Sejarah Penemuan Dan Penamaan Unsur Darmstadtium

Sejarah penemuan dan Penamaan Unsur Darmstadtium Sejarah penemuan dan Penamaan Unsur Darmstadtium
Dаrmѕtаdtіum, ѕеbеlumnуа dіѕеbut Ununnіlіum, аdаlаh unѕur kіmіа ѕіntеtіk dаlаm ѕіѕtеm реrіоdіk unѕur уg mеmіlіkі lаmbаng Dѕ dаn nоmоr аtоm 110. Dаrmѕtаdtіum аdаlаh lоgаm rаdіоаktіf ѕіntеtіѕ dаn сumа dірrоdukѕі dаlаm jumlаh kесіl. Dаrmѕtаdtіum dіgunаkаn hаnуа buаt kереntіngаn rіѕеt.

Darmstadtium adalah salah sesuatu dari ketiga nama baru di tabel periodik unsur. Selain Darmstadtium (Ds) dengan nomor atom 112, kedua unsur lainnya adalah: Roentgenium (Rg) dengan nomor atom 110 dan Copernicium (Cn) dengan nomor atom 111.

Meski telah ditemukan sejak lama namun, ketiga unsur ini baru disetujui oleh Majelis umum yg beranggotakan 60 orang dalam meeting di Institute of Physics (IOP), London, pada Sabtu (5/11/2011).

Darmstadtium dibuat oleh Pеtеr Armbruѕtеr and Gоttfrіеd Munzеnbеrg dengan nama awal ununnilium. Nama Darmstadtium diambil sebab pembuatan dikerjakan di fasilitas GSI Helmholtz Centre for Heavy Ion Research di Jerman yg terletak di dekat kota Darmstadt.

Darmstadtium, unsur dengan nomor atom 110, pertama kali disintesis pada 9 November 1994 di fasilitas GSI dekat Kota Darmstadt. Nama kota itulah yg menjadi dasar penamaan unsur yg sebelumnya bernama ununnilium.

Unsur ini ditemukan oleh Pеtеr Armbruѕtеr dan Gоttfrіеd Münzеnbеrg di bawah arahan Hоfmаnn. Darmstadtium tercipta dengan menabrakkan isotop berat timbal dengan nikel-62, yang menghasilkan empat atom darmstadtium.

Unsur itu dibuat dengan membombardir atom timbal-208 dengan atom nikel-62 dalam akselerator ion berat (perangkat yg dikenal sebagai akselerator linear). Ini menghasilkan sesuatu atom Darmstadtium-269, sebuah isotop dengan paruh sekitar 0,17 milidetik (0,00017 detik), setelah setidaknya sesuatu miliar miliar (1.000.000.000.000.000.000) ion nikel ditembakkan pada target penting selama seminggu.

Unsur ini begitu besar dan tidak stabil sehingga mereka hanya mampu dibuat di laboratorium dan hancur menjadi unsur yang yang yang lain dengan sangat cepat. Mereka disebut unsur “Superberat” atau Transuranium.

Tak banyak yg diketahui tentang unsur baru ini karena mereka tak cukup stabil buat diteliti lewat eksperimen. Mereka juga tak ditemukan di alam.

Darmstadtium adalah logam radioaktif sintetis dan hanya diproduksi dalam jumlah kecil.


Sumbеr:

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain