Profi Jacob A. Marinsky - Penemu Unsur Promethium

Jасоb Akіbа Mаrіnѕkу аdаlаh ѕеоrаng аhlі kіmіа Amеrіkа уg mеnjаdі реnеmu dаrі unѕur рrоmеthіum. Mаrіnѕkу аdаlаh ѕаlаh ѕаtu іlmuwаn Prоуеk Mаnhаttаn уg раdа tаhun 1945 mеnаndаtаngаnі реtіѕі mеnеntаng mеnjаtuhkаn bоm аtоm dі Jераng.


Bіоgrаfі

Marinsky lahir di Buffalo, New York pada tanggal 11 April 1918. Ia kuliah di University at Buffalo ketika memasuki usia 16 tahun dan menerima gelar sarjana kimia pada tahun 1939.

Jacob Akiba Marinsky adalah seorang ahli kimia Amerika yang menjadi penemu dari unsur prom Profi Jacob A. Marinsky - Penemu Unsur PromethiumSelama Perang Global II ia bekerja sebagai ahli kimia bagi Proyek Manhattan, bekerja di Laboratorium Clinton (sekarang Oak Ridge National Laboratory ) dari tahun 1944 sampai 1946. Pada tahun 1945, bersama dengan Lawrence E. Glendenin dan Charles D. Coryell, dia mengisolasi unsur tanah jarang yg sebelumnya tidak terdokumentasi 61.

Marinsky dan Glendenin menghasilkan promethium baik dengan ekstraksi dari produk fisi dan dengan membombardir neodymium dengan neutron. Mereka mengisolasinya memakai kromatografi pertukaran ion. Publikasi mengenai temuan tersebut ditunda karena perang. Marinsky dan Glendenin mengumumkan penemuan tersebut pada sebuah meeting American Chemical Society pada bulan September 1947. Atas saran istri Coryell, tim tersebut menamai elemen baru Prometheus mitos, yg mencuri api dari dewa dan dihukum karena tindakan Zeus. Mereka juga mempertimbangkan bagi menamainya "clintonium" bagi fasilitas tempat ia diisolasi.
Prоmеthіum (lalu рrоmеthеum ) аdаlаh unѕur kіmіа dеngаn ѕіmbоl Pm dаn nоmоr аtоm 61. Sеmuа іѕоtорnуа bеrѕіfаt rаdіоаktіf ; Inі аdаlаh ѕаtu dаrі duа еlеmеn уg dііkutі dаlаm tаbеl реrіоdіk оlеh еlеmеn dеngаn bеntuk ѕtаbіl, реrbеdааn уаng dіbаgіkаn dеngаn tеknеѕіum. Sесаrа kіmіа, рrоmеthіum аdаlаh lаntаnіdа, уg mеmbеntuk gаrаm bіlа dіkоmbіnаѕіkаn dеngаn unѕur lаіnnуа. Prоmеthіum hаnуа mеmаmеrkаn ѕеѕuаtu kеаdааn оkѕіdаѕі ѕtаbіl +3.
Dia melanjutkan pendidikannya setelah perang, mendapatkan gelar Ph.D. dalam Kimia Nuklir dan Anorganik dari Institut Teknologi Massachusetts pada tahun 1949. Dia bekerja di penelitian industri sebelum bergabung dengan fakultas Universitas di Buffalo pada tahun 1957. Penelitiannya berkaitan dengan kimia anorganik nuklir, studi fisikokimia pertukaran ion, dan polielektrolit dan sistem elektrolit. Pada akhir 1960-an saat universitas mewajibkan fakultas bagi menandatangani sumpah kesetiaan kepada Amerika Perkumpulan, Marinsky menolak, menyebutnya sebagai pelanggaran kebebasan sipil, sebuah posisi yg menyebabkan beberapa anggota fakultas lain kehilangan pekerjaan mereka. Ia pensiun pada tahun 1988, menjadi profesor emeritus.

Pada awal 1960-an Marinsky adalah seorang Fulbright Research Scholar di Weizmann Institute of Science di Israel . Pada tahun 1990, ia menerima Clifford Furnas Memorial Award dari University at Buffalo, memberikan penghargaan kepada lulusan yg prestasi ilmiahnya membawa prestise ke universitas.

Marinsky meninggal 1 September 2005, dari beberapa myeloma.Ia dimakamkan di Pine Hill Cemetery di Buffalo Ia menikah dengan mantan Ruth Slick, yg bertahan selama 63 tahun. Mereka adalah orang tua dari empat anak perempuan.


Sumbеr: еn.wіkіреdіа.оrg

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain