Profil Aries Susanti Rahayu - 'Spiderman' Peraih Emas Di Asian Games 2018

adalah seorang atlit panjat tebing Indonesia kelahiran Grobogan Profil Aries Susanti Rahayu - 'Spiderman' Peraih Emas di Asian Games 2018Aries Susanti Rahayu adalah seorang atlit panjat tebing Indonesia kelahiran Grobogan, Jawa Tengah. Ia mula-mula menjadi terkenal pada Mei 2018, saat mengalahkan Elena Timofeeva dalam sebuah kejuaraan panjat dinding di Cina. Dia juga meraih medali emas dalam olahraga panjat tebing pada Asian Games 2018. Total medali hingga ketika ini, 60 medali lebih.

Aries Susanti Rahayu lahir 21 Maret 1995 di Grobogan, Jawa Tengah. Ayu merupakan putri bungsu pasangan S Sanjaya (55) dan Maryati (48).

Bakatnya dalam olah raga sudah muncul ketika Ayu duduk di bangku sekolah dasar, saat itu ia menekuni cabang olahraga lari. Oleh guru olah raganya, dia dahulu diperkenalkan pada cabang olahraga panjat tebing.

Kegemarannya dalam panjat tebing, ia geluti sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP). Dari situlah kepiawaian Ayu dalam memanjat dinding vertikal selalu terasah.


Prestasi

Aries Susanti Rahayu akan berjaya di beragam pergelaran kejuaraan panjat tebing, khususnya kejuaraan Speed Climbing, baik di tingkat lokal, nasional bahkan internasional. Namanya terus masuk peringkat. Berikut ini prestasi yg pernah ia raih dalam berbagai kejuaraan:
  • Peringkat nomor satu beregu dan nomor 3 perorangan buat kategori speed dalam Asian Climbing Championship di Iran tahun 2017.
  • Peringkat ke-4 dan peringkat ke-2 pada ajang World Cup Series panjat tebing kategori speed di China tahun 2017
  • Juara 4 pada 2018 World Cup Series panjat tebing kategori speed di Moscow.
  • Kampiun pertama pada Kejuaraan Global Panjat Tebing-IFSC World Cup 2018 di Chongqing, China.
  • Peringkat ke-3 kategori speed World Cup Series 2018 di China.

Peraih medali pada Asian Games 2018

Aries Susanti berhasil meraih emas dalam cabang Panjat Tebing di nomor speed woman pada Asian Games 2018 di Palembang, Kamis (23/8/2018). Aries Susanti Rahayu mengalahkan rekan setimnyadi babak final, Puji Lestari.

Aries berhasil membukukan waktu tercepat di babak final 7,61 detik. Sementara Puji Lestari  mencatatkan waktu 7,98 detik. Dengan hasil ini, Aries berhasil meraih emas. Sementara Puji meraih perak.

Dalam video berdurasi pendek yg viral di media sosial, aksi Ayu saat memanjat dinding vertikal setinggi 50 kaki dalam hitungan waktu 7,51 detik memukau.

Kecepatan Ayu mendekati rekor dunia yg pernah ditorehkan atlet Rusia, Iulina Kaplina, dengan catatan waktu 7,46 detik.


Sumber: 
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Aries_Susanti_Rahayu
  • http://makassar.tribunnews.com/2018/08/23/profil-lengkap-dan-prestasi-aries-susanti-rahayu-spiderman-cantik-peraih-emas-di-asian-games-2018

Posting Komentar

© Suka Sejarah. All rights reserved. Developed by Jago Desain