Frederick Soddy - Penemu Isotop

 adalah seorang ahli radiokrit Inggris yang meluncurkan kata isotop untuk menandakan zat y Frederick Soddy - Penemu Isotop
Frеdеrісk Sоddу adalah seorang ahli radiokrit Inggris yang meluncurkan kata isotop buat menandakan zat yg secara kimiawi identik namun memiliki sifat radioaktif yg berbeda (membuktikan adanya isotop unsur radioaktif tertentu).

Ia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Kimia 1921 buat penemuannya pada isotop. Ia juga menerbitkan sebuah catatan dalam majalah Nature yg memuat rumus matematika yg menggambarkan lingkaran Soddy.

Bersama Ernеѕt Ruthеrfоrd, menjelaskan bahwa radioaktivitas disebabkan oleh transmutasi elemen, yg sekarang diketahui melibatkan reaksi nuklir.

Dia menemukan kembali teorema Descartes pada tahun 1936 dan menerbitkannya sebagai sebuah puisi, "The Kiss Precise", dikutip dari Problem of Apollonius. Lingkaran ciuman dalam masalah ini terkadang dikenal dengan lingkaran Soddy.

Dia menerima Hadiah Nobel dalam bidang Kimia pada tahun 1921 dan pada tahun yg sama dia terpilih sebagai anggota Komite Bobot Atom Internasional. Sebuah kawah kecil di sisi yg jauh dari Bulan dan juga mineral radioaktif Uranium Soddyite dinamai menurut namanya. Sumber: en.wikipedia,org

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain