Haly Abenragel - Astrolog Arab

 Albohazen Haly filii Abenragel atau Haly Abenragel  Haly Abenragel - Astrolog Arab
Abū l-Ḥаѕаn 'Alī іbn Abī l-Rіjāl ( Bahasa Arab : أبو الحسن علي ابن أبي الرجال ) (umumnya dikenal sebagai Haly , Hali , Albohazen Haly filii Abenragel atau Haly Abenragel , dari ibn Rijal) adalah seorang astrolog Arab pada akhir abad 10 dan awal abad ke-11, yg paling dikenal buat bukunya Kitāb al-bāri 'fī aḥkām an-nujūm. Dia adalah Ilmuwan istana untuk pangeran Tunisia al-Mu'izz ibn Bâdis pada paruh pertama abad ke-11. Haly meninggal setelah 1037 di Kairouan di tempat yang sekarang menjadi Tunisia.

Kitāb al-bāri 'fī aḥkām an-nujūm diterjemahkan oleh Yehudā ben Moshe ke Kastilia Lama bagi Alfonso X dari Kastilia pada tahun 1254 dengan judul El libro conplido en los iudizios de las estrellas ("Buku lengkap tentang penghakiman bintang - bintang "). Satu-satunya manuskrip Old Castilian yg masih ada adalah MS 3605 di Perpustakaan Nasional Madrid, yg hanya berisi 5 dari 8 buku terjemahan Old Castilian yang lengkap. Edisi yg dibuat pada tahun 1523, dibuat di Venesia dan dipresentasikan dalam bahasa Latin, diadakan di Perpustakaan Nasional Qatar.

Pada tahun 1485 di Venesia salinan lengkap manuskrip Old Castilian diterjemahkan ke dalam bahasa Latin dan diterbitkan oleh Erhard Ratdolt sebagai Praeclarissimus liber completus di judiciis astrorum ("Buku lengkap yg sangat terkenal mengenai penghakiman bintang-bintang"). Pencetakan ini (dan versi latinnya) umumnya dikenal dengan De iudiciis astrorum (atau De judiciis astrorum ).

Traktat de kometarum signifikasiibus per xii signa zodiaci (Risalah mengenai Tanda Tangan Komet dalam beberapa belas Tanda Zodiac) dicetak di Nürnberg pada tahun 1563 sebagai tambahan pada Meteororum Marcus Frytsch, hoc est, impressionum aerearum et mirabilium naturæ operum, lokus ferè Omnes ... Item katalogus prodigiorum atque ostentorum, tam cœlo quam di terra ... omnia ab authore recognita et locupletata. (Tractatus Albohazenhalii, filii Abenragelis, tanda kometarum signifikasiibus per XII. signa Zodiaci.). (Sumbеrhttрѕ://еn.wіkіреdіа.оrg/wіkі/Hаlу_Abеnrаgеl)

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain