga tulisan ini dibuat, Chanel atau saluran YouTubenya yang bergabung sejak 7 Feb 2013 tersebut telah tembus 228.766 subscriber dan 32.542.640x penayangan.

Beliau terkenal sebagai ustadz dengan penyampaian ceramah yg sangat tegas dan santun. Beliau juga kadang mengisi acara tausiyah di televisi-televisi dakwah seperti insantv, wesaltv, rodjatv dan yg lainnya.


Biografi DR. Khalid Basalamah MA

Ust. Khalid Basalamah lahir di Makassar, 1 Mei 1975 dengan nama lengkap Khalid Zeed Abdullah Basalamah. Gelar basalamah yang ada di akhir nama beliau diambil dari nama marga. Marga Basalamah merupakan salah sesuatu nama marga yang diambil dari Arab Hadramaut yg merujuk pada nama keluarga keturunan bangsa Arab. Yang berasal dari Hadramaut Yaman. Letaknya berada di Jazirah Arab bagian selatan. Penamaan marga dipilih berdasarkan kabilah, tempat, asal, sejarah dan juga kebiasaan serta sifat nenek moyang tersebut.

Studi S1, beliau selesaikan di Universitas Madinah. Sementara gelar Magister, beliau selesaikan di Universitas Muslim Indonesia. Dan gelar doktornya diperoleh di Universitas Tun Abdul Razaq Malaysia.

Beliau yaitu salah satu ustadz yg sangat berpegang teguh dengan ajaran yg sudah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW yg disebarkan oleh Sahabat, Tabiiin dan juga para Imam empat.

Salah satu metode dakwah ( ceramah ) yang beliau sampaikan adalah dengan mengupas dua kitab yg mengandung dua dalil shahih dan juga dapat dipertanggung jawabkan sanad nya. Diantara dua kitab yg sudah beliau sampaikan kepada setiap jamaah yg hadir dalam setiap majelis beliau adalah :
  • Kitab Bulughul Marom - Kitab ini merupakan kumpulan hadits tematik yg menjadi sumber rujukan pengambilan dalil untuk permasalahan fiqih yg ada di Nusantara. Kitab ini yaitu salah satu diantara sekian banyak kitab yang telah teruji kadar kesahihannya. 
  • Kitab Minhajul Muslim - Kitab yg satu ini merupakan karya ringkas yang ditulis oleh beberapa ulama yang ada di Madinah dan juga Makkah. Kitab ini menceritakan semua macam hal yg berkaitan dengan pemahaman Islam secara Kaffah dan juga menyeluruh dengan bersandar pada Al quran sebagai sumber penting dan juga mengambil hadits sebagai sumber kedua.

Sanad keilmuan yg dimiliki oleh Ustadz Khalid Basalamah mampu dibilang sangat bagus dan juga bersambung dengan Rasulullah, karena beliau belajar dari ulama Kontemporer kemudian Ulama Salaf, Sahabat dan juga langsung kepada Rasulullah.

Selain itu beliau juga mendalami ilmu agama di pusatnya sendiri merupakan di Madinah dan juga Makkah sehingga beliau bisa faham dan juga mengerti langsung dari beberapa ulama yg langsung ada di sana. Selain itu di Makah dan juga Madinah setiap orang yg belajar segera bisa memahami fikih secara total karena fikih empat madzhab juga diajarkan di sana.

Selain sebagai ustadz, Khalid memiliki beberapa aktifitas bisnis, seperti sebagai Direktur PT. Ajwad yang bergerak di bidang bisnis kayu gaharu, Ajwad Gold, Ajwad Restoran Timur Tengah, Ajwad Souvenir Timur Tengah (buah tangan haji) yang terletak di Kalibata City Square dan penerbitan buku-buku Islam. Selain itu ia juga memiliki aktivitas lembaga sebagai Ketua Umum Yayasan Ats-Tsabat Jakarta Timur, Ketua Forum Pengiriman Dai Irian dan Penasehat Wesal TV Jakarta.


Hubungan Ustad Khalid Basalamah dan Ustadz Syafiq Reza Basalamah

Ustad Khalid Basalamah dan Ustadz Syafiq Reza Basalamah tidak dikenal sebagai saudara kandung. Hanya saja, beliau memiliki nama marga yg sama merupakan Basalamah. Marga Basalamah yaitu salah satu marga Arab Hadramaut yg merujuk kepada nama keluarga atau marga yg dipakai oleh keturunan bangsa Arab, yang berasal dari daerah Hadramaut di Yaman, yg letaknya di Jazirah Arab bagian selatan. Penamaan marga sendiri dipilih berdasarkan kabilah, tempat yang berasal, sejarah, Norma atau sifat serta nama nenek moyang golongan tersebut.

(Baca juga: "Profil dan Biodata Ustadz DR. Syafiq Riza Basalamah, MA")


Sumber:

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain