Albert Ghiorso - Penemu 12 Bab Kimia

 adalah seorang ilmuwan nuklir Amerika dan penemu catatan  Albert Ghiorso - Penemu 12 Unsur kimiaAlbеrt Ghіоrѕо yaitu seorang ilmuwan nuklir Amerika dan penemu catatan 12 elemen kimia di atas meja periodik tergolong Bеrkеlіum. Karir penelitiannya terbentang lima dekade, dari permulaan 1940an hingga tamat 1990an.

Ghiorso lahir di California pada tanggal 15 Juli 1915, keturunan Italia dan Spanyol. Ia dibesarkan di Alameda, California. Saat arif balig cukup nalar, ia membangun sirkuit radio dan menerima reputasi untuk membangun kontak radio pada jarak yang mengalahkan militer.


Pеnеmuаn Elеmеn grеѕ

Pada permulaan 1940-an, Seaborg pindah ke Chicago untuk melaksanakan Proyek Manhattan. Dia memanggil Ghiorso untuk bergabung dengannya, dan selama empat tahun selanjutnya Ghiorso membuatkan instrumen sensitif untuk mendeteksi radiasi yang terkait dengan peluruhan nuklir, termasuk pembelahan spontan. Salah satu instrumen terobosan Ghiorso merupakan penganalisis tinggi pulsa 48 saluran, yang memungkinkannya untuk mengidentifikasi energi, dan karena itu sumber radiasi. Selama waktu ini mereka mendapatkan dua komponen baru (95, americium dan 96, curium ), walaupun publikasi ditahan hingga setelah perang.

Setelah perang, Seaborg dan Ghiorso kembali ke Berkeley, di mana mereka dan rekannya menggunakan 60 "siklotron Crocker untuk menghasilkan cuilan-unsur peningkatan jumlah atom dengan membombardir sasaran eksotis dengan ion helium. Dalam percobaan selama 1949-1950, mereka memproduksi dan mengidentifikasi cuilan 97 ( berkelium ) dan 98 ( californium ) Pada tahun 1953, melakukan pekerjaan sama dengan Argonne Lab, Ghiorso dan kolaborator mencari dan menemukan unsur 99 ( einsteinium ) dan 100 ( fermium ), yang diidentifikasi oleh radiasi karakteristik mereka dalam debu yang dikumpulkan oleh pesawat melayang dari ledakan termonuklir pertama ( tes Mike ) Pada tahun 1955, kalangan tersebut memakai siklotron untuk membuat 17 atom elemen 101 ( mendelevium ), elemen gres pertama yang ditemukan atom demi atom. Teknik rekoil yang ditemukan oleh Ghiorso sangat penting untuk mendapatkan identitas yang dapat diidentifikasi. sinyal dari atom individu dari elemen gres.


Bеrkеlіum

Berkelium ialah sebuah pecahan kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang Bk dan nomor atom 97. Unsur sintetik logam radioaktif anggota deret kimia aktinida ini pertama kali disintesis dengan menembakkan amerisium dengan partikel alfa (ion helium) dan diberi nama dari nama Berkeley, California dan Universitas California, Berkeley. Berkelium merupakan serpihan transuranium kelima yang sukses disintesis.

Jumlah berkelium sungguh kecil dalam dibuat dalam eksperimen nuklir sebelumnya. Unsur ini pertama kali disintesis, diisolasi dan diidentifikasi pada bulan Desember 1949 oleh Glеnn T. Sеаbоrg, Albеrt Ghіоrѕо, Stаnlеу G. Thоmрѕоn, dan Kеnnеth Strееt, Jr. Mereka menggunakan siklotron 60 inci di University of California, Berkeley. Mirip dengan inovasi amerikium yang nyaris simultan (elemen 95) dan curium (elemen 96) pada tahun 1944, elemen gres berkelium dan kalifornium (elemen 98) keduanya dibuat pada tahun 1949-1950.


Sumbеr: httрѕ://еn.wіkіреdіа.оrg/wіkі/Albеrt_Ghіоrѕо

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain