Profil & Biodata Mohamad Guntur Romli - Aktivis Jil (Jaringan Islam Liberal), Kader Psi

 Mohamad Guntur Romli adalah aktivis JIL  Profil & Biodata Mohamad Guntur Romli - Aktivis JIL (Jaringan Islam Liberal), Kader PSI
Mohamad Guntur Romli adalah aktivis JIL (Jaringan Islam Liberal), pemikir muda NU (Nahdlatul Ulama), penulis, aktivis dan politisi muda Indonesia dari Partai Solidaritas Indonesia. (Baca: "Profil dan Biodata Tsamara Amany Alatas - Politisi Partai Solidaritas Indonesia")

Mohamad Guntur Romli lahir di Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, 17 Maret 1978 dari pasangan KH Achmad Zaini Romli dan Hj Sri Sungkawa Ningsih. Ayahnya KH Achmad Zaini Romli adalah Pengasuh Pondok Pesantren Darul Aitam Arromli, Jangkar, Situbondo dan ibunya, Hj Sri Sungkawa Ningsih, seorang guru.

Mohamad Guntur Romli Menikah dengan Nong Darol Mahmada, seorang aktivis Perempuan, dan memiliki dua orang putri.


Pendidikan:
  • Pendidikan tingkat dasar dan menengah umum serta pendidikan keislaman di pesantren ayahnya sejak usia dini hingga tahun 1992. 
  • Tahun 1992 - 1997 melanjutkan pendidikan di Tarbiyatul Muallimin al-Islamiyah Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep, Madura. 
  • Tahun 1997 - 1998 menjadi guru bantu (ustadz) di almamaternya sekaligus kuliah di Pesantren Tinggi Al-Amien (PTA) dan Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam (STIDA) Al-Amien Fakultas Tarbiyah. Dia juga menjadi Penanggung Jawab bagi Majalah Bahasa Arab "Al-Wafa". 
  • Tahun 1998 memperoleh beasiswa dari Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir untuk melajutkan studi-studi keislaman, dan ia masuk Fakultas Ushuluddin, Jurusan Aqidah Falsafah Universitas Al-Azhar, Cairo Mesir (status kelulusan masih dipertanyakan).

Aktivitas: Kader dan Pengurus NU Mesir

Untuk kegiatan ekstrakulikuler kemahasiswaan, dia aktif di Nahdlatul Ulama (NU) Mesir, dari sebelumnya bernama Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Mesir hingga menjadi Pengurus Cabang Istimewa NU Mesir, dari tahun 1999 sampai 2004. Tahun 2002-2004 ia menjabat sebagai Wakil Ketua Tanfidziyah PCI NU Mesir.

Pada Juli 2003 bersama PCI NU Mesir menggelar Silaturahmi Kader NU Luar Negeri yg dihadiri Ketua Generik PBNU KH Hasyim Muzadi, KH Said Aqil Siroj (Syuriah PBNU), KH Ahmad Masduqi Mahfudz (Syuriah PWNU Jawa Timur), KH Fawaid As'ad Syamsul Arifin (Situbondo), KH Miftahul Akhyar (Syuriah Jawa Timur), KH Manarul Hidayat (Syuriah PBNU), KH Muhaiminan Gunardo, KH Sumantri Zakaria, KH Muhammad Nuruddin Abdurrahman, Dr. Siti Musdah Mulia, Dr Siti Muri'ah, Ny Juwairiyah, Ny Jayidah dan Gus Hilman Wajdi Hasyim.


Kolomnis dan Wartawan

Selama di Mesir pula ia menjadi Koresponden Majalah Panji Masyarakat Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara 2002-2002 dan Wartawan Majalah Mingguan GATRA Wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara 2002-2004. Ia juga aktif menulis isu-isu politik Timur Tengah, Keislaman dan Kebudayaan di surat-surat kabar di tanah air seperti Kompas, Jawa Pos, Republika, Suara Pembaruan, Koran Tempo, Media Indonesia, Pikiran Rakyat dan yang lain-lainnya. Akhir tahun 2004 ia kembali ke Indonesia, sempat bergabung di Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M), Jakarta.


Kongkow Bersama Gus Dur

Pada November 2005, ia menjadi Pemandu Acara Acara Kongkow Bareng Gus Dur-talkshow rutin tiap hari Sabtu pukul 10.00-11.00 WIB bersama mantan Kepala Negara RI KH Abdurrahman Wahid-di KBR68H, Jakarta dan disiarkan lebih dari 70 radio jaringan di Indonesia, acara Kongkow ini berlangsung dari November 2005 sampai menjelang Gus Dur wafat tahun 2009.


Kebudayaan, Lintas Agama dan Kesejahteraan Satwa

Ia bergabung dengan Komunitas Kesenian dan Kebudayaan Komunitas Utan Kayu (2005-2008) dan Komunitas Salihara (2008-2017). Selain itu ia juga aktif dalam organisasi lintas agama, advokasi hak-hak sipil, toleransi dan hak-hak asasi manusia. Ia juga salah satu pelopor organisasi Garda Satwa Indonesia (GSI) sejak tahun 2012 yg peduli terhadap hak-hak dan kesejahteraan satwa.


Analis Politik di Televisi

Dia juga kadang tampil di televisi sebagai Analis Politik Timur Tengah dan isu-isu keislaman khususnya radikalisme dan terorisme bagi media televisi di Indonesia: SCTV, Metro TV, Trans-7, dan TVOne, Kompas TV, tahun 2008-sekarang.


Karya
  • "Kontekstualisasi Islam dalam Peradaban" (Kumpulan tulisan bersama), Penerbit Forum Silaturahmi Keluarga Madura (Fosgama), Cairo Mesir, 2002.
  • "Menyoal Agama, Menggugat Mahasiswa" (Kumpulan tulisan bersama), Penerbit Ikatan Keluarga Besar Al-Amien (IKBAL) Korda Cairo Mesir, 2003.
  • "Dari Jihad Menuju Ijtihad" (Tulisan bersama), Penerbit Forum Studi Islam Profresif (LSIP), Jakarta, 2003.
  • "Mendobrak Tradisi" (Kumpulan tulisan bersama), Penerbit Buku KOMPAS, Jakarta 2004.
  • "Kala Fatwa Jadi Penjara" (Kumpulan tulisan bersama), Penerbit The Wahid Institute Jakarta, 2006.
  • "Ustadz, Saya Sudah di Surga" (Kumpulan kolom), Penerbit KataKita Jakarta, 2007.
  • "Muslim Feminis: Polemik Kemunduran dan Kebangkitan Islam", Penerbit Freedom Institute, Jakarta, 2010 yg merupakan mas-kawin pernikahannya dengan Nong Darol Mahmada.
  • "Syahadat Cinta Rabiah Al-Adawiyah", Penerbit Rehal Pustaka, Jakarta, 2011.
  • "Islam Tanpa Diskriminasi, Menegakkan Islam yang Rahmatan Lil Alamin",*Penerbit Rehal Pustaka, Jakarta, 2013.
  • "Islam Kita Islam Nusantara" (e-book), Ciputat School, Jakarta, 2015.
  • "Selebaran Ramadhan, Puasa dan Idul Fitri" (e-book, tulisan bersama), Digiumm Jakarta, 2016
  • Terjemahan: "Qabûlul al-Âkhar" Karya Penulis Koptik Mesir Milad Hanna, edisi terjemahan: "Menyongsong yang Lain, Membela Pluralisme", 2005.

Pranala Luar

Sumber: id.wikipedia.org

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain