Biografi Gareng Rakasiwi : Kontestan Stand Up Comedy 2011

Dwiyanto atau yang dikenal dengan nama Gareng Rakasiwi adalah seorang pelawak Indonesia ya Biografi Gareng Rakasiwi : Kontestan Stand Up Comedy 2011
Dwiyanto atau yang dikenal dengan nama Gareng Rakasiwi adalah seorang pelawak Indonesia yg pernah mengikuti Stand Up Comedy pada tahun 2011.

Di tempat asalnya, Yogyakarta Gareng termasuk salah satu pelawak yang populer dan dikenal sebagai personel Trio GAM yang merupakan singkatan Guyonan Ala Mataram bersama Wisben dan Marsudi. Selain melawak berkelompok, Gareng pernah mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Indonesia yg diselenggarakan oleh Kompas TV di tahun 2011. Gareng adalah lulusan IKIP Yogyakarta angkatan tahun 1987 jurusan Elektronika.

Pria kelahiran Sleman, DIY, 20 April 1967 ini akan terjun ke dunia kesenian sejak tahun 1993. Meskipun tidak berasal dari keluarga seni, kesenangan Gareng pada lawakan Basiyo telah membawanya menjadi pelawak yg kondang saat ini. Selain menjadi pelawak, ia juga menjadi penyiar di dua radio seperti RB FM Yogyakarta dan MB FM. pada awalnya Gareng menekuni lawak karena desakan ekonomi, namun akhirnya ia menjadikan lawak sebagai jalan hidup karena kecintaannya terhadap kesenian.

Selama menjalani dunia lawak, pemilik nama asli Dwiyanto ini tidak pernah berpikir untuk berubah minat. Itu yang menyebabkan semua tempat di Indonesia telah ia lawati, bahkan bersama Didik Nini Thowok ia pentas di London bagi yg pertama kali. Pentas luar negerinya yg kedua adalah di Kaledonia.

Gareng yang juga mampu memainkan dua alat musik ini ternyata bisa juga melakukan lawakan tunggal atau stand up comedy. Terbukti dengan keikutsertaannya di kompetisi Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV (SUCI) yg pertama pada tahun 2011. Bersama dengan Wisben yang hingga ketika ini menjadi rekan sesama pelawak dari Yogyakarta, Gareng tampil maksimal dalam menghibur penonton. Gareng yaitu kontestan SUCI pertama yg membawa alat musik untuk tampil ber stand up comedy yg kemudian dilanjutkan oleh pelawak tunggal dari Surabaya, Dodit Mulyanto tiga tahun setelahnya. Gareng sering memparodikan lagu dengan berbagai bahasa daerah dalam materi lawaknya. Meskipun pada akhirnya terhenti di 9 besar, cintanya pada seni lawak tak pernah pudar dan ia makin aktif melawak baik di tempat asalnya Yogyakarta hingga tampil di luar kota bahkan luar negeri.

Gareng pernah tampil di dua acara TV seperti Stand Up Comedy Indonesia (Kompas TV) sebagai peserta pada tahun 2011, Kelakar (Kompas TV), Comic Action (Kompas TV), Stand Up Comedy (Metro TV), dan Stand Up Comedy Club (Indosiar) sebagai bintang tamu pada tahun 2016.


Meninggal dunia

Komedian asal Yogyakarta, Gareng Rakasiwi, meninggal dunia pada Jumat (9/2/2018) sekitar pukul 03.30 WIB di Rumah Sakit Adelia, Ngotho, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, sekitar 100 meter dari rumahnya. Ia meninggal akibat serangan jantung.

Sebelumnya, Gareng sempat mengeluhkan sakit di dada saat datang di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, seusai pulang mengerjakan proyek di Jakarta pada pukul 01.00 WIB.

Setelah mendapatkan perawatan dua ketika di Rumah Sakit Adelia, Gareng meninggal. Gareng meninggal pada usia 52 tahun.


Berbagai sumber

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain