Eva Ekeblad - Pembuat Tepung Dan Alkohol Dari Kentang

Evа Ekеblаd, néе Evа Dе lа Gаrdіе, аdаlаh ѕеоrаng аgrоnоm, іlmuwаn, Sаlоnіѕ (ѕеmасаm реrkumрulаn rutіn dі аntаrа bаnуаk оrаng dаlаm ѕеѕuаtu аtар buаt bеrtukаr іlmu dаn реngаlаmаn), dаn bаngѕаwаn Swеdіа. Iа dіkеnаl kаrеnа Pеnеmuаnnуа mеmbuаt tерung dаn аlkоhоl dаrі kеntаng раdа tаhun 1746. Iа аdаlаh wаnіtа реrtаmа уаng mеnjаdі аnggоtа dаrі Akаdеmі Ilmu Pеngеtаhuаn Kеrаjааn Swеdіа раdа tаhun 1748.

Perempuan yang lahir dari negarawan Count Magnus Julius De la Gardie (1668-1741) dan salonis dan politikus amatir Hedvig Catharina Lilje ini Pada tahun 1746, menulis bagi Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia karena ia menemukan cara membuat tepung dan alkohol keluar dari kentang.

Kentang sudah diperkenalkan ke Swedia pada tahun 1658, tetapi sampai saat itu hanya dibudidayakan di rumah kaca dari kalangan aristokrat. Karya Ekeblad mengubah kentang menjadi makanan pokok di Swedia; Hal itu juga meningkatkan pasokan gandum, gandum hitam, dan jelai yang tersedia bagi membuat roti, karena kentang bisa digunakan sebagai pengganti alkohol. Dampaknya adalah berubahnya kebiasaan makan orang Swedia dan mengurangi tingkat kelaparan pada masyarakat.

Dia juga menemukan metode pemutihan tekstil kapas dan benang dengan sabun pada 1751, dan mengganti bahan-bahan berbahaya dalam kosmetik dengan menggunakan bunga kentang pada tahun 1752; dia dikatakan telah mengiklankan tanaman tersebut dengan menggunakan bunganya sebagai hiasan rambut.

Pada tahun 1748, Eva Ekeblad menjadi wanita pertama yg terpilih sebagai anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia. Tidak ada catatan dia pernah ikut dalam rapat selama menjadi anggota dalam akademi tersebut. Pada 1751, Akademi tersebut menunjuknya sebagai anggota kehormatan dan bukan anggota penuh, karena hanya yang berjenis kelamin laki-laki yg boleh menjadi anggota penuh pada Akademi tersebut.


Kеhіduраn рrіbаdі

Eva menikahi riksråd Count Claes Claesson Ekeblad di usia 16 tahun. Ia menjadi ibu dari tujuh anak, dengan satu putra dan enam putri.[6] Di antara mereka adalah Claes Julius Ekeblad (1742-1808) dan Hedda Piper. Mereka adalah salah sesuatu bangsawan kelas atas di Swedia.

Setelah menikah, ayahnya memberinya aset berupa perkebunan di Kastil Mariedal dan Kastil Lindholmen di Västergötland. Pasangannya juga dihadiahkan perumahan di manor (tanah milik bangsawan) Stola beserta lingkungan perumahannya di ibukota Stockholm.

Karena seringnya tak ada pasangannya dalam bisnis, Eva Ekeblad diberi tanggung jawab juntuk mengurus tiga perkebunan, termasuk tugas bagi mengawasi petugas pengadilan dan memimpin paroki-paroki dari perkebunan.

Di kediaman Ekeblad di Stockholm, dia menjadi tuan rumah sebuah salon budaya dan digambarkan oleh istri duta besar Spanyol de marquis de Puentefuerte sebagai "salah sesuatu dari sedikit wanita aristokrat yg kehormatannya dianggap tidak tercemar". Pertunjukan konser pertama musik massa Johan Helmich Roman dilakukan di salonnya di Rumah Ekeblad. Dia bersahabat dengan ratu Louisa Ulrika.

Setelah kematian pasangannya pada tahun 1771, dia pensiun ke sisi negara. Kebun Mariedal dan Lindholmen berfungsi sebagai lahannya yg dair, yg pertama menjadi kediaman pribadinya, namun pada awalnya dia juga mengendalikan tanah milik anaknya, Stola, dia juga tidak hadir dari perkebunannya seperti ayahnya karena karirnya.

Pada tahun 1778 kesehatan eva menurun karena penyakit yg membuat dia sangat lemah dan membuatnya terbaring secara berkala selama delapan tahun. Dia menghabiskan enam tahun terakhirnya di Kastil Mariedal. Ia meningal dunia pada 15 Mei 1786 (umur 61) di Swedia.


Evа Ekеblаd munсul dі hаlаmаn utаmа Gооglе
semacam perkumpulan rutin di antara banyak orang dalam satu atap untuk bertukar ilmu dan p Eva Ekeblad - Pembuat Tepung dan Alkohol dari Kentang
Ultаh kе-293, Evа Ekеblаd munсul dі gооglе Dооdlе

Pada hari Senin 10 Juli 2017 Eva Ekeblad muncul di halaman penting Google. Hari ini tepat ulang tahun Eva Ekeblad ke-293 tahun.

Halaman penting situs Google di sejumlah negara termasuk Indonesia, ikut merayakan ultah Eva Ekeblad dengan doodle. Dialah penemu cara membuat tepung dan alkohol dari kentang. Karyanya itu diakui Swedia sebagai penemuan bermanfaat.


Sumbеr: httрѕ://еn.wіkіреdіа.оrg/wіkі/Evа_Ekеblаd

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain