Biografi Amalia Hernández - Koreografer Balet Meksiko

ndez Navarro adalah seorang koreografer balet Meksiko dan pendiri Ballet Folklorico de Mex Biografi Amalia Hernández - Koreografer Balet Meksiko
Biodata:
  • Lahir: 1 September 1917, Meksiko
  • Meninggal: 5 November 2000, Ciudad de México, Meksiko
  • Pendidikan: Mexican Academy of Dance
  • Orang Tua: Amalia Navarro, Lamberto Hernández

Amalia Hernández Navarro adalah seorang koreografer balet Meksiko dan pendiri Ballet Folklorico de Mexico yg terkenal di dunia.

Hernández lahir dari perwira militer dan politisi Lamberto Hernández dan istrinya Amalia Navarro.

Dia adalah pelopor dalam mengembangkan Baile Folklorico, dan pada tahun 1952, Hernández mendirikan Ballet Folkloric Meksiko dengan hanya 8 penari. Pada tahun 1959, ansambel telah berkembang menjadi 60 pemain. Ini ditugaskan buat mewakili Meksiko di Pan American Games di Chicago, Illinois, pada tahun 1959.

Sejak tahun 1960, Hernández menciptakan lebih dari 60 koreografi dan baletnya yg terkenal sudah tampil tanpa terputus pada hari Minggu pagi dan Rabu malam di Istana Seni Rupa di Mexico City.

Selain itu, ia mendirikan Folkloric Ballet School di Mexico City, saudara laki-lakinya, arsitek Agustín Hernández, merancang bangunan tersebut pada tahun 1968.


Biografi

Lahir di Mexico City pada 1 September tahun 1917, Amalia Hernandez tumbuh dalam keluarga berada karena ayahnya adalah seorang pengusaha terkemuka yg memiliki keterlibatan militer dan politik. Amalia telah dikenal atas ketertarikannya pada seni, menjelaskan pelajaran seni, nyanyian, dan musik masa kanak-kanak. Orang tuanya mendorong minatnya bagi menari, ayahnya melangkah lebih jauh buat membangun sebuah studio di rumah mereka. Ayahnya menyampaikan, "... tak ada alternatif yang lain selain menerima karir Amalia yang lahir bagi memiliki".

Saat usianya menginjak 17 tahun, Amalia memasuki Sekolah Tari Nasional yang disutradarai oleh Nellie Campobello, yg menandai dimulainya keterlibatan serius Amalia dalam menari. Setelah beberapa kali mengalami konflik dengan direktur sekolah, Amalia keluar dan menikah, menunda karirnya bagi sementara waktu. Pada akhirnya, seruan tarian itu terlalu kuat, karena ia akan bekerja di Institut Seni Rupa sebagai guru dan koreografer tari modern. Dia merasa tidak puas dan tidak terpuaskan dengan tariannya, namun tidak dapat terhubung dengan tarian modern dan Eropa: "perasaan silangnya, meksikoism kontemporernya, bergetar dengan resonansi setengah berkembang, yg telah didefinisikan dan di permukaan warna-warni México" . Dia beralih ke tarian budaya tradisional Meksiko, dan dengan demikian memulai keterlibatannya dengan folklorico baile.

Dia meninggal di Ciudad de México, Meksiko City 5 November 2000.


Ballet Folklorico de Mexico

Amalia Hernandez mendirikan perusahaan tari pada tahun 1952, memilih bagi bercabang dengan pengalamannya dan mengikuti jalan kreatifnya yg spesifik. Kelompok itu kecil, yang terdiri dari cuma delapan anggota di awal, dan untuk debut mereka, Amalia mempresentasikan Melodies Michoacan yg sekarang terkenal. Pada tahun 1954, kesempatan bagi tampil di televisi menampilkan dirinya dalam bentuk program Funcion de Gala.

Inilah saat momentum akan benar-benar bangkit, kelompok tersebut melakukan tarian baru setiap siaran mingguan. Sukses diraih, dan Amalia tidak cuma menjadi sutradara; kelompok tersebut diperluas menjadi beberapa puluh anggota pada akhir episode 67. Dengan jumlah keberhasilan yang kecil itu, pengakuan tersebut memperoleh pengakuan, dan perusahaan Amalia mendapatkan perhatian dari departemen pariwisata. Pemerintah mendukung kelompoknya, menolong dia dalam tur Amerika Utara dalam representasi Meksiko, hasilnya benar-benar positif. Pada tahun 1959, kelompok ini sudah berkembang menjadi enam puluh anggota dan ditugaskan bagi berpartisipasi dalam Panamerican Games di Chicago atas nama Meksiko.

Saat dilempar ke panggung nasional, Amelia dan perusahaannya bekerja lebih keras, menciptakan 40 tarian yang berbeda pada tahun 1960an saja. Setelah dari sana, keunggulan Amelia sebagai ikon budaya cuma disemen lebih lanjut, ketika ia pergi ke koreografi sekitar 70 tarian, dengan pertunjukan di segala dunia. Faktanya, perusahaan telah "sedang lebih dari 15.000 kali buat jumlah penonton lebih dari 22 juta orang", salah satu pertunjukan buat John F. Kennedy selama masa kepresidenannya.


Signifikansi budaya

Amalia selalu vokal mengenai cintanya kepada wanita asalnya Meksiko, tetapi dia berhati-hati bagi memberi arti utama pada budaya Mesoamerika, menyoroti mereka bila mungkin melalui tariannya. Tujuannya adalah buat mengatakan keragaman Meksiko, sementara juga mengeksplorasi budaya dan tradisi pra-Columbus. Dia menjadi simbol buat Mexicanidad, pencarian tarian inklusi pribumi yaitu indikasi dedikasinya terhadap penyajian identitas Meksiko yg realistis (merupakan tak cuma dipengaruhi oleh Barat).

Cinta Aminah Hernandez tentang indigeneity juga telah memperkuat citra asli Meksiko di seluruh dunia, akibat langsung kehadiran perusahaan di semua dunia. Ini sudah membantu mengenali budaya Meksiko yg unik, sekaligus mempromosikan rasa kebanggaan nasional dalam hal tarian folklorico. Selain itu, Amelia tak menghindar dari perbedaan daerah, tariannya berfokus pada area geografis dan area budaya tertentu di Meksiko untuk memberikan pandangan yg beragam tentang Meksiko. Misalnya, tariannya yg paling terkenal (Melodies of Michoacan, Deer Dance, Jalisco, Fandangos) semua menyoroti daerah-daerah tertentu di Meksiko, bersamaan dengan tradisi budaya mereka.


Google rayakan ulang tahun Amalia Hernández ke-100

ndez Navarro adalah seorang koreografer balet Meksiko dan pendiri Ballet Folklorico de Mex Biografi Amalia Hernández - Koreografer Balet Meksiko
Pada hari Selasa, 18 September 2017, halaman penting Google Selasa dihiasi dengan ilustrasi gambar penari warna warni. Google Doodle ini dalam rangka mengenang 100 tahunnya Amalia Hernandes.


Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Amalia_Hernández

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain